Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Properti

7 Tips Membeli Rumah Bekas Di Perumahan Bagi Anda

7 Tips Membeli Rumah Bekas Di Perumahan Bagi Anda

Rumah baru merupakan sasaran utama bagi para pendatang asing yang berpindah tempat dari tempat asalnya. Mereka membeli rumah baru dengan alasan tertentu untuk bertempat tinggal di wilayah yang berbeda. Pastinya para pendatang tersebut tidak asal memilih rumah yang akan dihuninya. Rumah yang sesuai idaman dapat membuat para pengunjung merasa nyaman bertempat tinggal  dalam bangunan yang akan menjadi sejarah panjang dalam kehidupan mereka.  Wilayah yang sering dikunjungi oleh para pendatang adalah kompleks perumahan. Disana banyak ditemui rumah bekas yang dijual, dan selalu menjadi incaran para pengunjung yang ingin segera membeli rumah baru. Bagi anda yang hendak mencari rumah baru di kompleks perumahan, sangat perlu mengetahui tips membeli rumah bekas di perumahan.

Hal ini diperlukan untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan selama menjalani kehidupan di rumah yang baru dihuni bersama orang tua, anak, dan saudara dekat anda. Selain itu, tips membeli rumah bekas diperlukan untuk menghindari berbagai macam kerugian finansial akibat membeli rumah secara sembarangan. Apa saja tips-tips nya? Berikut akan dijelaskan 7 tips membeli rumah bekas di perumahan bagi anda :

1. Memperkuat Selera Anda

Tips membeli rumah bekas di perumahan yang pertama berkaitan dengan selera. Setiap akan membeli rumah, para pengunjung tentu memperkuat seleranya sebagai dasar untuk memilih kriteria rumah yang dikehendakinya. Dengan memiliki selera, anda tidak akan mudah dibelokkan untuk memilih rumah lain ketika bertransaksi. Namun yang perlu diperhatikan dalam selera, tidak perlu muluk-muluk menginginkan rumah yang begitu mewah. Karena sering terjadi perbedaan antara keinginan yang besar dengan jenis rumah yang tersedia di lapangan. Selera diperkuat sekadarnya saja dengan mempertimbangkan kondisi rumah di lapangan.

2. Menetapkan Perkiraan Budget

Agar kita dapat menyisihkan sebagian uang kita untuk kebutuhan lainnya, perlulah kita menetapkan perkiraan maksimal anggaran (budget) yang akan kita keluarkan untuk beli rumah. Selain itu, hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pengeluaran dana yang berlebih dari dompet kita. Tentu, anda tidak akan tergesa-gesa ketika bertransaksi, karena anda perlu mempertimbangkan perkiraan budget anda jika harga rumah terlalu mahal.

3. Mengetahui Akses Masuk Menuju Rumah

Dalam membeli rumah bekas, perlu juga dipertimbangkan lokasi rumah tersebut berada. Apakah akses masuk rumah tersebut mudah? Pertanyaan tersebut perlu dijawab untuk memperkirakan apakah anda dapat keluar masuk dengan mudah dari kompleks perumahan anda. Akses masuk yang mudah dan mampu dilintasi oleh mobil tentu menjadi harapan bersama. Hal ini akan mempermudah sanak kerabat anda berkunjung ke rumah anda.

4. Memperhatikan Usia Bangunan

Ketika mengunjungi rumah bekas, hal yang perlu anda perhatikan adalah seberapa lama usia bangunan tersebut sejak pertama kali dibuat. Usia bangunan dapat mempengaruhi kualitas rumah. Semakin tua usia rumah, semakin menurun kualitas bangunannya. Anda tentunya lebih suka memilih rumah yang masih tetap kokoh berdiri selama bertahun-tahun.

5. Memperhatikan Fisik Bangunan

Hal ini menjadi syarat utama bagi anda untuk memilih bangunan mana yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal. Kondisi dinding yang masih utuh, lantai yang masih mulus, serta ventilasi yang memadai dapat memuaskan keluarga dan buah hati anda. Keadaan fasilitas lainnya seperti perabot rumah tangga, ruang kamar, dan kamar mandi dapat anda pertimbangkan dengan melihat harga yang ditetapkan oleh pemilik rumah.

6. Melihat Keberadaan Sumber Air

Sumber air yang cukup menjadi harapan bagi semua calon penghuni rumah baru. Dengan pasokan sumber air bersih yang mencukupi, anda tidak kurang-kurang untuk melakukan aktivitas-aktivitas lain seperti mandi, memasak air, dan menyiram tanaman di sekeliling rumah. Pasokan air yang banyak tidak membuat anda merasa kehausan di rumah, apalagi dehidrasi.

7. Menanyakan Kelengkapan Surat

Tips membeli rumah bekas di perumahan yang terakhir adalah menanyakan kelengkapan surat. Sangat penting untuk ditanyakan terkait dengan kelengkapan surat, karena hal ini menyangkut hukum kepemilikan rumah. Teliti dan cermatilah surat-surat kepemilikan rumah yang dimiliki oleh pemilik rumah, seperti sertifikat rumah, sertifikat tanah, Surat Hak Milik (SHM), dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Perlu dipastikan juga bahwa nama yang  tercantum dalam surat kepemilikan adalah nama asli dari pemilik rumah.

Yang terakhir, pastikan juga bahwa rumah yang hendak dibeli bebas dari sengketa. Jika anda menemukan bahwa rumah tersebut sedang dalam sengketa, lebih baik batalkan transaksi, karena anda akan mengalami kerepotan di kemudian hari.

Rekomendasi dari SantosS ID – Tips membeli rumah

TIPS TERKAIT

Tips Tepat Melunasi Angsuran Kredit Pemilikan Rumah

Angga

Tips Sukses menjadi Broker Properti Modal Dengkul

Admin

Simaklah, Tips Investasi Properti untuk Generasi Milenial

Admin