Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Travel

Tips Wisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran

Tips Wisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran

Keempat kabupaten yang berada di sekeliling Kota Jogja masing-masing memiliki pesona alamnya sendiri. Kabupaten Kulonprogo misalnya, identik dengan perbukitannya yang senantiasa hijau dengan hamparan sawah di bagian kakinya. Atau Kabupaten Sleman yang memiliki Gunung Merapi dan tempat wisata Kaliurang yang selalu identik dengan pemandangan hutan yang cantik dan hawa dingin. Di bagian selatan Kota Jogja, Kabutapen Bantul menyajikan hapmparan samudra dengan pantai pasir hitam dimana-mana. Kemudian di sebelah timur Jogja, Kabupaten Gunungkidul juga memamerkan pantai-pantai yang bahkan jauh lebih indah dari yang ditawarkan Bantul. Selain itu, terdapat tips wisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran yang harus Anda pahami.

Tips Wisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran

Kabupaten Gunungkidul tidak hanya memiliki pantai-pantai yang tampak memikat. Kabupaten ini juga mempunyai Gunung Api Nglanggeran serta Embung Nglanggeran yang bisa menjadi alternatif wisata ketika berkunjung ke Jogja. Sebelum Anda terbang ke Jogja, tambahkan objek wisata ini ke dalam daftar tempat yang akan Anda kunjungi. Kemudian pastikan Anda memahami tips penting di bawah ini.

1. Siapkan Waktu untuk Menempuh Perjalanan Panjang ke Gunung Api Nglanggeran

Jika penginapan Anda berada di tengah Kota Jogja, Anda akan membutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk bisa sampai ke Gunung Api Nglanggeran. Satu hal istimewa yang ditawarkan oleh gunung ini adalah matahari terbitnya yang benar-benar mempesona. Kunjungi gunung ini sebelum matahari terbit agar Anda bisa mengabadikan keindahan sunrise dari Gunung Api Nglanggeran.

2. Luangkan Waktu untuk Mencicipi Aktivitas Panjat Tebing di Gunung Api Nglanggeran

Tempat wisata ini menyediakan bongkahan batu dengan tingkat kesulitan dan kemiringan yang beragam. Bongkahan-bongkahan batu tersebut menjadi wahana terbaik untuk panjat tebing. Ada berbagai versi rute pemanjatan yang bisa Anda coba, misalnya rute panjat tebing ringan, rute panjat tebing sedang, dan rute panjat tebing tinggi yang dirancang untuk para profesional.

3. Saksikan Keindahan Malam dengan Berkemah di Gunung Api Nglanggeran

Bagi penikmat sunrise yang tidak ingin berangkat dini hari dari penginapan, berkemah menjadi alternatif yang wajib di coba. Setidaknya ada 2 lokasi berbeda di gunung ini yang bisa digunakan untuk berkemah. Di lokasi perkemahan pertama terdapat pendopo yang bisa juga digunakan untuk berkemah. Tempat kedua yang lebih mencarik berada di puncak Gunung Api Nglanggeran.

4. Kumpulkan Foto-Foto Menarik di Embung Nglanggeran

Tidak jauh dari Gunung Api Nglanggeran terdapat kolam raksasa yang disebut Embung Nglanggeran. Tidak ada yang boleh memancing apalagi berenang di danau buatan ini. Salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah menyelidiki setiap titik yang menarik untuk di foto. Ada lagi kegiatan lain yang bisa Anda lakukan di Embung Nglanggeran ini.

5. Menyaksikan Lahirnya dan Tenggelamnya Matahari dari Tepi Danau Buatan

Selain dari Gunung Api Nglanggeran, Anda bisa menikmati sunrise dan sunset dari Embung Nglanggeran. Terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk menunggu terbitnya atau tenggelamnya sang surya. Dengan kolam raksasa di antara Anda dan sunrise maupun sunset, foto yang Anda ambil tentu akan jauh lebih menarik dan memukau.

6. Berangkat Menuju Gunung Api dan Embung Nglanggeran pada Pagi Hari

Meskipun Anda tidak berencana menyaksikan matahari terbit, berangkat lebih awal merupakan ide cemerlang. Ada banyak tempat wisata yang masih harus Anda kunjungi di sekitar 2 objek wisata tersebut. Misalnya, ada Kawasan Kota Menara dan Kebun Buah Nglanggeran yang letaknya tidak jauh dari gunung dan danau buatan Nglanggeran.

7. Kunjungi Gunung Api dan Embung Nglanggeran dengan Kendaraan Pribadi Anda

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda sebaiknya menyewa mobil atau motor untuk mengunjungi Desa Nglanggeran. Bus yang berukuran kecil akan menemui kesulitan ketika memasuki kawasan wisata ini karena jalannya belum cukup lebar. Akan lebih mudah mengendarai mobil kecil atau motor sewaan ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul tersebut.

8. Manfaatkan Fasilitas yang Memadai Selama Berada di Desa Nglanggeran

Kedua tempat wisata yang berada di Desa Nglanggeran ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Misalnya ada pagar pengaman di sekitar telaga yang membantu melindungi anak-anak. Ada juga area parkir luas, kamar mandi yang nyaman, gazebo, tempat duduk, serta warung makan yang bisa Anda akses ketika lelah mengitari luasnya Embung Nglanggeran.

9. Pertahankan Keasrian Alam Kita dengan Menjaga Kebersihannya

Tidak seorangpun boleh memasukkan apapun ke dalam Embung Nglanggeran. Dilarang membuang sesuatu ke dalam embung dan dilarang menyelam dan berenang di embung. Jika embung senantiasa bersih, bukankah kita juga akan senang mengunjunginya lagi? Meskipun tidak bisa berenang di dalamnya, kita bebas melakukan kegiatan lain di sekitar danau buatan ini.

10. Bermalam di Bawah Naungan Bintang dekat Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran juga di buka pada malam hari tetapi dengan harga tiket yang lebih mahal. Pemandangan dari embung pada siang hari memang menakjubkan tetapi pemandangan pada malam hari jauh lebih indah. Akan ada lampu-lampu hias serta cahaya yang datang dari berbagai bangunan di Jogja. Cobalah untuk tinggal sepanjang malam sampai matahari terbit.

11. Siapkan Pakaian Cadangan di Dalam Tas Sebelum Bepergian ke Gunungkidul

Anda memang tidak boleh berenang di Embung Nglanggeran, tetapi ada banyak wisata air yang bisa Anda kunjungi setelah puas dengan danau buatan ini. Misalnya, ada air terjun Talang Purba serta air terjun Kedung Kandang yang lokasinya tidak jauh dari Nglanggeran. Anda pasti akan tergoda untuk membasahi diri. Membawa pakaian cadangan bisa sangat berguna.

12. Rencanakan Liburan ke Gunungkidul Sepanjang Musim Panas

Liburan tentu akan menjadi tidak seru jika kita harus berteduh sesampainya di Gunung Api Nglanggeran atau di Embung Nglanggeran. Acara jalan-jalan yang sudah direncanakan pun akan menjadi berantakan. Mengunjungi kedua objek wisata tersebut pada musim panas mungkin memang kurang nyaman, tapi jauh lebih baik dari pada memandang alam di bawah guyuran hujan.

13. Latihan Mendaki Gunung dengan Menaklukkan Gunung Api Purba Nglanggeran

Jika Anda belum pernah mendaki gunung apapun di dunia ini, Anda bisa mulai berlatih dengan mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Tingginya tidak setinggi gunung-gunung lain tetapi cukup menantang bagi para pemula. Setelah Anda berlatih di Gunung Api Purba Nglanggeran, Anda bisa mulai memperispkan diri untuk pendakian selanjutnya di destinasi gunung yang lain.

Acara liburan Anda di Gunungkidul akan menjadi liburan terbaik selama Anda tidak melalaikan semua tips wisata Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran yang telah Anda baca di atas. Setelah memahami seluruh keterangan di atas, Anda bisa mulai membuat persiapan dan mengatur perbekalan dan dana yang diperlukan untuk menjelajahi daerah paling timur Daerah Istimewa Yogyakarta. Jangan lupa untuk datang dengan orang terkasih!

TIPS TERKAIT

Tips Memilih Liburan Tahun Baru

Admin

Tips Traveling Murah, Hemat, dan Menyenangkan

Admin

Tips Wisata di Kawah Putih Bandung

Admin