Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Health Lifestyle

Kulit Terbakar Matahari? Ini Solusinya!

Kulitmu terbakar matahari Ini Solusinya

Kalian harus berhati-hati bila mengalami masalah kulit terbakar matahari. Karena kulit yang mengalami sun burn ini akan terasa perih, sakit, dan menjadi merasa tidak percaya diri. Bila sudah begitu, maka kalian harus tahu solusinya! Karena terpapar oleh sinar UVB dan UVA yang disebabkan oleh sinar matahari yang terlalu lama ini bisa menyebabkan terjadinya iritasi kulit.

Cara Mengatasi Masalah Kulit Terbakar Matahari

Selain dikarenakan waktu berjemur di bawah sinar matahari yang terlalu lama, intensitas sengatan sinar matahari dan jenis kulit seseorang itu bisa mempengaruhi seberapa buruk kondisi sun burn yang telah dialami. Kulit yang telah terbakar sinar matahari ini bisa memerah dan sakit, bahkan hal ini bisa menimbulkan terjadinya pembengkakan hingga melepuh. Kalian juga bisa merasakan gejala flu karena sinar matahari ini. Maka dari itulah, ini solusinya!

Letakkan Handuk yang Dingin pada Kulit

Hal pertama yang harus kalian lakukan agar dapat mengatasi masalah kulit terbakar matahari adalah dengan cara mengambil handuk, kemudian merendam handuk itu ke dalam air es. Bila sudah, langsung saja peras dan taruh handuk itu pada kulit selama 15 menit. Dengan menggunakan cara inilah akan membuat rasa panas pada kulit bisa dinetralisir secara alami dan mudah.

Namun, bila kalian mengalami masalah sun burn pada beberapa bagian tubuh kalian, maka kalian bisa mengambil langkah yang paling mudah. Yaitu, dengan cara mandi. Mandi bisa membuat rasa sakit kalian langsung terbantu diringankan. Bahkan, rasa perih akibat dari paparan sinar matahari bisa langsung hilang hanya dengan cara mandi. Namun, sebaiknya jangan lupa memakai pelembab saat mandi melebihi dari jumlah biasanya. Agar nantinya kulit tidak kering.

Pakai Krim Khusus dan Pelembab

Ketika kulit terbakar matahari, maka kalian harus memakai pelembab agar dapat menghidrasi kulit kalian yang sedang kering karena terpapar oleh sinar matahari. Sebaiknya, pilih saja pelembab yang memiliki kandungan yang dapat menenangkan. Misalnya saja, seperti dari lidah buaya. Kandungan lidah buaya di dalam pelembab akan membuat kulit merasa lebih baik, karena bahan ini mampu memberi efek yang dingin dan menenangkan.

Selain menggunakan lidah buaya sebagai pelembab, kalian juga dapat memakai krim khusus yang berguna untuk melembabkan kulit dan sekaligus meregenerasinya agar tidak rusak oleh sinar matahari yang membakar. Kalian bisa memilih produk krim khusus yang beraasl dari daun pegagan atau Centella asiatica. Tanaman ini ampuh mengatasi masalah peradangan. Karena bahan ini bisa membuat jumlah kolagen semakin meningkat, sehingga luka bakar oleh sinar UV segera teratasi.

Namun, sebaiknya kalian harus berhati-hati ketika memilih lotion atau krim khusus untuk mengatasi kulit terbakar matahari. Hindari krim atau lotion yang memiliki kandungan lidocaine, benzocaine, dan juga petroleum di dalamnya. Karena beberapa bahan tersebut dapat membuat panas pada kulit semakin terjebak. Sehingga, hal ini akan membuat kulit menjadi mengalami iritasi. Maka dari itulah, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih krim dan lotion.

Perbanyak Minum Air Putih

Luka bakar bisa membuat cairan menjadi ditarik menuju ke permukaan kulit. Sehingga, cairan menjadi menjauh dari semua bagian organ tubuh yang lainnya. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan terjadinya dehidrasi. Namun, dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, tubuh bisa membuat terhidrasi dengan baik. Sehingga, kalian bisa terhindar dari masalah kekeringan yang dapat memperparah gejala terjadinya sun burn karena kulit terbakar matahari.

Mengkonsumsi Obat Anti Radang

Ketika kalian mengalami kulit terbakar matahari, usahakan sesegera mungkin kalian harus mengkonsumsi obat yang dapat meredakan terjadinya peradangan ini. Obat yang berasal dari golongan anti inflamasi non steroid, misalnya saja seperti naproxen dan ibuprofen dapat membantu mengurangi rasa sakit karena kulit yang mengalami peradangan. Maka dari itulah, sebaiknya konsumsi saja obat tersebut agar masalah ini segera teratasi.

Rekomendasi dari Dokter 24 – Cara Mengatasi Kulit Yang Terbakar Karena Sinar Matahari


Yang pasti, sebaiknya jangan pernah memencet kulit yang melepuh karena terbakar atau bahkan sampai menggaruknya. Kulit yang sudah mulai melepuh itu menandakan bahwa kulit sedang mengalami luka bakar di tingkat kedua. Bila kalian menggaruknya atau memencetnya, hal ini bisa membuat kulit terbakar matahari semakin parah dan terjadi infeksi.

TIPS TERKAIT

Cara Memakai Hijab Segi Empat Kekinian Sederhana tapi Stylish

Angga

Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Mulai Dari Usia Muda

Admin

9 Tips Supaya Rambut Cepat Panjang

Admin