Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Health Lifestyle Olah Raga

Tips Berolahraga Zumba Dance agar Hasilnya Maksimal

Tips Berolahraga Zumba agar Hasilnya Maksimal

Jika kalian suka dengan olahraga yang energik, maka zumba dance adalah salah satu olahraga yang tepat untuk kalian! Mau tahu alasannya? karena zuma itu adalah olahraga yang dapat menyehatkan tubuh dengan cara yang sangat menyenangkan. Gerakannya begitu lincah, diiringi dengan alunan musik yang menyenangkan juga. Sehingga, dijamin olahraga ini tidak akan pernah membuat kalian bosan. Tapi, harus senam zumba berapa kali agar bisa mendapatkan manfaatnya?

Waktu Terbaik untuk Zumba Dance

Zumba itu adalah salah satu jenis olahraga senam yang dilakukan dari serangkaian gerakan tarian menggunakan musik latin internasional. Senam ini berasal dari kombinasi antara latihan interval dengan ritme yang cepat dan lambat, dengan latihan untuk ketahanan otot agar semakin kuat. Berdasarkan salah satu sumber, menyebutkan bahwa Zuma adalah olahraga aerobik yang baik dilakukan setiap 150 menit dalam setiap minggu dengan intensitas latihan sedang.

Namun, bila tidak memungkinkan, kalian bisa melakukan senam zumba dance ini setidaknya selama 75 menit dalam 1 minggu, namun dengan intensitas gerakan yang lebih berat. Karena ini hanya sekedar rekomendasi minimal, maka kalian bisa melakukan kegiatan senam ini dengan waktu yang lebih dari itu. Makin banyak dan sering kalian melakukannya, maka akan makin banyak juga manfaat untuk kesehatan yang bisa kalian dapatkan.

Tapi, harus dengan catatan bahwa kalian harus bisa mengukur seperti apakah kemampuan dari diri kalian sendiri. Karena senam yang dilakukan secara berlebihan itu juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan tubuh kalian sendiri. Maka dari itulah, sebaiknya bagi saja waktunya selang beberapa hari. Jadi, jangan melakukannya secara langsung hingga 150 menit dalam 1 hari saja. Terlebih bila kalian masih pemula. Karena tubuh harus beradaptasi dengan ini.

Kalian bisa mengambil contohnya adalah, dengan melakukan olahraga zumba dance ini selama 160 menit dalam 1 minggu. Tapi, kalian bisa melakukannya dengan cara membaginya menjadi 4 hari untuk setiap 1 minggunya. Itu artinya, durasi setiap latihan yang harus kalian lakukan adalah minimal selama 40 menit. Hanya dengan 40 menit saja, kalian sama saja telah membakar kalori hingga 369 kalori.

Tips Mengenali Intensitas Zumba agar Hasilnya Optimal

Untuk mengenali seberapa beratkan intensitas dari senam zumba dance yang kalian lakukan itu sangat sederhana sekali. Kalian bisa mendeteksinya dengan cara melihat dari seberapa kencangkah jantung kalian saat berdetak. Bila jantung kalian berdetak dengan kencang, dan diiringi dengan keringat yang keluar berlebihan dengan intensitas yang tinggi, itu artinya intensitas latihan yang kalian lakukan sudah cukup berat. Makin berat intensitasnya, makin tidak bisa bicara saat berolahraga.

Jadi, ketika kalian sedang melakukan senam zumba ini, kemudian jantung kalian berdetak dengan sangat cepat, diiringi dengan keluarnya keringat yang sangat banyak, bahkan sampai kalian tidak mampu untuk berbicara karena kalian sangat ngos-ngosan ketika menarik nafas kembali secepatnya, maka itu berarti bahwa latihan zumba dance yang kalian lakukan sudah cukup berat untuk tubuh kalian. Umumnya, setiap orang punya intensitasnya sendiri. Atur kemampuan kalian sendiri.

Bolehkah Berolahraga Zumba Setiap Hari?

Beberapa orang seringkali dibuat ketagihan untuk terus berolahraga zumba dance ini setiap hari. Bahkan, beberapa di antara dari mereka juga semakin menggebut dari waktu ke waktu untuk menurunkan berat badannya lewat olahraga zumba ini. Tak heran bila kemudian orang tersebut melakukan olahraga zumba ini setiap hari. Tapi, adakah dampak buruknya jika berolahraga zumba setiap hari?

Sebenarnya berolahraga zumba setiap hari itu tidak ada masalah. Yang terpenting adalah, kalian harus bisa menjaga kesehatan tubuh kalian dari latihan yang terlalu berlebihan. Jangan sampai bila tujuan awalnya kalian ingin memiliki tubuh sehat, namun kalian justru merasakan efek buruknya karena kalian terlalu over training dan berolahraga secara mati-matian. Jadi, sebaiknya rasakan tubuh kalian sendiri, bila dirasa sudah cukup lelah, sebaiknya jangan melakukannya setiap hari.

Rekomendasi SKWAD Fitness – Senam Zumba Salsa Untuk Pemula

Kalian, disaat kalian merasa cukup lelah sepanjang hari, umumnya kalian akan menjadi sensitif dan mudah sekali marah secara emosional. Bahkan, nafsu makan juga bisa menurun hanya karena kalian terlalu over training. Bagaimanapun juga, olahraga itu memang baik untuk tubuh, tapi tubuh tetap butuk waktu sejenak untuk beristirahat. Maka dari itulah, sebaiknya atur sendiri jam terbaik kalian jika ingin berolahraga zumba dance ini secara rutin.

TIPS TERKAIT

7 Tips Menambah Berat Badan Bayi Yang Aman Untuk Dilakukan

Admin

Cara Memanfaatkan Es Batu untuk Wajah

Admin

Tips Gaya Jilbab Pashmina Agar Lebih Stylist

Admin