Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Teknologi

Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Mendapatkan Produk Yang Bagus

Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Mendapatkan Produk Yang Bagus

Penggunaan alat elektronik seperti laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi siapa saja. Tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa yang sudah bekerja, murid sekolah dasar pun membutuhkan laptop untuk kegiatan belajar. Berbeda dengan komputer, laptop lebih efisien dan lebih praktis untuk dibawa kemana-mana. Oleh sebab itu masyarakat lebih tertarik untuk memiliki laptop dari pada komputer. Meskipun masih banyak yang menjadikan komputer sebagai ladang bisnis seperti warnet, atau sekedar digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu laptop menawarkan mobilitas tinggi yang spesifikasinya hampir mirip komputer. Namun semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki oleh laptop, maka semakin mahal pula harganya. Dengan terbatasnya dana anda bisa memilih alternatif lain dengan membeli laptop bekas. Sebelumnya anda perlu memahami bagaimana tips membeli laptop bekas agar tidak menyesal.

Agar anda terhindar dari penipuan, baiknya anda harus memahami dulu apa saja yang perlu diperhatikan dalam membeli laptop bekas. Tentunya hal tersebut akan menghindarkan dari kerugian akibat banyak komponen laptop yang sudah rusak serta biaya servisnya yang mahal. Oleh sebab itu anda harus lebih teliti dalam memilih laptop bekas, berikut ini akan kami jelaskan tips membeli laptop bekas.

1 . Periksa Kondisi Hardware

Dalam memilih sebuah laptop bekas anda bisa memeriksanya dari kondisi hardware laptop tersebut. Komponen yang sangat vital seperti harddisk baiknya anda periksa terlebih dahulu.  Untuk memeriksa hardidsk anda bisa mencoba melakukan copy paste beberapa file di antara folder atau drive. Apabila proses tersebut sangat lambat, kemungkinan besar harddisk tersebut bermasalah. Pastikan tombol keyboard dan mousepad masih berfungsi dengan baik, karena apabila ada kerusakan akan sulit diganti. Selain itu periksa juga kondisi layar, Wi-Fi, port untuk USB, dan lain sebagainya, apakah masih berfungsi dengan baik.

2. Pastikan Baterai Dan Charger Dalam Kondisi Baik

Penggunaan laptop yang tidak baik membuat kinerja baterai menurun sehingga kemampuan untuk menyimpan daya dari baterai itu sendiri menjadi lemah. Salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan melihat indikator baterai berada pada level berapa. Kemudian gunakan laptop untuk membuka beberapa aplikasi yang cukup berat sekita 10 menit. Jika setelahnya baterai mengalami penurunan yang sangat drastis, maka pikir ulang untuk membeli laptop tersebut. Pastikan juga kondisi kabel charger tidak ada yang mengelupas.

3. Periksa LCD

Pastikan kondisi LCD dalam kondisi baik mengingat harga LCD pada sebuah laptop sangat mahal, selain itu pastikan juga tidak ada dot pixel pada layar LCDnya. Caranya, anda bisa mengganti wallpaper dengan warna hitam polos, lalu periksa adakah warna selain hitam di layar LCDnya. Jika masih ragu, ganti lagi wallpaper dengan warna putih polos, jika dirasa sudah aman maka LCD laptop tersebut dalam kondisi baik.

4. Periksa Segel Di Bagian Casing

Tips membeli laptop bekas selanjutnya adalah dengan memeriksa segel/stiker di bagian casing bawah dan bagian depan layar laptop agar anda tahu apakah laptop tersebut pernah dibuka sebelumnya. Jika ternyata segel berlubang maka laptop tersebut pernah diservis untuk diganti komponennya. Apabila penggantian komponen hanya pada harddisk atau memory tidak begitu berbahaya. Namun yang dikhawatirkan jika yang diganti adalah mainboardnya, sebab kemungkinan laptop akan rusak kembali akibat pernah diservis mainboardnya. Untuk memastikan bahwa segel masih utuh sangat penting bukan?

5. Pastikan RAMnya Tidak Bermasalah

Langkah selanjutnya anda bisa memeriksa kondisi RAM pada laptop yang ingin anda bel. Apabila memory atau RAMnya sudah ketahuan bermasalah maka kemungkinan setelah itu laptop anda menjadi tidak ada tampilannya. Jika tampilannya sudah tidak ada maka percuma anda membeli laptop tersebut karena laptop tidak bisa digunakan.

6. Lihat Garansi Dan Lama Penggunaan

Dengan garansi resmi yang tertera pada laptop maka harga yang diberikan tidak akan jauh beda dengan harga laptop kondisi baru. Pada laptop bekas perhatikan juga lama penggunaannya, pilih laptop dengan rentang usia 2 sampai 4 bulan.

7. Cek Spesifikasi Dan Harga Laptop

Tips membeli laptop bekas yang terakhir yang tak kalah penting adalah dengan mencari referensi tentang spesifikasi laptop serta kisaran harga laptop bekas. Dengan begitu anda bisa membandingkan spesifikasi dan harga yang sesuai dengan budgetmu dengan deskripsi yang dijelaskan oleh penjual. Deskripsi yang jelas serta plus minus dari penjualan laptop bekas akan membantumu mendapat produk yang lebih bagus.

Laptop memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat, dengan kelebihan fitur yang dimilikinya membuat laptop dibandrol dengan harga mahal. Untuk mendapat laptop dengan harga terjangkau beberapa tipsnya adalah memeriksa kondisi serta kelengkapan hardware maupun software laptop tersebut. Sehingga anda akan mendapatkan laptop impian anda dengan harga terjangkau.

TIPS TERKAIT

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas Pada Sistem Android Jaman Sekarang

Admin

Inilah Cara Mempercepat Jaringan Wifi Pada Komputer Anda

Admin

7 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Yang Populer

Admin