Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Health Lifestyle

10 Tips Berpikir Lebih Dewasa

10 Tips Berpikir Lebih Dewasa

Seseorang biasanya akan dikatakan dewasa jika dilihat dari segi usianya. Padahal usia tidak menjamin kedewasaan seseorang. Dewasa juga dapat diartikan sebagai kematangan IQ tetapi lebih kesadaran seseorangnya. Kedewasaan  akan terlihat pada saat seseorang bersikap kepada orang lain. Dewasa merupakan bentuk perubahan seseorang dari sikap dan mentalnya. Bersikap dewasa akan menjadikan kita mampu membawa mengatasi suatu hal yang baik. Jika anda bingung untuk merubah atau belajar berpikir lebih dewasa, jangan khawatir disini ada 10 tips berpikir lebih dewasa seperti:

1. Bedakan Hal Yang Baik dan Buruk

Untuk berpikir yang lebih dewasa anda harus bisa membedakan mana hal yang baik dan buruk, tidak mencampurkannya dengan kedua hal tersebut. Jika sudah bisa membedakan, anda akan mengetahui cara membuat keputusan yang tepat dan baik.

2. Lebih Bertanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan hal sangat penting untuk berfikir lebih dewasa. Dengan adanya tanggung jawab seseorang bisa di katakan dewasa.  Saat  melakukan sesuatu yang tidak diinginkan anda harus bisa mempertanggungjawabkannya. Jadi tunjukkan tanggung jawab anda dan  berfikirlah panjang saat ingin melakukan sesuatu yang penting.

3. Simpati Dan Empati

Belajar untuk mempunyai sifat simpati dan empati karena  dalam situasi apapun anda harus tanggap dan selalu diimbangi dengan sabar. Simpati merupakan suatu proses anda merasa tertarik terhadap orang lain sehingga mampu merasakan apa yang dialaminya.

4. Berlaku Adil Kepada Orang Lain

Cara menjaga perasaan orang lain anda juga harus bisa berperilaku adil. Dengan berperilaku adil akan menunjukkan kedewasaan, karena bersikap adil harus memerlukan pemikiran yang matang.

5. Menyelesaikan Masalah  Secara Sendiri

Anda harus bisa menyelesaikan masalah secara mandiri tidak  selalu tergantung kepada orang lain untuk masalah yang di hadapi. Usahakan anda harus bisa mencari solusi yang tepat secara mandiri terlebih dahulu. Saat rasa percaya diri anda tumbuh, anda akan mampu  menyelesaikan masalah tanpa melibatkan orang lain di dalamnya.

6. Berani Menerima Kritik

Dengan berani menunjukkan bahwa anda dapat menerima kritik merupakan salah satu cara bersikap tenang dengan berpikir lebih dewasa. Kritikan yang diberikan dapat dijadikan bahan instropeksi diri anda  untuk mengetahui sifat dalam diri anda yang membutuhkan perubahan.  Hal ini juga menjadikan cara bagi anda dalam menghargai orang lain yang memberikan saran, nasihat, dan kritikan.

7. Instropeksi

Anda harus bisa dengan adil menilai diri sendiri dan melakukan perbaikan  terhadap kesalahan yang dilakukan. Selalu instropeksi diri  tentang apa saja yang sudah  lakukan, serta kemajuan perubahan apa yang sudah dicapai. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan jika masih ada kekurangan dalam usaha anda.

8. Fokus

Fokus merupakan salah satu untuk berfikir lebih dewasa.  Dengan fokus anda bisa mencapai apa yang di harapkan. Misal saja  ingin belajar menjadi seorang  yang lebih dewasa anda harus fokus apa saja yang harus di lakukan, benar atau salah, dan kejujuran yang diterapkan.

9. Belajar  Memilih Lingkungan Yang Baik

Pengaruh lingkungan juga sangat kuat dalam berfikir lebih dewasa. Karena lingkungan akan membentuk  sistem kehidupan yang secara langsung akan mempengaruhi aspek kehidupan anda. Jadi pilihlah lingkungan yang baik dan tepat agar memberikan sisi positif bagi anda.

10. Giat Dan Taat Beribadah

Tips berpikir lebih dewasa yang terakhir ialah taat dan giat dalam ibadah. Ketaatan menjalankan ibadah pada agama yang anda anut merupakan bentuk kedewasaan. Saat tertimpa masalah cara untuk menenangkan hati dan pikiran salah satunya anda harus taat beribadah. Dengan begitu anda akan bisa berpikir lebih dewasa untuk menentukan keputusan yang baik.

Untuk berpikir lebih dewasa  itu tidak tergantung pada kapasitas umur, siapa saja bisa menjadi dewasa jika mau belajar. Dari 10 tips berpikir lebih dewasa tersebut kita bisa belajar membedakan hal mana yang baik dan buruk untuk diri sendiri. Tanggung jawab terhadap perbuatan yang dilakukan. Memiliki rasa simpati dan empati terhadap sesama, mampu menyelesaikan masalah sendiri. Berpikir  lebih dewasa  juga memberikan pembelajaran untuk lebih bisa membuat / mengambil keputusan dengan bijak. Yang paling penting giat dan taat beribadah agar bisa menenangkan hati dan pikiran untuk membuat keputusan yang benar dan baik. Jadi buat anda jangan malas-malas untuk selalu belajar jadi orang yang memiliki pola berfikir dewasa.

TIPS TERKAIT

Ingin Punya Anak Perempuan? Inilah Tips Mendapatkan Anak Perempuan

Admin

Bumil Mager? Inilah Tips Gerakan Senam Ringan Cocok untuk Bumil

Admin

Tips Berolahraga Zumba Dance agar Hasilnya Maksimal

Admin