Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Travel

Tips Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Tips Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Untuk memanjakan semua pengunjung, baik lokal maupun asing. Yogyakarta tidak melulu tentang Malioboro, Alun-Alun dan perayaan sekatennya, serta pusat oleh-oleh Bakpia dan Gudeg. Jika hanya sebatas itu yang Anda ketahui tentang Jogja, Anda belum mengenal Kota Budaya ini sama sekali. Memang, Jogja juga dikenal luas berkat banyak museum yang ditawarkannya. Tetapi kita tidak akan membahas museum kali ini. Sebaliknya, kita akan pergi ke ujung tenggara Kota Pelajar ini, yaitu Desa Mangunan. Di desa tersebut, terdapat sebuah tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, terutama jika Anda mencintai momen matahari terbit. Ikuti tips wisata Kebun Buah Mangunan Jogja berikut ini.

Tips Wisata Kebun Buah Mangunan Jogja

Hal pertama yang perlu Anda ketahui mengenai Kebun Buah Mangunan adalah bahwa tempat ini tidak seperti namanya. Tidak ada kebun buah di tempat wisata ini meskipun memang terdapat beberapa pohon yang menghasilkan buah. Awalnya, tempat ini hanyalah desa kecil di Bantul, sebuah kabupaten yang terletak di selatan Jogja. Tapi sejak 2003, desa ini mulai dikunjungi banyak wisatawan.

Bagi Anda yang tertarik pada matahari terbit, pegunungan, serta pemandangan hutan dengan sungai panjang yang melintas di bagian tengahnya, Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Perhatikan beberapa hal penting di bawah ini sebelum Anda membuat rencana untuk mengunjungi Kebun Buah Mangunan di Bantul.

1. Buat Rencana Perjalanan dengan Perkiraan Waktu yang Tepat

Jika Anda menginap di pusat kota Jogja, Anda akan membutuhkan waktu antara 1 dan 1,5 jam untuk mencapai Mangunan. Anda mungkin ingin menambahkan sedikit waktu ke perkiraan waktu tersebut karena kondisi jalan yang kurang bagus. Setelah melewati Jalan Imogiri, jalan akan mulai berkelok-kelok ditambah tikungan dan turunan serta minimnya penerangan jalan.

Jangan sampai datang pada musim hujan. Mengapa? jalanan akan banyak dengan lumpur dan licin. Anda juga kemungkinan tidak akan bisa melihat indahnya sunrise ataupun sunset dengan baik ketika cuaca mendung atau hujan.

2. Memulai Perjalanan ke Kebun Buah Mangunan Sejak Dini Hari

Karena tempat wisata ini memang dibuka bagi mereka yang ingin mengabadikan momen matahari terbit, Anda sebaiknya memulai perjalanan paling lambat pukul 4 pagi. Memulai perjalanan lebih awal merupakan ide yang baik sehingga Anda tidak perlu terburu-buru memacu kendaraan Anda hanya karena takut terlambat.

3. Pastikan Matahari Terbit di Jogja Tepat Pada Waktunya

Terserah matahari mau terbit jam berapa, bukan? Satu hal yang pasti adalah matahari tidak selalu terbit pada waktu yang sama persis. Biasanya, matahari terbit antara pukul 5:35 pagi dan 5:55 pagi. Anda bisa mengecek perkiraan matahari terbit sebelum pergi ke Kebun Buah Mangunan sehingga Anda bisa memperkirakan waktu untuk berangkat dan perjalanan.

4. Lakukan Riset Guna Memahami Tempat Wisata Ini Sebelum Berkunjung

Kebun Buah Mangunan bukan satu-satunya tempat untuk menikmati momen matahari terbit. Ada pula Jurang Tembelan serta Panguk Kediwung yang posisinya lebih tinggi dan lebih menghadap ke timur. Ketika Anda akan melewati Kebun Buah Mangunan, pastikan tidak ada kabut di sana. Jika kabutnya tebal, Jurang Tembelan dan Panguk Kediwung akan sangat tertutup kabut.

5. Jangan Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan Ketika Bulan Purnama

Tidak ada sosok mistis yang akan menanti Anda saat bulan penuh atau purnama di Kebun Buah Mangunan. Hanya saja angin pada bulan purnama akan bertiup lebih kencang sehingga kabut bisa buyar karena tiupan angin. Jika ini terjadi, Anda tidak akan mendapatkan momen matahari terbit yang sempurna. Itulah sebabnya Anda sebaiknya tidak berkunjung pada saat purnama.

6. Pastikan Kamera yang Memadai Sudah Masuk ke Dalam Tas Anda

Sebelum pergi ke Kebun Buah Mangunan, Anda harus mempersiapkan kamera guna mengabadikan momen berharga ini. Selain matahari terbit, Kebun Buah Mangunan juga menyajikan pemandangan terbaik dari Gunung Sewu, pegunungan kapur yang luar biasa mempesona. Setelah mengabadikan sunrise, pastikan Anda mendapatkan gambar Gunung Sewu.

7. Kunjungi Kebun Buah Mangunan Pada Musim Panas

Anda bebas mengunjungi Kebun Buah Mangunan kapanpun, tetapi waktu terbaik adalah pada musim panas. Kebun Buah Mangunan tidak hanya mempertunjukkan kecantikan Gunung Sewu tetapi juga Sungai Oya yang panjang. Pada musim hujan Sungai Oya akan memperlihatkan warna coklat. Anda akan melihat Sungai Oya berwarna toska hanya pada musim kemarau.

8. Tinggalkan Kendaraan Anda dan Jelajahi Kebun Buah Mangunan dengan Kaki Anda

Anda diizinkan untuk membawa kendaraan sampai puncak. Tetapi cara terbaik menikmati Kebun Buah Mangunan adalah dengan berjalan kaki. Di perjalanan Anda bisa bertemu dengan rusa yang berada di penangkaran mini. Anda juga akan melihat penyu berenang gembira di dalam kolam di Kebun Buah Mangunan. Jangan khawatir, telah disediakan jalur pejalan kaki bagi pengunjung.

9. Cicipi Pesona Tempat Wisata Lain di Sekitar Kebun Buah Mangunan

Karena Anda akan berangkat dini hari menuju Kebun Buah Mangunan, akan ada  anyak waktu yang bisa Anda habiskan di sana. Beranjak dari Kebun Buah Mangunan Anda bisa sekalian berkunjung ke Hutan Pinus Pengger, Bukit Mojo, Puncak Becici, Tebing Watu Mabur, Hutan Pinus Mangunan, Bukit Panguk, dan Makam Raja-Raja Imogiri yang  berdekatan dengan Kebun Buah.

10. Hindari Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan Seorang Diri

Hal ini sama sekali tidak berhubungan dengan hal mistis apapun. Hanya saja banyak orang berkunjung ke tempat ini bersama pasangannya. Jadi, untuk menghindari terbawa perasaan, alangkah baiknya untuk berkunjung bersama teman-teman atau pasangan Anda. Selain itu, teman atau pasangan yang Anda bawa bisa membantu mengambilkan foto Anda berlatar Gunung Sewu.

11. Dapatkan Kesan Terbang dengan Mengunjungi Kebun Buah pada Musim Hujan

Jika tujuan Anda berkunjung ke Kebun Buah Mangunan adalah untuk mendapatkan foto dengan latar belakang kabut putih tebal yang memperlihatkan seolah Anda berada di atas awan, datanglah pada musim hujan. Sungai Oya memang akan berubah coklat tetapi kabut tebal akan menutupi seluruh daerah tersebut terutama setelah hujan deras turun pada malam hari dan segera reda.

12. Lengkapi Tas Anda dengan Bakal Makanan Serta Minuman

Terutama jika Anda datang sebelum matahari terbit, Anda memerlukan makanan serta minuman karena belum ada warung yang buka untuk menyediakan sarapan. Bawa pula tas plastik untuk menjaga alam kita tetap asri dengan membungkus sampah bekas minuman dan makanan kita. Baru ketika menemukan tempat sampah setelah matahari terbit, tinggalkan sampah di sana.

Selama seluruh tips wisata kebun buah mangunan Jogja di atas Anda ikuti, Anda akan mendapatkan pemandangan terindah yang bisa diberikan oleh Kebun Buah Mangunan. Seandainya masih ada cukup waktu, jangan lupa berkunjung ke pantai-pantai yang terbentang di seluruh wilayah Bantul. Misalnya, Anda bisa berkunjung ke Pantai Depok, Pantai Parangtritis, Pantai Samas, dan pantai-pantai lainnya.

TIPS TERKAIT

Tips Berlibur ke Luar Negeri Pertama Kali

Admin

Tips Traveling Murah, Hemat, dan Menyenangkan

Admin

10 Tips Wisata di Bali Tanjung Benoa

Admin