Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Travel

Tips Wisata di Kawah Putih Bandung

Tips Wisata di Kawah Putih Bandung

Bandung merupakan tempat pelarian untuk mendapatkan kesegaran bagi penduduk ibukota. Hal ini wajar karena tidak seperti Jakarta, Bandung menyediakan pesona alam yang identik dengan kesegaran dan kesejukan yang sudah sangat langka di Jakarta. Selain itu, Bandung juga banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia karena banyaknya tempat wisata yang dimilikinya. Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi selama berada di Bandung adalah Kawah Putih. Tempat wisata ini berlokasi di Ciwidey, sebuah daerah yang berada di sebelah selatan kota Bandung. Kawah eksotis ini terbentuk berabad-abad lalu setelah Gunung Patuha meletus. Jika Anda sedang merencanakan liburan ke Bandung, ikuti beberapa tips wisata di Kawah Putih Bandung di bawah ini.

Tips Wisata di Kawah Putih Bandung saat Liburan

Orang-orang yang berkunjung ke Kawah Putih Bandung memang biasanya datang dalam rangka liburan. Tetapi ada juga yang berkunjung dengan tujuan istimewa seperti pengambilan foto pre wedding dengan latar kawah berwarna putih dan pasir putih. Apapun tujuan Anda berkunjung ke Kawah Putih Bandung, sangat dianjurkan untuk mengikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Pastikan Ada Masker Diantara Barang Bawaan Anda

Warna putih dari air di danau tidak pernah berubah dikarenakan kandungan belerang yang terdapat di dalamnya. Masker sangat dibutuhkan untuk melindungi diri kita dari belerang bau belerang yang sangat menyengat. Pastikan seluruh keluarga Anda membawa masker sehingga sewaktu membutuhkannya Anda tidak perlu mencari-cari penjual masker.

2. Lindungi Keluarga Anda Terutama Anak-Anak Agar Tidak Menyentuh Kawah

Kawah Putih Bandung memang tampang cantik dan indah dengan warnanya yang unik dan tidak pernah berubah. Namun tidak seorangpun boleh menyentuh air dari danau tersebut. Air danau di Kawah Putih Bandung mengandung asam dalam kadar yang tinggi. Kandungan asam tersebut sangat berbahaya jika mengenai kulit kita secara langsung. Selalu awasi anak-anak Anda.

3. Rencanakan Perjalanan Menuju Kawah Putih dengan Saksama

Jika Anda mengiinap di tengah Kota Bandung, Anda harus berangkat dari penginapan sejak pagi hari. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Kawah Putih dari tengah Kota Bandung kurang lebih 3 jam. Mengunjungi Kawah Putih pada pagi hari jauh lebih baik dari pada siang hari karena hawa di kawah pada siang hari bisa sangat panas sehingga menimbulkan ketidak nyamanan.

4. Baca Peraturan Serta Petunjuk Apapun di Kawasan Wisata Kawah Putih Bandung

Setelah membaca peraturan tempat wisata tersebut, pastikan Anda dan kelompok Anda menaati semua peraturan. Peraturan tersebut dibuat semata-mata demi keamanan dan kenyamanan semua pengunjung. Salah satu peraturannya adalah tidak boleh berenang di danau. Peraturan lain yang juga penting adalah tidak boleh mengakses bekas pabrik di dekat Kawah Putih.

5. Persiapkan Kendaraan yang Akan Digunakan untuk Berkunjung ke Kawah Putih Bandung

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi Kawah Putih Bandung. Perlu diingat bahwa jarak dari tengah Kota Bandung hingga Kawah Putih adalah 50 km. Pastikan tubuh Anda siap untuk menempuh jarak yang jauh. Atau, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan umum dari Terminal Leuwipanjang hingga ke Kawah Putih.

6. Siapkan Dana untuk Pembayaran Tiket Masuk ke Wisata Kawah Putih Bandung

Siapa saja yang termasuk dalam kelompok wisata Anda ke Kawah Putih? Harga tiket masuk ke Kawah Putih untuk turis mancanegara lebih mahal dari tiket wisatawan lokal. Jika Anda berkunjung ke Kawah Putih untuk keperluan pengambilan foto pre wedding, akan ada harga khusus yang harus Anda bayarkan. Jangan lupa mempersiapkan budget untuk parkir kendaraan pribadi.

7. Masukkan Minum dan Makanan atau Camilan untuk Bekal Liburan

Mengingat Anda akan menempuh perjalanan panjang, alangkah baiknya mempersiapkan bekal untuk dikonsumsi selama perjalanan. Selain itu, Kawah Putih juga mengijinkan Anda membawa makanan dari luar. Ini bisa membantu Anda menghemat pengeluaran dari pada membeli makanan serta minuman dan camilan di daerah wisata dengan harga yang lebih tinggi.

8. Atur Liburan Anda Sekitar Bulan Februari Hingga Oktober

Bulan-bulan tersebut adalah waktu terbaik untuk menikmati pesona Kawah Putih. Kawah Putih akan terlihat sangat indah pada musim panas. Di samping itu, Anda juga akan lebih bebas menjelajahi Kawah Putih dan berfoto di berbagai spot di sekitar Kawah Putih ketika hari tidak cerah, tidak mendung ataupun hujan. Perjalanan juga lebih mudah ditempuh pada musim panas.

9. Memanfaatkan Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata Kawah Putih Bandung

Karena sekarang Kawah Putih merupakan objek wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan, fasilitas pendukung yang dimilikinya sudah semakin lengkap. Ada area parkir, jalan khusus untuk pejalan kaki, pepohonan rindang yang menambah kenyamanan, kafe, warung makan, restoran, tempat ibadah, serta toilet. Semuanya bisa digunakan dengan bebas.

10. Menginap di Sekitar Kawah Putih Bandung

Jika Anda tidak berminat menempuh perjalanan jauh dari Kota Bandung atau terlalu lelah untuk pulang di hari yang sama, terdapat beberapa penginapan yang terletak di sekitar Kawah Putih Bandung. Ada hotel murah yang dirancang untuk keluarga. Ada pula hotel penginapan terjangkau yang disediakan bagi para petualang seperti backpacker.

11. Pilih Area Parkir dengan Bijaksana Guna Menekan Pengeluaran

Ada dua area parkir yang tersedia di Kawah Putih Bandung, yaitu area parkir bawah dan area parkir atas. Area parkir atas memang lebih dekat dengan Kawah Putih tetapi tarifnya pun lebih mahal. Parkirlah di area parkir bawah kemudian naik ke Kawah Putih dengan menggunakan transportasi yang disediakan. Cara ini jauh lebih hemat dari pada parkir di area parkir atas.

12. Jangan Lupa Memasukkan Tabir Surya ke Dalam Tas Anda

Tabir surya tidak hanya melindungi kulit Anda dan keluarga dari terik matahari, tetapi juga dari hawa panas yang dipancarkan oleh Kawah Putih. Selain itu, gunakan waktu Anda semaksimal mungkin tetapi jangan berlama-lama berada dekat dengan kawah karena hawa panasnya bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Yang paling penting, selalu awasi anak-anak Anda.

13. Pakai Jaket Anda untuk Perlindungan dan Kenyamanan

Kawah Putih terletak di dataran yang tinggi dan identik dengan cuaca yang sangat dingin. Jaket sangat diperlukan apalagi jika Anda berangkat pagi-pagi sekali karena temperatur di sana bisa mencapai hingga 8 derajat celsius. Di samping itu angin bisa berhembus sangat kencang. Pastikan Anda mengenakan jaket yang tebal atau beberapa lapis pakaian demi kenyamanan Anda.

Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman memang sangat menyenangkan. Tetapi akan lebih berkesan lagi jika Anda tidak melupakan dan terus berpaut pada beberapa tips wisata di Kawah Putih Bandung yang telah dijabarkan di atas. Dengan menaati aturan dan panduan di atas, liburan Anda di Kawah Putih tidak hanya menyenangkan tetapi juga aman dari bahaya.

TIPS TERKAIT

10 Tips Wisata di Bali Tanjung Benoa

Admin

Ingin Berlibur Ke Jepang? Baca Dulu 9 Tips Liburan Ke Jepang Ini

Admin

Tips Traveling Murah ke Luar Negeri

Admin