Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
LAINNYA

Yuk Simak, Langkah Mudah Menjaga Bumi Kita Dengan Menerapkan Gaya Hidup Hijau

6. Yuk Simak, Langkah Mudah Menjaga Bumi Kita Dengan Menerapkan Gaya Hidup Hijau

Menerapkan gaya hidup hijau adalah suatu kebanggaan tersendiri. Bangga terhadap diri sendiri karena telah turut andil dalam usaha menjaga bumi kita. Kebanggaan tersendiri pula apabila kita dapat mengajak orang lain itu turut serta menerapkan gaya hidup hijau. Bumi kita yang sudah semakin tua memang membutuhkan perhatian dari kita semua. Semua orang di bumi sudah seharusnya ikut serta dalam menjaga kelestarian bumi. Kalau bukan kita siapa lagi?

Isu pemanasan global yang selalu digaungkan dimana-mana. Hingga penumpukan sampah yang terus terjadi di bumi membuat semua orang prihatin. Semakin tua bumi kita, justru semakin tinggi pula tingkat pencemaran di bumi. Kesadaran manusia untuk menjaga bumi dapat dikatakan masih rendah. Apabila hal ini terus terjadi, bumi dapat hancur dan kita tidak mempunyai tempat tinggal lagi. Oleh karena itu, ayolah mulai untuk menerapkan gaya hidup hijau.

Makna Gaya Hidup Hijau

Gaya hidup sehat atau dalam bahasa Inggrinya Green Lifestyle secara singkat mempunyai makna sebuah gaya hidup yang didasarkan pada kesadaran setiap individu untuk menjaga lingkungannya. Inti dari gaya hidup ini adalah kesadaran manusia untuk ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Masing-masing individu pasti memiliki cara tersendiri untuk menjaga lingkungannya. Sedikit saja aksi nyata anda dalam menjaga lingkungan pasti akan berdampak pada kelestarian lingkungan. Itulah makna dari gaya hidup satu ini.

Menyadari Penggunaan Energi Sehari-Hari

Penggunaan energi sehari-hari secara tidak sadar pasti anda sudah menggunakan banyak energi alam yang digunakan. Mulai dari energi listrik hingga air yang tampak jelas. Energi listrik dan air pasti dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Langkah nyata untuk menerapkan gaya hidup hijau adalah dengan selalu berhemat energi. Itu adalah langkah nyata yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian bumi kita.

Kita harus sadar bahwa penggunaan energi ini tidak selamanya dapat tersedia terus menerus di bumi. Suatu saat pasti akan ada masanya energi tersebut akan habis. Oleh karena itu kita harus selalu berhemat energi agar tidak habis. Mulai dari menghemat listrik, mematikan peralatan listrik yang tidak terpakai. Selalu mematikan segala peralatan listrik apabila akan meninggalkan rumah. Penggunaan air juga harus dihemat, menjaga jumlah air dengan selalu melakukan penghijauan.

Hindari Penggunaan Plastik yang Berlebihan

Sudah diketahui banyak orang bahwa plastik adalah salah satu bahan yang tidak dapat terurai dalam waktu yang lama. Akan tetapi penggunaannya masih saja besar-besaran. Hal tersebut membuat sampah plastik di bumi terutama di Indonesia semakin menumpuk. Semakin banyak yang menggunakan, semakin banyak pula sampah plastik yang tertimbun. Tidak ada pengurangan melainkan semakin bertambah dari tahun ke tahun. Oleh karena itu perlu adanya langkah nyata untuk mengurangi penggunaan plastik.

Banyak hal yang dapat dilakukan. Mulai dari membawa tas belanja yang dapat dipakai kembali saat anda berbelanja. Persebaran utama plastik adalah di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan. Setiap hari berapa ratus plastik yang digunakan penjual dan pembeli saat bertransaksi. Perlu adanya kesadaran untuk merubah kebiasaan tersebut. Tentunya tidak akan semudah membalikan telapak tangan, akan tetapi alangkah lebih baik apabila dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu.

Membiasakan Budaya Daur Ulang Sampah

Cara jitu untuk mengurangi jumlah sampah adalah dengan melakukan daur ulang. Kegiatan daur ulang dapat menjadi sarana bagi sampah-sampah yang seharusnya menumpuk dan tidak terurus menjadi barang-barang yang dapat dipergunakan lagi. Hal tersebut pasti akan mengurangi jumlah sampah yang semakin hari semakin banyak kebaradaannya. Daur ulang sampah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengubahnya menjadi pupuk kompos.

Rekomendasi dari JC Channel – Langkah sederhana Anda menyelamatkan bumi!

Langkah lain adalah membuat kerajinan kreatif yang dapat dikembangkan dari sampah. Sudah banyak tersedia di internet tutorial-tutorial untuk membuat kerajinan kreatif dari bahan sampah. Apabila anda tidak mempunyai waktu, anda juga dapat menyerahkannya kepada kelompok-kelompok daur ulang yang pastinya akan sangat bermanfaat. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan kita. Hanya perlu kesadaran diri sendiri untuk mulai mempraktekannya. Selamat mencoba, selamat menerapkan gaya hidup
hijau.

TIPS TERKAIT

3 Makanan Unik Indonesia Ini Jarang Diketahui Tapi Rasanya Sangat Enak!

Angga

Bikin Bangga! Inilah 3 Kuliner Indonesia yang Mendunia

Angga

Tak Perlu Beli Follower, Inilah Rahasia Jadi Selebgram Sukses!

Angga