Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Lifestyle

Sudah Tau Gaya Hidup Minimalis? Ini Dia Tips Bahagianya Memulai Gaya Hidup Minimalis

Memulai gaya hidup minimalis adalah dobrakan baru bagi perubahan gaya hidup anda. sudah menjadi rahasia umum bahwa gaya hidup orang Indonesia cenderung ke budaya konsumtif atau hedonisme. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya lalu lalang manusia di setiap mall mall besar baik di kota besar maupun kota kecil. Pesona pusat pemberlanjan seakan-akan tidak pernah ada habisnya. Pusat perbelanjaan atau mall tidak pernah mengenal kata sepi.

Berbelanja mungkin sudah menjadi hobi bagi sebagian orang Indonesia. Terlebih dengan banyaknya kemudahan berbelanja yang ditawarkan saat ini seperti olshop, free ongkir, flash sale, dan diskon-diskon lainnya. Kemudahan-kemudahan itu secara tidak sadar membuat kita hidup dalam lingkaran konsumtif. Tidak jarang kita membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan, yang akhirnya hanya akan menumpuk dan tidak terpakai. Oleh karena itu, sudah saatnya bagi kita semua untuk memulai gaya hidup minimalis.

Apa Itu Gaya Hidup Minimalis?

Pada awalnya gaya hidup minimalis dipengaruhi oleh ajaran Budhisme Zen yang mengajarkan untuk menghilangkan gaya hidup konsumtif dengan mengurangi barang-barang yang dimiliki. Konsep utama dari gaya hidup ini adalah less is more, maknanya adalah dengan kita memiliki sedikit barang maka kita akan mempunyai lebih banyak waktu untuk berproduktif. Waktu anda yang berharga dapat dipergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat seperti mengembangkan hobi anda.

Bahagianya Memulai Gaya Hidup Minimalis

Memulai gaya hidup minimalis mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah membuat anda bahagia. Pertama, anda akan bahagia karena tidak perlu repot merawat barang-barang yang tidak berguna. Anda dapat memiliki banyak waktu untuk kegiatan yang positif untuk mengembangkan diri. Anda juga akan bahagia terhindar dari perasaan negatif ataupun stress dalam mengejar kepuasan materi. Membuat anda merasa tenang dan hidup dengan bahagia.

Cara Memulai Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis dapat anda mulai dengan melepaskan hubungan anda dengan barang-barang kesayangan. Mulailah untuk menghilangkan perasaan anda terhadap barang yang anda sayangi. Perasaan tidak rela untuk membuang, rasa khawatir rusak, kenangan dari suatu barang, semua itu seharusnya anda buang jauh-jauh. Relakanlah barang-barang yang sudah tidak berguna. Perasaan anda juga akan lega karena sudah terbebas dari perasaan berlebihan terhadap suatu barang.

Kegiatan menyortir barang-barang adalah langkah awal memulai gaya hidup minimalis. Tentunya memilah barang yang memang mengedapankan fungsinya. Barang-barang yang tidak dibutuhkan dapat anda jual atau donasikan. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, anda juga dapat memberi kebahagiaan kepada orang lain yang memang membutuhkan. Menyingkirkan barang yang tidak perlu akan memudahkan anda untuk menata dan membersihkan, membuat tempat anda menjadi lebih lapang. Sehingga membuat pikiran tenang dan meningkatkan produktivitas.

Setelah merelakan barang-barang tidak berguna, tahap selanjutnya adalah merubah mindset hidup anda. Hiduplah dengan sederhana dan secukupnya. Semua itu berawal dari pemikiran anda. Ubahlah pemikiran anda untuk hidup lebih sederhana. Kebanyakan manusia justru memiliki keinginan yang lebih banyak dari batas kemampuannya. Oleh karena itu, mulailah untuk menyederhanakan standar hidup anda. Jangan sampai perasaan gengsi dan ikut-ikutan mempengaruhi hidup anda. Tidak mudah memang, tapi tidak ada
salahnya untuk mecoba.

Mensyukuri semua nikmat yang anda miliki adalah kunci utama. Perasaan tidak bersyukur terkadang membuat manusia menginginkan lebih dari batas kemampuannya. Tidak merasa bahwa nikmat yang telah ia dapatkan sudah lebih dari cukup. Melihat sesuatu dari sudut yang berbeda akan membuat anda lebih bahagia. Mensyukuri segala nikmat yang telah anda terima. Tidak menginginkan sesuatu yang tidak berada di kapasitas anda. Menikmat hidup yang sederhana.

Rekomendasi dari Nara-Z – Hidup Minimalis. Berani? | Buka Buku

Makna utama dari gaya hidup minimalis adalah melepaskan keinginan kita terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Tujuannya agar kita mempunyai kendali terhadap diri sendiri. Mengendalikan kita dari gaya hidup konsumtif dan hedonisme. Alangkah menyenangkan menjalani hidup dengan sederhana. Mensyukuri segala nikmat yang telah diterima. Sungguh indah dunia ini apabila dipenuhi oleh manusia-manusia yang minimalis. Maka dari itu, ayo mulailah untuk memulai gaya hidup minimalis.

TIPS TERKAIT

7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Yang Wajib Kamu Tahu

Admin

Ibu Hamil Jangan Takut Puasa! Ini Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Admin

10 Tips Berpikir Lebih Dewasa

Admin