Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Teknologi

Inilah Cara Mempercepat Jaringan Wifi Pada Komputer Anda

Inilah Cara Mempercepat Jaringan Wifi Pada Komputer Anda

Jaringan wifi merupakan salah satu jaringan yang paling diminati para pecinta dunia internet. Terlebih lagi saat ini hampir semua orang melakukan berbagai macam aktivitasnya melalui koneksi internet. Meskipun jaringan wifi yang sangat terkenal dengan koneksi kecepatannya. Tetapi terkadang pula beberapa pengguna mengalami kendala terhadap koneksi jaringannya yang lambat. Hal tersebut membuat pengguna wifi baik untuk umum, mahasiswa ataupun para pekerja yang dapat mengganggu pekerjaannya. Diakibatkan karena koneksi jaringannya yang tidak stabil terhubung ke internet. Dengan begitu sangat dibutuhkan cara mempercepat jaringan wifi supaya bisa terhubung stabil dengan koneksi internet. Sebenarnya banyak penyebab yang diakibatkan oleh lambatnya jaringan wifi seperti adanya sinyal buruk yang menghambat koneksinya. Namun, hal tersebut juga belum bisa menjamin dan tidak terbilang efektif. Karena bukan hanya sekedar pada sinyal dan bisa saja settingan pada jaringan atau terhadap sistemnya. Untuk lebih detail Anda bisa simak ulasannya.

5 Cara Mempercepat Jaringan Wifi

Kendala pada koneksi internet terkadang membuat kita menjadi jengkel. Apalagi untuk koneksi wifi yang menjadi salah satu incaran semua orang untuk mengakses ke internet. Nah, supaya wifi yang Anda jalankan itu tidak lambat alias lemot maka Anda harus mengetahui cara-caranya terlebih dahulu. Apa sajakah itu? Berikut ini diantaranya cara mempercepat jaringan wifi.

1. Menggunakan Modem Wifi Yang Memadai

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan modem yang memadai terhadap jaringan pada lokasi atau tempat Anda. Dimana modem sendiri merupakan salah satu perangkat yang dapat mengubah sinyal komputer terhadap besaran frekuensi yang dimilikinya. Dengan begitu pada modem ini akan diproses melalui saluran telepon kabel. Maka apa hubungannya untuk mengatur kecepatan terhadap jaringan wifi? Karena modem memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Maka Anda bisa menggunakan spesifikasi modem yang cukup besar dan menyesuaikan juga dengan sinyal jaringan pada lokasi Anda berada.

2. Menggunakan Provider Yang Masih Jarang Digunakan

Untuk cara selanjutnya Anda bisa menggunakan provider yang masih jarang digunakan atau yang sedikit pengguna. Karena provider ini dapat mempengaruhi jalannya koneksi internet yang menjadi cepat maupun lambat. Salah satunya yang menjadi lambatnya koneksi internet yaitu banyaknya pengguna pada provider tersebut. Maka untuk menghindari lambatnya jaringan wifi pada koneksi internet Anda, gunakanlah provider yang masih sangat sedikit pengguna internetnya.

3. Memilih Provider Yang Cukup Kompeten

Selain Anda menggunakan provider yang belum memiliki banyak pengguna, Anda bisa juga dengan memilih provider yang cukup kompeten. Hal tersebut untuk mendapatkan koneksi internet yang memiliki kecepatan tinggi dan stabil. Sebab dengan memilih internet service provider yang kompeten dan memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Hal itu dapat memberikan jaringan internet yang stabil untuk koneksi Anda nantinya. Perlu Anda ketahui pula bahwa kualitas yang dimiliki oleh provider yang memiliki spesifikasi yang tinggi maka harganya pun cukup mahal. Dengan begitu karena Anda sudah mengetahuinya jangan terlalu tergiur dengan beragam promosi oleh provider tersebut karena kualitasnya akan berbeda. Buktinya akan Anda alami ketika Anda mendapatkan kendala salah satunya lambatnya jaringan wifi.

4. Menggunakan Penguat Sinyal

Penguat sinyal wifi atau yang biasa disebut dengan repeater merupakan salah satu solusi terbaik ketika Anda mengalami lambatnya koneksi internet. Hal itu diutamakan permasalahan pada jaringan wifi yang Anda koneksikan. Dari bentuk penguat sinyal sendiri pun banyak macamnya dan Anda perlu melihat lagi spesifikasi terhadap komponennya. Karena setiap komponen memiliki kekurangan dan kelebihan sesuai jenis dan kualitasnya. Dengan memilih dan menggunakan penguat sinyal yang memiliki spesifikasi tinggi maka dengan mudah pula Anda bisa menangkap sinyal wifinya.

5. Mengubah Pengaturan Bandwidth

Setelah cara diatas sudah dilakukan dan masih mengalami permasalahan jaringan yang lemot atau lambat, Anda bisa mengatur pengaturan pada bandwidth-nya. Sebab bandwidth ini merupakan luasan cakupan atau banyaknya pengguna pada sinyal yang melakukan transmisi data. Biasanya bandwidth pada komputer itu disetting hanya memenuhi sekitar 20% saja. Itu yang dapat mempengaruhi sinyal jaringan wifi Anda menjadi lemot karena banyaknya pengguna dan banyaknya sinyal yang digunakan untuk transmisi data. Untuk mengatasinya bisa mengatur bandwitdh pada komputer Anda yang lebih besar lagi, supaya dapat mencakup koneksi internet yang stabil.

Dari cara diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mempercepat jaringan wifi memang banyak yang harus dilakukan. Bukan hanya sekedar akibat sinyal wifi yang rusak ataupun tidak stabil namun dari beberapa hal diatas pun bisa menjadi salah satunya akibat wifi lemot. Maka demikian cara mempercepat jaringan wifi tersebut bisa Anda praktikkan dengan baik dan semoga hasilnya dapat berhasil.

TIPS TERKAIT

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Gadget Panas

Admin

7 Tips Membeli Mobil Bekas Yang Wajib Kamu Tahu

Admin

Tips Membeli Laptop Bekas Untuk Mendapatkan Produk Yang Bagus

Admin