Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Bisnis Edukasi Lifestyle

10 Tips Membagi Waktu Kuliah Dan Kerja Bagi Mahasiswa

10 Tips Membagi Waktu Kuliah Dan Kerja Bagi Mahasiswa

Tidak sedikit mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Tujuannya adalah untuk mencukupi kehidupan sehari-hari atau juga untuk meringankan beban orang tua. Selain itu, bekerja bukan hanya untuk mendapatkan penghasilan saja, tetapi bisa juga digunakan sebagai pengalaman. Pengalaman bekerja sangat berguna karena banyak perusahaan yang mencantumkan syarat tersebut kepada calon pegawai. Kamu bisa menambahkan pengalamanmu bekerja pada CV lamaranmu kelak. Biasanya mahasiswa akan memilih kerja part time, sebagai pembimbing les, online shop atau freelance. Hal ini tergantung dari keahlian mahasiswa itu sendiri. Namun terkadang aktivitas kuliah juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tugas-tugas kuliah dan organisasi, serta pekerjaan seringkali berbenturan.  Terkadang hal tersebut membuat mahasiswa kebingungan dalam mengatur waktu. Untuk itulah mahasiswa membutuhkan beberapa tips membagi waktu kuliah dan kerja.

Bagaimanakah cara membagi waktu antara kuliah dan bekerja bagi mahasiswa? Berikut tipsnya.

1. Menyusun Jadwal

Pengaturan waktu sangat penting bagi mahasiswa yang mempunyai segudang aktivitas seperti kuliah dan bekerja sekaligus. Aturlah agenda kegiatan rutin, misalnya jadwal kuliah dan praktikum. Selanjutnya catat kegiatan yang akan dilakukan setiap hari mulai dari bangun hingga tidur. Kamu bisa mencatatnya di kertas time table besar yang bisa ditempelkan di dinding kamar. Bisa juga menggunakan note catatan yang bisa dibawa kemana pun. Namun jika kamu malas membawa catatan kemana-mana, gunakan gadget yang kamu miliki agar lebih praktis dan dapat dilihat setiap saat.

2. Tentukan Skala Prioritas

Sebagai mahasiswa, tentu paham mana yang menjadi prioritas utama dan mana yang sekedar sampingan. Jangan menyepelekan kuliah saat kamu sudah mampu menghasilkan uang sendiri dari pekerjaan yang kamu geluti sekarang. Kuliah merupakan investasi jangka panjang, walaupun tidak sepenuhnya menunjang karirmu di masa depan. Dengan tetap melanjutkan kuliah, berarti kamu bisa menjalani dan menyelesaikan apa yang telah kamu mulai. Selain itu juga sebagai tanggung jawab terhadap orang tuamu.

3. Cari Pekerjaan yang Sesuai

Pekerjaan yang sesuai adalah pekerjaan yang mampu kamu lakukan dan tidak menghalangi aktivitas lain serta tidak menghabiskan waktumu. Kamu bisa memilih pekerjaan yang cocok dengan keahlian yang kamu miliki.

4. Siapkan Mental

Dengan seabreg tugas kuliah dan ditambah beban pekerjaan, terkadang akan menimbulkan kelelahan baik fisik maupun mental. Maka dari itu, persiapkan segala sesuatunya dan pertimbangkan pekerjaan yang akan diambil agar tidak menimbulkan stress yang berkepanjangan. Jangan memaksakan diri apabila tidak sanggup menjalaninya.

5. Memanfaatkan Teknologi

Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, kamu bisa memanfaatkanya untuk membantu pekerjaanmu. Misalnya membuka toko online menggunakan media sosialmu, sebagai penulis blog atau bisa juga bekerja jarak jauh, menjadi pekerja lepas.

6. Fokus

Tips membagi waktu kuliah dan kerja selanjutnya yaitu fokus. Ketika kamu sedang berada di dunia perkuliahan maka fokuslah pada kewajibanmu. Dan apabila kamu sedang bekerja maka fokuslah pada pekerjaanmu. Hal ini dilakukan agar pikiran tidak saling bercampur dan melayang kemana-mana.

7. Multitasking

Untuk mempersingkat waktu, kamu harus pandai melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Contohnya ketika istirahat sehabis kuliah, kamu bisa mengerjakan pekerjaanmu sedikit demi sedikit. Bisa juga saat kamu ada sedikit waktu luang, gunakan untuk mengerjakan tugas kuliah yang diberikan.

8. Disiplin

Tips membagi waktu antara kuliah dan kerja selanjutnya adalah disiplin. Disiplin itu penting, agar kamu lebih menghargai waktu dan tanggung jawab yang kamu miliki. Jangan membuang-buang waktu terlalu banyak, lebih baik digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat.

9. Kurangi Main-Main

Kamu boleh tetap hang out bersama teman-temanmu sesekali. Jangan terlalu sering, dan cobalah belajar untuk menolak ajakan temanmu dengan memberi pengertian kepada mereka. Dengan begitu pertemananmu akan tetap jalan dan pekerjaanmu tidak terbengkalai.

10. Jangan Lupa Istirahat

Untuk segala kegiatan yang menguras tenagamu kamu berhak istirahat. Istirahatlah yang cukup dan jangan berlarut-larut dalam tugas maupun pekerjaanmu. Ingatlah bahwa tubuhmu bukan robot. Sebagai manusia, tentu memiliki batas tertentu. Jangan sampai semua hal yang kamu lakukan menjadi sia-sia karena kamu tidak memikirkan kesehatan diri sendiri.

Demikianlah beberapa tips membagi waktu kuliah dan kerja bagi mahasiswa. Bekerja memang hal yang penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Namun, jangan sampai hal itu mengganggu perkuliahan yang telah menjadi kewajibanmu.

Rekomendasi dari Kevin Hendrawan – 5 Ide Pekerjaan yang Cocok untuk Mahasiswa & Pelajar

TIPS TERKAIT

Cara Membuat Animasi Bergerak Power Point dengan Template

Angga

Tidak Sulit, Ini Dia Cara Membuat Tabel di Excel

Angga

Tips Menghitung Masa Subur Berdasarkan Siklus Menstruasi

Angga