Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Health Lifestyle

Ibu Hamil Jangan Takut Puasa! Ini Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Ibu Hamil Jangan Takut Puasa! Ini Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah yang telah memeluk agama islam. Puasa wajib sendiri dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada bulan Ramadhan. Sebenarnya dalam islam terdapat kelonggaran yang diberikan kepada ibu hamil dan menyusui apabila tidak sanggup menjalankan ibadah puasa. Yakni dengan cara membayar fidyah atau menggantinya di hari lain. Banyak yang bertanya apakah ibu hamil dan menyusui boleh melaksanakan puasa atau tidak. Hal itu tergantung dari kesehatan ibu itu sendiri, karena setiap orang memiliki perbedaan. Pada saat menjalankan ibadah puasa, tubuh tidak mendapatkan makanan maupun minuman selama kurang lebih 14 jam. Sehingga nutrisi dalam tubuh ibu dikhawatirkan akan berkurang. Tetapi banyak pula yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa tersebut. Berikut tips puasa untuk ibu hamil dan menyusui.

1. Berkonsultasi Dengan Dokter

Menurut Dr. Faten Al Taher bagi ibu hamil dan menyusui yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa harus didampingi dokter. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi ibu dan bayi. Jika salah satunya tidak dalam kondisi yang memungkinkan maka disarankan agar ibu tidak melanjutkan puasa. Karena ditakutkan ibu akan mengalami dehidrasi atau anemia dan bayi tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

2. Memperhatikan Kondisi Tubuh

Kehamilan bagi setiap wanita berbeda-beda. Ada yang memiliki kondisi tubuh yang kuat dan ada pula yang lemah. Begitu pula pada ibu yang menyusui, ibu harus dalam keadaan yang fit dan tidak mengalami gangguan medis sedikitpun. Jika hal ini terjadi, maka akan mengganggu kesehatan ibu dan bayi.

3. Cukupi Nutrisi

Tips puasa untuk ibu hamil dan menyusui berikutnya adalah mencukupi kebutuhan nutrisi. Ibu disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang mengandung asam folat, kalsium dan zat besi. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Berikutnya adalah mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter. Kebutuhan ibu menyusui sendiri sekitar 2,5- 3 liter air. Cairan sangat penting bagi tubuh ibu saat berpuasa karena untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Minumlah pada saat sahur, berbuka dan pada saat malam hari.

5. Istirahat yang Cukup

Ibu akan merasa lemah saat berpuasa, maka dari itu dibutuhkan istirahat yang cukup untuk menstabilkan kondisi tubuh. Istirahat juga berguna untuk mengembalikan stamina ibu dan menghindarkan dari kelelahan. Cobalah tidur siang sejenak dan rehat dari aktivitas yang menguras banyak tenaga.

6. Menghindari Stress

Ibu harus memiliki pikiran yang positif dan menghindari stress. Stress dapat memicu berkurangnya hormon oksitosin yang berperan untuk merangsang produksi ASI. Hal ini tidak boleh terjadi. Tips puasa untuk ibu hamil dan menyusui sebaiknya ibu selalu bersikap tenang dan jangan memikirkan hal yang dapat memicu stress.

7. Kurangi Pekerjaan Berat

Jangan melakukan banyak aktivitas fisik yang menguras banyak energi bagi ibu hamil dan menyusui yang sedang berpuasa. Kurangi kegiatan-kegiatan tersebut dan banyaklah istirahat. Lakukan pekerjaan-pekerjaan ringan yang sekiranya masih mampu untuk di lakukan. Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan semua kegiatan rumah tangga. Minta bantuanlah kepada suami atau kerabat untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

8. Banyak Menyusui Bayi Saat Malam

Banyak-banyaklah memberikan ASI pada bayi saat malam hari. Ketika sehabis berbuka puasa dan setelah shalat isya. Karena pada saat malam produksi ASI akan meningkat kembali setelah sebelumnya mengalami penurunan saat berpuasa.

9. Selektif Dalam Memilih Menu

Tips selanjutnya adalah selektif dalam memilih menu makanan yang akan dihidangkan saat sahur, berbuka maupun saat malam hari. Minumlah air hangat saat berbuka puasa dan hindari makanan pedas. Sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, lemak, serat, Vitamin C dan zinc. Perhatikanlah kebutuhan kalori bagi ibu hamil dan menyusui, yaitu sekitar 700 kalori. Jangan lupa untuk makan makanan yang seimbang.

10. Selalu Memperhatikan Kondisi Bayi

Yang terpenting, selalu perhatikan kondisi kesehatan dari bayi. Pastikan bayi tidak mengalami tanda-tanda sakit dan penurunan berat badan. Bayi yang masih berusia 0-6 bulan diwajibkan untuk mendapatkan ASI eksklusif dari ibu. Hal ini juga harus diperhatikan bagi ibu yang tetap ingin menjalankan ibadah puasanya.

Rekomendasi dari Info Singkat – Hukum Berpuasa Bagi Wanita Hamil | Ustadz Adi Hidayat, LC,MA

Demikian tips puasa untuk ibu hamil dan menyusui, apabila ibu tidak sanggup berpuasa karena khawatir akan kesehatan bayi nya, maka diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Apabila bayi sering menangis karena ASI tidak keluar maka segera hentikan puasa.

TIPS TERKAIT

Tips Mengurangi Mata Minus Secara Alami Ini Aman Lho

Admin

7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Yang Wajib Kamu Tahu

Admin

Tips Menjalin Hubungan Pacaran Sampai Pernikahan

Admin