Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Olah Raga

Nafas Pendek Bukan Halangan untuk Mencoba Tips Olahraga Ini

Nafas Pendek Bukan Halangan untuk Mencoba Tips Olahraga Ini

Beberapa orang mencari tips olahraga yang tepat, karena mereka sering mengeluhkan masalah nafas pendek. Umumnya mereka yang memiliki masalah di bagian paru-parunya akan mengalami masalah nafas pendek ini. Misalnya saja, seperti masalah bronkitis kronis, asma, kelainan di bagian otot dada, emfisema, dan lain-lain. Biasanya mereka dengan masalah pernafasan akan menghindari kegiatan fisik dan olahraga karena bisa membuatnya semakin sesak.

Tips Olahraga Terbaik untuk Nafas Pendek

Sebenarnya orang yang memiliki nafas pendek itu tidak berarti tidak boleh berolahraga. Ada beberapa tips olahraga yang bisa dilakukan untuk membuat kalian tetap bisa berolahraga dan tetap sehat, meskipun kalian memiliki nafas pendek. Yang pasti, khusus kalian yang mempunyai nafas pendek akan lebih baik bila kalian harus selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum berolahraga. Di bawah ini adalah beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk nafas pendek:

Yoga

Olahraga yoga ini adalah salah satu latihan yang tidak membutuhkan banyak kapasitas jantung dan juga pembuluh darah. Latihan ini bisa disesuaikan dengan mudah berdasarkan gerakannya. Sehingga, olahraga ini bisa sesuai dengan kapasitas pernafasan setiap orang. Melakukan peregangan secara dinamis itu akan baik sekali untuk membuat kalian bergerak tanpa harus meningkatkan detak jantung. Gerakan ini sangat aman sekali untuk orang dengan nafas pendek.

Jalan Kaki

Berjalan merupakan salah satu kegiatan olahraga fisik yang sangat sederhana. Berjalan kaki merupakan salah satu tips olahraga yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan juga bisa dilakukan siapa saja. Entah itu untuk orang dewasa, anak-anak, dan juga untuk lansia. Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang sangat baik untuk membuat pola pernafasan menjadi lebih baik.

Dengan terus menyesuaikan pola pernafasan dengan baik, maka lama-lama nanti akan membuat kapasitas pernafasan kalian semakin lebih meningkat. Namun sebelum itu, pastikan agar kalian tidak begitu memaksakan diri untuk berjalan dengan cepat. Cukup berikan saja kesempatan untuk tubuh kalian berjalan secara rutin, setidaknya dalam 1 minggu. Sehingga, dengan begitu sistem pernafasan kalian bisa menjadi lebih baik.

Aerobik atau Berenang di Air

Setiap gerakan yang dilakukan di dalam air, entah itu dengan cara berenang ataupun melakukan senam di air merupakan salah satu tips olahraga terbaik untuk mereka yang memiliki nafas pendek. Tidak hanya berjalan di dalam kolam renang saja, menggerak-gerkkan lengan juga bisa membuat tingkat kebugaran kalian semakin meningkat. Dengan begitu, kalian tidak akan mudah sesak nafas.

Olahraga Tai Chi

Untuk tips olahraga selanjutnya untuk orang bernafas pendek adalah dengan berolahraga tai chi. Tidak hanya sekedar melakukan kegiatan fisik saja, namun tai chi akan melatih teknik pernafasan kalian agar bisa terlatih. Dengan melakukan gerakan tai chi dengan cara melambat dan juga anggun, hal ini akan membuat kalian menjadi lebih rileks. Dengan begitu, pikiran juga bisa lebih tenang, begitu juga dengan postur tubuh dan keseimbangan tubuh.

Latihan Pernapasan

Salah satu tips olahraga selanjutnya yang baik untuk kesehatan pernafasan adalah dengan cara melatih pernafasan kalian. Dengan begitu, otot pernafasan kalian menjadi lebih kuat. Karena cara ini efektif membuat kalian bisa mendapatkan oksigen yang lebih banyak agar kalian tidak merasa sesak. Beberapa contoh latihan pernafasan yang bisa dilakukan setiap 3x hingga 4x sehari agar terhindar dari nafas yang pendek adalah sebagai berikut ini:

Melemaskan otot leher dan juga bahu kalian sambil menarik nafas hingga 2 detik lewat hidung dalam kondisi mulut yang tertutup. Hembuskan nafas kalian hingga 4 detik lewat bibir yang dikerucutkan. Bila sudah terlalu lama, maka hembuskan saja nafas kalian sekuat tenaga. Lakukan latihan pernafasan ini saat berolahraga. Dengan begitu, kalian bisa merasakan manfaatnya lebih banyak.

Rekomendasi SKWAD Fitness – Bagaimana Cara Mengatur Nafas Ketika Berolahraga ?


Bila kalian sesak nafas, maka buat laju pernafasan lebih lambat dan fokus mengeluarkan nafas lewat mulut. Dengan cara inilah akan membuat nafas pendek kalian menjadi bukan halangan lagi untuk berolahraga. Karena sebenarnya ada banyak cara untuk membuat tubuh menjadi sehat tanpa harus melakukan kegiatan yang banyak. Dengan kalian berolahraga ringan secara teratur seperti tips olahraga yang dibagikan di atas, niscaya tubuh kalian menjadi lebih sehat.

TIPS TERKAIT

Tips Mengembangkan Minat Anak dan Bakatnya

Admin

Tidak Hanya Krim Saja, Ini Dia Tutorial Mengatasi Psoriasis

Admin

Tips Memilih Olahraga sesuai Kebutuhan

Admin