Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Health Olah Raga

Tips Memilih Olahraga yang Cocok untuk Pasien Skoliosis

Tips Memilih Olahraga yang Cocok untuk Pasien Skoliosis

Beberapa orang berpikir bahwa salah dalam melakukan gerakan olahraga bisa menyebabkan mereka menjadi pasien skoliosis. Padahal, hal ini tidak selalu benar. Olahraga yang teratur itu justru bisa membuat postur tubuh semakin kuat dan lentur. Namun, kalian juga tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kalian ingin berolahraga dengan aman saat kalian mengalami masalah skoliosis pada tubuh kalian.

Sekilas tentang Skoliosis

Pasien skoliosis merupakan seseorang yang memiliki tulang belakang yang melengkung ke samping. Kondisi yang seperti ini bisa mengakibatkan terjadinya sakit di bagian punggung dan bisa menggantu aktivitas kalian. Umumnya, kondisi ini dapat terjadi dari masa anak-anak. Namun, hal ini juga bisa terjadi ketika kalian tumbuh dewasa. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah karena faktor keturunan.

Tips Olahraga Terbaik Untuk Pasien Skoliosis

Bila kalian didiagnosa mengalami skoliosis, kalian harus memperhatikan kesehatan tubuh kalian lebih mendalam. Khususnya kesehatan dibagian tlang belakang. Karena bila kalian tidak memperhatikannya dengan baik, hal ini akan membuat tubuh kalian semakin tidak proporsional. Maka dari itulah, pilih olahraga yang tepat agar bentuk tulang belakang dapat diperbaiki secara alami. Meksipun tidak semua olahraga baik untuk pasien skoliosis, namun kalian bisa mencoba olahraga di bawah ini:

1. Berenang

Olahraga ini sangat baik sekali untuk penderita skoliosis selama bertahun-tahun. Karena berenang bisa membuat tulang belakang menjadi lebih kuat. Sehingga, otot tubuh menjadi lebih simetris dan seimbang. Namun, untuk penderita torakik, sebaiknya jangan berenang. Karena aktivitas berenang yang dilakukan selama berjam-jam secara rutin setiap hari itu justru bisa memberikan dampak yang sangat buruk untuk mereka.

2. Bersepeda

Salah satu olahraga terbaik untuk pasien skoliosis adalah dengan cara bersepeda. Bersepeda akan membuat jantung dan paru-paru lebih terlatih tanpa harus memperparah keadan dari sang penderita skoliosis. Namun, sebaiknya jangan bersepeda di area yang menanjak. Karena justru hal ini akan membuat tekanan yang semakin berat dibagian tulang belakang. Maka dari itulah, tetap perhatikan rute teraman untuk kalian.

3. Berolahraga Sepak bola

Sepak bola itu bermanfaat sekali untuk para atlet muda dengan kelengkungan tepat di tengah punggung. Penguatan otot inti bisa membuat kelengkungan alami tulang belakang bisa lebih terjaga. Sehingga, olahraga ini baik untuk penderita skoliosis asalkan mereka tidak melakuaknnya secara berlebihan. Karena bila kalian melakukannya secara berlebihan ini bisa berdampak buruk untuk tubuh kalian sendiri nantinya.

4. Melatih Kekuatan

Membuat kekuatan lebih terbangun itu penting untuk semua orang yang memiliki masalah di bagian tulang belakang. Karena otot yang kuat itu umumnya mampu mendukung bagian tulang belakang. Namun, sebaiknya kalian harus melakukannya dengan baik dan ebnar. Agar kalian bisa membuat tekana tambahan dibagian tulang belakang lebih terhindar, sebaiknya jangan tambahkan beban dengan cepat. Karena hal ini bisa membuat kondisi tulang belakang kalian bisa semakin parah.

Jangna juga melakukan kegiatan jongkok secara berulang kali. Hal ini sangat dilarang sekali untuk pasien skoliosis. Apalagi bila sampai mengangkat beban tepat di atas kepala. Bila hal ini dilakukan, hal ini bisa mengakibatkan terjadinya kompresi dibagian tulang belakang. Maka dari itulah, sebaiknya perhatikan bagian ini dengan baik agar kalian bisa terhindar dari masalah yang lebih serius lagi.

5. Peregangan

Dengan melakukan peregangan dengan benar, hal ini akan membuat kelenturan tubuh semakin terlatih. Ini adalah cara terbaik untuk membuat penderita skoliosis lebih terjaga kesehatannya. Dengan melakukan peregangan secara rutin, hal ini bisa meminimalisir terjadinya ketegangan pada bagian tulang belakang. Sehingga, hal ini bisa membuat rentang gerak semakin dikembalikan. Tak hanya itu saja, ternyata cara ini cukup efektif membantu menghindari kelengkungan yang terjadi dibagian tulang belakang.

Rekomendasi dari Kang Abay – Memperbaiki tulang belakang bengkok (skoliosis)


Namun, perlu kalian ketahui bahwa tidak semua peregangan itu selalu aman untuk penderita skoliosis. Misalnya saja ketika kalian melakukan yoga, maka cobalah untuk melakukan pose yang tepat sesuai dengan yang seharusnya. Misalnya saja saat akan melakukan gerakan memutar pada tulang belakang. Beritahukan instruktur kalian bahwa kalian adalah pasien skoliosis agar kalian bisa mendapatkan gerakan yang sesuai dengan kemampuan kalian.

TIPS TERKAIT

Inilah Cara Menggunakan Power Point untuk Pemula

Angga

Kulit Terbakar Matahari? Ini Solusinya!

Angga

Tutorial Melakukan Olahraga Squat Jump yang Benar

Angga