Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
LAINNYA

Tajir di Bidang Teknologi, Inilah 5 Pengusaha Muda Asal Indonesia

16. Tajir di Bidang Teknologi, Inilah 5 Pengusaha Muda Asal Indonesia

Saat ini anak muda janganlah cuma jadi pekerja perusahaan BUMN atau PNS semata. Milenial seharusnya bisa menjadi pengusaha muda asal Indonesia yang sukses besar dan memiliki perusahaan raksasa mendunia. Potensi Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dengan jutaan anak muda usia produktif, haruslah bisa memicu terciptanya berbagai lapangan kerja baru.

Tidak mau menjadi anak muda pengekor yang cuma cari aman dengan bekerja di perusahaan, sederet pengusaha muda asal Indonesia berikut ini membuktikan kalau mereka layak menjadi pahlawan masa kini. Memberanikan diri merintis bisnis startup, inilah para CEO-CEO pemberani yang sudah memiliki perusahaan teknologi raksasa sejak usia muda.

Pengusaha Muda Sukses Pertama, Achmad Zaky

Marketplace adalah salah satu cara berbisnis online yang kini tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Dari banyaknya situs e-commerce di Indonesia, Bukalapak menjadi salah satu yang direkomendasikan. Dan kecemerlangan Bukalapak itu berasal dari buah pikiran Achmad Zaky. Sang pendiri sekaligus CEO dari Bukalapak.com ini memiliki otak yang jenius.

Pria kelahiran Sragen yang berumur 32 tahun ini sering menang dalam Olimpiade Sains Nasional bidang komputer dan selalu meraih IPK 4.00 di seluruh semester. Pengalamannya di bidang IT membuat Zaky merintis Bukalapak pada 2010 saat masih 23 tahun.

Pengusaha Muda Sukses Kedua, Wiliam Tanuwijaya

Selain Bukalapak, marketplace raksasa lain asal Indonesia dengan nilai valuasi miliaran dolar adalah Tokopedia. Lagi-lagi, otak di balik kesuksesan Tokopedia menjadi salah satu perusahaan teknologi unicorn di dunia adalah sosok muda bernama Wiliam Tanuwijaya. Kehidupan keras di usia muda membuat Wiliam merantau dari Pematang Siantar ke Jakarta selepas lulus SMA.

Di ibukota Indonesia ini, Wiliam muda harus bekerja sambil berkuliah karena ayahnya jatuh sakit. Dia pun menjadi seorang penjaga warnet yang malah mengantarkannya ‘melahirkan’ Tokopedia. Saat tahun 2009 ketika dia berumur 27 tahun, Wiliam merintis Tokopedia. Lewat Tokopedia, Wiliam masuk dalam daftar pemimpin muda berpengaruh di bumi.

Pengusaha Muda Sukses Ketiga, Nadiem Makarim

Dan ini adalah pengusaha muda asal Indonesia yang mungkin namanya paling dikenal. Nadiem Makarim adalah sosok di balik perubahan skema transportasi Indonesia. Lewat GO-JEK, Nadiem membuktikan bahwa transportasi online akan menjadi tulang punggung perekonomian Tanah Air. Lulusan sekolah bisnis Harvard ini memulai langkahnya pada tahun 2011.

Nadiem yang kala itu masih berumur 27 tahun sebetulnya sudah memiliki perusahaan Zalora, tapi akhirnya memutuskan fokus pada GO-JEK. Dalam waktu lima tahun saja, GO-JEK menjelma menjadi perusahaan teknologi startup terbesar di Indonesia dengan jumlah mitra pengemudi menembus jutaan orang.

Pengusaha Muda Sukses Keempat, Ferry Unardi

Dulu jika ingin beli tiket pesawat tentu harus ke bandara. Begitu pula jika pesan kamar hotel, harus telepon atau datang ke hotel itu. Namun kini tidak lagi berkat Ferry Unardi. Salah satu pengusaha muda asal Indonesia ini adalah pendiri sekaligus CEO dari Traveloka. Pria kelahiran Padang yang baru berusia 31 tahun ini adalah alasan kenapa travelling kini jadi lebih menyenangkan.

Di saat anak-anak muda seumurannya masih sibuk berpacaran atau nongkrong di cafe, Ferry muda memulai debutnya di industri e-ticketing waktu masih berumur 23 tahun. Jika di awal kemunculannya tidak ada maskapai yang bersedia bekerja sama, kini Traveloka justru jadi rujuan utama pencari tiket.

Pengusaha Muda Sukses Kelima, Diajeng Lestari

Tingginya penduduk muslim di Indonesia membuat Diajeng Lestari menggeluti bisnis atribut orang Islam seperti sajadah, peci hingga jilbab. Di saat para pengusaha muda asal Indonesia didominasi kaum pria, Diajeng adalah perwakilan dari perempuan muslim yang cantik paras dan pintar.

Bermula dari toko online, Diajeng yang kini berusia 33 tahun telah menggenggam status sebagai CEO HijUp. Yang unik, Diajeng adalah istri dari pemilik Bukalapak, Achmad Zaky sehingga menjadikan mereka berdua sebagai pasangan suami-istri pengusaha muda asal Indonesia.

Sungguh menginspirasi kan kisah kelima CEO-CEO perusahaan teknologi asal Indonesia di atas? Anda sebagai generasi muda kekinian, juga bisa menjadikan kisah mereka sebagai motivasi. Bukan tak mungkin kalau beberapa tahun ke depan, nama kalianlah yang bisa masuk dalam daftar pengusaha muda asal Indonesia yang sukses berat di bidang teknologi.

TIPS TERKAIT

Jenis-Jenis Olahraga Favorit Milenial Yang Tengah Digandrungi

Angga

Jenis Konten Video Penghasil Uang Yang Banyak Ditonton di Youtube!

Angga

Tak Perlu Beli Follower, Inilah Rahasia Jadi Selebgram Sukses!

Angga