Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Properti

9 Syarat KPR Rumah Subsidi Penting Untuk Diketahui

9 Syarat KPR Rumah Subsidi Penting Untuk Diketahui

KPR Rumah bersubsidi merupakan program yang digagas pemerintah kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar dapat memperoleh rumah dengan mudah. Selama ini, banyak ditemukan MBR yang bertempat tinggal dengan kontrak rumah atau menumpang di rumah anggota keluarga lainnya. Adanya KPR Rumah bersubsidi diharapkan memudahkan akses bagi para petani, pekerja buruh, dan para pedagang kecil lainnya untuk mendapatkan rumah baru dengan harga murah. Pastinya syarat KPR Rumah subsidi harus dipenuhi oleh masyarakat untuk dapat menikmati hunian tersebut dengan mudah. Persyaratannya tidaklah sulit, karena anda hanya perlu memenuhi beberapa permintaan yang mudah anda lakukan. Apa saja syarat KPR Rumah subsidi tersebut ? Berikut pembahasannya :

1. Syarat Umur Dan Kewarganegaraan

Status masyarakat yang hendak memiliki KPR bersubsidi adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Status kewarganegaraan sangatlah perlu dipertimbangkan untuk mencegah masyarakat dengan status kewarganegaraan asing atau kewarganegaraan yang tidak jelas dapat menempati KPR Rumah bersubsidi dengan mudah. Selain itu, juga dibatas umur WNI yang dapat mengajukan KPR bersubsidi, yakni minimal umur 21 tahun atau telah berstatus sudah menikah. Bagi WNI yang bekerja di wilayah negara lain, tidak perlu khawatir. Sudah dicanangkan juga program KPR bersubsidi untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

2. Tidak Pernah Menerima Subsidi KPR

Calon penghuni KPR Rumah haruslah mereka yang belum pernah menerima subsidi KPR sama sekali. Bila anda sudah pernah menerima subsidi KPR, jangan harap anda dapat menerima subsidi KPR lagi. Kartu keluarga yang didaftarkan untuk mengajukan KPR hanya boleh 1x saja. Di dalam kartu keluarga tercantum beberapa nama anggota keluarga. Jika nama anda sudah ada dalam Kartu Keluarga segera daftarkan sebagai salah satu syarat KPR Rumah subsidi, lalu nama anda akan diblok dan tidak diperbolehkan untuk mengambil KPR lagi.

3. Penghasilan Di Bawah 4 Juta Rupiah

KPR Rumah bersubsidi memang sangat diperuntukkan bagi para warga yang kurang mampu. Penghasilan dengan kisaran dibawah 4 juta diperbolehkan untuk memiliki rumah subsidi ini. Namun jika penghasilan anda lebih dari 4 juta, sebaiknya jangan membeli rumah subsidi ini ya. Berilah kesempatan kepada masyarakat yang kurang mampu untuk memenuhi haknya memperoleh rumah dengan mudah.

4. Masa Kerja Sebagai Karyawan Perusahaan Minimal 1 Tahun

Kendala utama dalam mengajukan KPR adalah anda harus sudah menjadi seorang karyawan pada perusahaan dalam negeri dengan masa kerja yang telah melampaui satu tahun. Namun tiap developer memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Sebagian developer memberikan persyaratan untuk memperbolehkan calon pembeli yang masih dalam status karyawan kontrak tapi masih bekerja. Sebagian developer lagi memberi ketentuan harus karyawan tetap yang boleh menjadi calon pembeli.

5. Saldo Bank Minimal 3 Juta Rupiah

Syarat KPR Rumah bersubsidi lagi adalah saldo bank minimal tiga juta rupiah. Developer biasanya sudah memanajemen uang dari pembeli untuk dimasukkan ke dalam uang muka. Hal ini bertujuan untuk mempermudah anda agar anda tidak ribet dalam memikirkan uang saldo yang telah anda kumpulkan.

6. Persiapan Uang Muka Dan Rekening Koran

Uang muka yang perlu anda persiapkan minimal sebesar 1 % dari harga rumah. Suku bunga kredit adalah sebesar 5%. Selain itu, rekening koran selama 3 bulan terakhir wajib diikutsertakan untuk mengecek kelayakan anda sebagai calon pembeli. Rekening koran dan uang muka sangatlah penting untuk melancarkan proses pengajuan Rumah KPR bersubsidi.

7. Surat Keterangan Tidak Memiliki Rumah

Calon pembeli harus benar-benar belum memiliki tempat tinggal yang menetap. Hal ini dibuktikan dari Surat Keterangan Tidak Memiliki Rumah. Developer biasanya akan memberikan kepada anda surat yang menyatakan bahwa anda benar-benar tidak memiliki rumah. Selanjutnya dokumen tersebut perlu ditandatangani oleh RT dan RW sesuai dengan alamat rumah anda.

8. Surat Keterangan Gaji

Bila anda sudah melakukan booking fee, pasti anda akan diminta oleh pihak developer perumahan untuk menunjukkan surat keterangan gaji (slip gaji) anda. Pihak developer biasanya meminta jauh-jauh hari untuk menunjukkan slip gaji anda, dengan catatan bahwa slip gaji tersebut telah tertandatangani dan legal untuk dipergunakan. Slip gaji ini menunjukkan bukti gaji yang telah anda dapatkan sebagai seorang karyawan.

9. Kelengkapan Dokumen Pribadi Lainnya

Syarat KPR Rumah subsidi terakhir yakni anda harus mengumpulkan beberapa dokumen pribadi lainnya. Dokumen yang harus anda persiapkan adalah dokumen dalam bentuk photo copy. Beberapa dokumen yang dimaksud adalah photo copy KK, KTP, NPWP, Surat Keterangan Aktif Bekerja, dan lain-lain sesuai dengan permintaan pihak developer.

TIPS TERKAIT

7 Tips Membeli Rumah Bekas Di Perumahan Bagi Anda

Admin

Tips Memilih Apartemen Sebelum Menyesal, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Admin

7 Cara Membeli Rumah Dengan KPR Untuk Pasangan Baru

Admin