Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi

Tips sebelum Memberikan Les Tambahan untuk Anak

Tips sebelum Memberikan Les Tambahan untuk Anak

Semua orang tua pasti mnginginkan anaknya tumbuh dan berkembang secara maksimal sehingga memberikan les tambahan untuk anak. Orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki kemampuan akaedmik yang bagus. Dalam hal ini, kadang orang tua memotivasi anak untuk bisa mendapatkan les dan pelajaran tambahan. Orang tua yang bertanggung jawab siap melakukan apapun demi kebaikan buah hatinya.

Les tambahan untuk anak memang kadang masih diperdebatkan. Ada orang tua yang berpendapat bahwa anaknya memerlukan les tambahan dan ada juga orang tua lain yang berpendapat bahwa les tambahan tidak perlu dilakukan karena anak sudah mendapatkan banyak pelajaran berlebih di sekolah. Masing-masing orang tua mempunyai alasan yang kuat tentang perlu tidaknya seorang anak mengikuti les tambahan. Les tambahan menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan.

Les tambahan untuk anak bisa diberikan jika memang anak memerlukannya. Yang tidak boleh adalah memaksa anak untuk mengikuti les tambahan. Dalam hal ini, orang tua harus memperhatikan kebutuhan sang anak dengan apa yang disukai dan diminati oleh anak. Bila anak dipaksa untuk mengikuti les tambahan di bidang yang tidak disukainya, maka anak akan merasa tertekan dan tidak baik untuk tumbuh kembang mental anak.

Tujuan Memberikan Les Tambahan

Les tambahan untuk anak biasanya diberikan dengan alasan-alasan tertentu. Berikut adalah beberapa tujuan dari les tambahan:

1. Les tambahan diberikan untuk mengejar ketertinggalan pelajaran

Bila anak tidak bisa mengikuti pelajaran dan tertinggal, maka anak memerlukan les tambahan. Bila anak mengalami banyak pelajaran yang tertinggal anak akan merasa malas dan frustasi. Untuk menghindari hal ini, anak memerlukan les tambahan di luar jam sekolah untuk mengejar ketertinggalan yang ada.

2. Les tambahan diberikan karena orang tua tidak bisa mendampingi anak belajar

Pada dasarnya, orang tua harus selalu mendampingi anak untuk belajar. Bila karena sesuatu hal anak tidak memiliki pendamping belajar maka les tambahan bisa diberikan agar anak tidak bisa belajar dengan nyaman.

3. Les tambahan diberikan karena anak memerlukan latihan

Bila materi yang diberikan di sekolah terlalu cepat dan daya serap anak lambat, maka anak memerlukan les tambahan untuk bisa menyerap materi yang diberikan dis ekolah. Dalam hal ini, les tambahan sangat bermanfaat agar anak tidak ketinggalan meteri pelajaran sekolah.

4. Les tambahan untuk tujuan tertentu

Les tambahan kadang diberikan untuk maksud dan tujuan tertentu. Misalnya, anak ingin nilai ujiannya naik, anak yang ingin masuk perguruan tinggi tertentu dan seterusnya. Dalam hal ini, les diberikan agar anak bisa meraih nilai tertentu untuk tujuan tertentu.

5. Mengikuti les untuk mengetahui bakat

Untuk mengetahui bakat anak orang tua sering mengikutkan anak berbagai les seperi les renang, les menari, les piano dan lain sebagainya. Perlu diingat bahwa jangan sesekali memaksakan anak untuk melaukan bidang yang tidak disukainya.

Tips Memberikan Les Tambahan untuk Anak

1. Les tambahan untuk anak hanya diberikan bila anak memang dirasa membutuhkan

Bila anak dinilai kurang dalam prestasi belajarnya, maka orang tua wajib memberikan les tambahan. Les yang diberikan juga lebih dikonsentrasikan pada mata pelajaran yang kurang.

2. Ketika memberikan les tambahan, usahakan dalam suasana yang menyenangkan dan tidak membuat anak merasa stress

Guru dan orang tua harus mencari solusi agar bisa memberikan materi les engan cara yang menyenangkan. Dengan cara seperti ini, materi les bisa diserap dengan sempurna tanpa menyebabkan anak merasa tertekan dan terbebani.

3. Ketika memberi les tambahan, harus diperhatikan kapadatan kegiatan anak

Bila kegiatan di sekolah masih padat maka jam les bisa dikurangi. Pemberian materi les yang padat dan panjang bisa membuat anak tertekan dan terbebani.

4. Perhatikan kondisi anak secara terus menerus

Bila ada tanda anak merasa bosan dan tertekan, orang tua dan guru harus bertindak bijak. Tidak ada gunanya memaksakan les tambahan tetapi membuat anak menjadi stres.

Rekomendasi dari¬†Pelatihan Parenting –¬†Apakah Les Tambahan itu Perlu untuk Anak

Orang tua dan guru harus selalu memperhatikan perkembangan anak dalam segala hal, baik perkembangan belajar anak dan juga perkembangan mental bila dirasa perlu les tambahan untuk anak bisa diberikan.

TIPS TERKAIT

Tips Memilih Olahraga yang Cocok untuk Pasien Skoliosis

Admin

10 Tips Menghadapi Ujian Nasional Yang Ampuh

Admin

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri

Admin