Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Health Lifestyle

7 Tips Menambah Berat Badan Bayi Yang Aman Untuk Dilakukan

Tips Menambah Berat Badan Bayi Yang Aman

Kekurangan gizi dan berat badan yang rendah pada bayi menjadi kekhawatiran banyak orang tua. Para orang tua akan melakukan berbagai cara untuk menaikkan berat badan bayi. Mereka biasanya memilih tips menambah berat badan bayi yang aman. Jika Anda ingin mengetahui cara menambah berat badan bayi yang aman, simaklah beberapa tips berikut.

1. Meningkatkan Kualitas Air Susu Ibu (ASI)

ASI merupakan asupan utama yang sangat dibutuhkan bayi baru lahir sampai dengan bayi berusia 6 bulan. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu untuk meningkatkan kualitas ASI. Dengan meningkatkan kualitas ini, kemungkinan besar berat badan bayi Anda akan naik.

Untuk meningkatkan kualitas ASI dilakukan dengan meningkatkan asupan makanan bergizi bagi ibu menyusui. Selain itu, ibu menyusui juga harus menerapkan pola hidup yang sehat yaitu dengan cukup istirahat dan mengendalikan stress. Usahakan untuk melibatkan anggota keluarga lain dalam mengurus bayi dan kegiatan rumah tangga seperti mencuci piring, menyapu, dan lain sebagainya. Kemudian jika bayi Anda tidur, manfaatkanlah waktu tersebut untuk beristirahat.

2. Perhatikan Kuantitas Pemberian ASI

Tips menambah berat badan bayi yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kuantitas pemberian ASI, khususnya untuk bayi baru lahir sampai dengan usia 6 bulan. Dalam pemberian ASI, penting untuk memberikannya sesering mungkin sesuai yang bayi butuhkan dan tidak boleh dibatasi. Cara mengetahui kebutuhan bayi itu adalah dengan memperhatikan kapan bayi ingin menyusu, biasanya ditandai dengan menangis. Meskipun begitu, tangisan tidak selalu berarti bahwa bayi ingin menyusu. Oleh karena itu, ibu harus peka dan memiliki insting yang kuat.

3. Menjadwalkan Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Semakin tumbuh dan berkembangnya bayi, kebutuhan makanannya juga semakin bertambah. Selain ASI, bayi di atas 6 bulan juga memerlukan MPASI. Agar berat badan bayi bisa naik atau minimal bisa menjaganya dalam rentang yang normal, maka berilah MPASI yang sesuai usianya. Mulailah dengan memberi bubur saring, bubur, nasi tim, kemudian nasi biasa pada usia bayi sudah mencapai satu tahun ke atas. Contoh makanan bergizi yang bisa diolah menjadi MPASI antara lain wortel, bayam, ikan, telur, daging, tahu, dan tempe. Bisa juga dengan menambahkan minyak sayur atau keju ke dalam MPASI.

Jadwal untuk pemberian MPASI biasanya dua sampai tiga kali sehari dengan porsi sesuai usia bayi. Bayi yang baru belajar makan bisa dimulai dengan satu kali sehari kemudian ditingkatkan secara bertahap hingga tiga kali sehari. Saat usia bayi semakin besar, bayi dapat diberikan camilan sehat di sela-sela jadwal makannya, yaitu pada waktu menjelang siang dan sore hari.

4. Memperhatikan Jenis Makanan Yang Diberikan

Kandungan gizi dari setiap makanan yang akan diberikan sangat perlu diperhatikan. Apablia ingin menaikkan berat badan, Anda bisa dengan memberikan MPASI yang bervariasi tetapi tetap memperhatikan komposisinya. Pastikan makanan tersebut mengandung karbohidrat ditambah lauk yang mengandung protein dan sayuran yang kaya serat serta vitamin.

5. Memberikan Camilan Sehat

Selanjutnya tips menambah berat badan bayi yang lain yaitu dengan memberikan camilan yang sehat saat usia bayi semakin bertambah. Camilan sehat tersebut diberikan di sela-sela MPASI. Anda dapat memberikan camilan berupa buah kaya kalori seperti pisang, daging kelapa muda, atau alpukat.

6. Berikan Jenis MInuman Yang Bervariasi

Bayi yang berumur 1 tahun ke atas akan mulai berkurang frekuensi untuk menyusunya. Oleh karena itu, asupan cairannya harus dipenuhi. Untuk menambah berat badan, air putih saja tidaklah cukup. Anda perlu memberikan jus buah yang kaya akan vitamin atau beberapa sendok teh yang tidak begitu manis. Dalam pemberian jus buah, Anda juga harus berhati-hati karena jika berlebihan bisa saja menyebabkan nafsu makan bayi berkurang dan memicu diare.

7. Pastikan Bayi Cukup Tidur

Terakhir untuk tips menambah berat badan bayi adalah Anda perlu memastikan bayi memiliki waktu tidur yang cukup. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga stamina bayi, Sementara kurangnya istirahat dapat berakibat pada turunnya berat badan si bayi.

Rekomendasi dari ANAK SEHAT DAN BERKUALITAS – Menu Meningkatkan Berat Badan Anak

Itulah beberapa tips menambah berat badan bayi yang cukup efektif dan aman dilakukan. Dengan melakukan beberapa hal di atas diharapkan bisa membantu menaikkan berat badan bayi Anda dan yang terpenting bisa selalu sehat.

TIPS TERKAIT

8 Tips Memilih Pasangan Hidup Yang Ideal Agar Tidak Salah Pilih

Admin

7 Hari, Tubuhmu Tinggi dengan Cara Olahraga Peninggi Badan Ini!

Admin

7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Yang Wajib Kamu Tahu

Admin