Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Teknologi

7 Tips Membeli Mobil Bekas Yang Wajib Kamu Tahu

7 Tips Membeli Mobil Bekas Yang Wajib Kamu Tahu

Kualitas kendaraan memang sangat perlu diperhatikan bagi kamu yang punya rencana untuk membeli kendaraan. Salah satu diantaranya yaitu kendaraan seperti mobil. Mobil yang mempunyai kualitas sangat baik pasti akan banyak diburu oleh konsumen. Selain kualitasnya yang baik juga harganya yang terjangkau, ya. Nah, mungkin kamu menjadi tertarik untuk membeli mobil bekas dengan kualitas yang baik. Namun terkadang ada yang berfikiran bahwa mobil bekas itu sering mogok atau rusak. Padahal jika kamu pintar untuk membeli mobil bekas pasti tidak akan seperti itu, bukan? Tentunya iya. Yuk, simak tips membeli mobil bekas sebagai berikut:

1. Mencari Informasi Terkait Mobil Yang Akan Dibeli

Tips membeli mobil bekas yang pertama yaitu kamu harus mencari informasi terkait mobil yang akan dibeli. Kamu bisa dengan menanyakan ke berbagai teman maupun dengan cara online, lho. Semakin banyak informasi yang kamu dapat itu akan semakin baik sebagai pedoman kamu ketika memilih mobil bekasnya. Misalnya kamu mencari informasi harga mobil bekas, spesifikasi dengan merk yang kamu inginkan. Dengan begitu akan lebih mempermudah kamu ketika akan membelinya dengan kualitas yang baik.

2. Membeli Mobil Bekas Dengan Pihak Pertama

Ketika kamu akan membeli mobil bekas lebih baik membelinya dengan pemilik mobil bekas tersebut. Sehingga kamu mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membeli lewat makelar, lho. Sebisa mungkin kamu harus mengetahui pemilik mobilnya agar bisa langsung bertransaksi dengannya. Apabila kamu lewat makelar pasti harga yang diterapkan jauh lebih mahal. Selain itu, jika kamu membeli dengan pemiliknya langsung maka dapat mencari informasi secara mendalam terkait mobil yang akan kamu beli.

3. Jangan Tergiur Dengan Harga Murah

Jangan pernah tergiur dengan harga yang sangat murah, ya. Karena bisa jadi kualitasnya kurang baik. Penjual mobil bekas yang kebanyakan promosi di iklan majalah maupun media lainnya sering kali menawarkan harga yang sangat murah. Maka dari itu kamu perlu mewaspadai dengan tawaran seperti itu.

4. Periksa Body Mobil

Setelah kamu bertemu dengan pemilik mobil maka kamu harus periksa keadaan fisik mobil tersebut. Telitilah bagian dalam mobil, cat mobil, bagian atas mobil serta ban mobil. Selain itu juga kamu perlu memeriksa kanan kiri mobil barangkali ada yang penyok. Apabila kamu menemukan keadaan fisik mobil yang kurang bagus pasti nantinya akan cepat menyervisnya. Tentu akan mengeluarkan biaya yang lebih. Maka dari itu sebelum membeli harus diperiksa secara teliti agar kamu tidak menyesal.

5. Lakukan Test Drive

Tips membeli mobil bekas selanjutnya yaitu dengan melakukan test drive. Kamu sangat perlu untuk mencoba mengendarai mobil tersebut secara langsung. Dengan begitu akan mengetahui bagaimana keadaan mesin mobil. Hal yang paling penting yaitu kenyamanan atas kendaraan tersebut. Jika kamu merasa tidak nyaman maka segeralah mengurungkan niat untuk membelinya. Keamanan dan kenyamanan saat berada didalam mobil menjadi faktor yang sangat penting juga, lho. Misalnya jika rem mobil kurang baik tentu nantinya kamu perlu memperbaikinya ke bengkel. Namun jika dapat dinegosiasi untuk biaya perawatan ya silahkan lanjutkan membelinya, ya.

6. Tanyakan Perkakas Mobil

Jika sudah melakukan test drive maka kamu tanyakan kepada pemilik mobil terkait perkakas mobil yang ada. Misalnya obeng maupun kunci agar lebih menghemat tidak perlu membeli perkakas tersebut. Karena perkakas mobil tentunya tidak murah, ya.

7. Periksa Kelengkapan Surat Dokumen Mobil

Hal yang paling tidak kalah penting yaitu kamu tanyakan kelengkapan dokumen mobil. Misalnya BPKB, STNK maupun surat asuransi mobil. Dengan adanya bukti kelengkapan surat maka akan lebih memantapkan kamu untuk membelinya. Selain itu kamu juga perlu memeriksa nomer resi mobil. Sehingga akan tampak keaslian dari mobil tersebut. Lebih baik kamu memeriksa keaslian dokumen di polda agar tidak dibohongi, ya. Apabila kamu menemukan keganjalan terkait dokumen tersebut maka segeralah batalkan untuk membeli. Karena keaslian dokumen sangatlah penting, lho.

Tips membeli mobil bekas sangatlah perlu dipahami bagi kamu yang ingin membeli mobil bekas, ya. kenali terlebih dahulu informasi lengkap mobil yang kamu inginkan. Setelah itu kamu periksa keadaan mobil agar di kemudian hari tidak menyesal. Tanyakan kelengkapan dokumen dan bila perlu kamu periksa keaslian dokumen ke Polda.

TIPS TERKAIT

Tips Memilih Kamera CCTV yang Sesuai dan Berkualitas

Admin

3 Tips yang Harus Diketahui Sebelum Memasang CCTV di Rumah

Admin

8 Kelebihan Dan Kekurangan Windows 10 Yang Perlu Anda Ketahui

Admin