Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Olah Raga

Inilah Tips Jogging Untuk Pemula Agar Tidak Cepat Capek

14. Inilah Tips Jogging Untuk Pemula Agar Tidak Cepat Capek

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan manusia agar senantiasa sehat. Anda pun bisa mencoba menerapkan tata cara jogging untuk pemula yang tepat, supaya bisa memperoleh manfaat terbaik. Bukan tanpa alasan kenapa jogging saat ini menjadi olahraga yang sangat favorit karena memang selain mudah dilakukan, manfaatnya sangat luar biasa ke tubuh.

Dengan jogging, Anda tak perlu membeli sportwear berharga mahal atau menyewa arena khusus. Karena jogging bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja oleh siapapun. Setiap pagi hari sebelum mulai beraktivitas, Anda bisa berjogging santai. Dan bagi Anda yang memang masih awam soal olahraga simple ini, tentu wajib memahami tips jogging untuk pemula terlebih dulu.

Kenapa Jogging Tinggi Manfaat?

Rachmad Wishnu Hidayat selaku dosen FK-UI menyebutkan bahwa jogging atau lari santai memiliki dampak yang sangat bagus bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jogging terbukti mampu menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dan memangkas tingkat kolesterol jahat (LDL). Berbeda dengan lari, mereka yang melakukan jogging harus menjaga kecepatan di batas 9,7 km/jam.

Selain mampu menjaga kesehatan jantung, jogging pun membuat keseimbangan tubuh lebih sempurna karena mampu memperbaiki kualitas tidur. Dengan menerapkan tips jogging untuk pemula yang tepat, Anda bisa membakar kalori tubuh sehingga bobot tubuh makin ideal. Tak heran kalau mereka yang tengah menjalankan diet, jogging jelas akan jadi olahraga wajib.

5 Tips Jogging Untuk Pemula Yang Layak Dicoba

1. Pilih Sepatu Lari

Inti dari sebuah jogging agar tidak mudah capek adalah memiliki alas kaki alias sepatu yang tepat. Untuk itulah tips pertama jogging untuk pemula adalah memilih sepatu yang nyaman. Dengan sepatu yang pas, Anda tentu akan makin bersemangat bangun pagi dan melakukan jogging. Selain itu sepatu yang nyaman juga mengurangi risiko cidera kaki.

2. Pemanasan dan Pendinginan

Bagi para pemula yang hendak membiasakan diri berjogging, jangan remehkan perkara pemanasan dan pendinginan tubuh saat hendak dan usai olahraga. Karena kedua hal ini sangatlah bermanfaat seperti mampu meningkatkan tenaga, menormalkan kerja jantung hingga mengurangi risiko cidera. Ketika tubuh sudah panas, energi akan meluap sehingga jogging makin semangat.

3. Posisi Tubuh saat Jogging

Ada baiknya mereka yang baru saja mau berolahraga jogging, memperhatikan posisi tubuh yang tepat. Misalkan saja kepala yang harus selalu tegak karena jika menunduk akan menghambat udara masuk sehingga mudah lelah. Pastikan juga posisi lengan tepat yakni siku ditekuk membentuk sudut 90 derajat lalu diayunkan ke depan dan ke belakang sesuai gerakan kaki.

Jangan biarkan telapak tangan Anda terkepal karena justru membuat otot lengan tegang sehingga jogging tak nyaman. Tak ada salahnya juga untuk menarik otot perut ke dalam dan ditahan sewaktu berlari agar otot perut tak kendur. Terakhir, posisi kaki yang pertama kali menyentuh tanah adalah bagian tengah telapak kaki, bukannya ujung ataupun tumit.

4. Atur Kecepatan

Jika Anda baru mulai berjogging, jangan paksakan diri untuk berlari kencang karena justru bisa bikin habis nafas. Lakukan jogging dengan kecepatan seadanya dulu. Ketika Anda makin ruting menjalani jogging, maka sistem pernapasan dan kinerja jantung bisa beradaptasi serta meningkat. Barulah setelah itu, jarak dan kecepatan jogging bisa ditambah.

5. Pahami Teknik Dasarnya

Tips jogging untuk pemula terakhir adalah dengan menerapkan teknik yang tepat. Apalagi kalau lari terus dirasa berat, Anda bisa mengistirahatkan tubuh sejenak dengan berjalan baru kemudian berlari lagi. Lalu kemudian mengenai cara bernafas, yang paling efektif adalah tarik napas lewat hidung dan buang melalui mulut agar tidak cepat lelah dan tidak merasakan nyerit perut.

Jogging Bisa Pengaruhi Keseimbangan Mental

Anda tentu pernah dengar pepatah di dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Hal itulah yang bakal didapat dari jogging karena olahraga sederhana ini bisa mempengaruhi keseimbangan mental. Dengan jogging teratur, Anda akan bersemangat sepanjang hari, berumur panjang hingga terhindar stres. Untuk itu terapkan tips jogging untuk pemula yang tepat agar bugar sepanjang usia.

Rekomendasi dari Tips Kesehatan – Pemanasan Lari Ini Cara Tepat Agar Lari Makin Jauh

TIPS TERKAIT

Bumil Mager? Inilah Tips Gerakan Senam Ringan Cocok untuk Bumil

Admin

Tips Memilih Olahraga yang Cocok untuk Pasien Skoliosis

Admin

Tak Harus Banjir Keringat, Ini Tips Ampuh Bakar Lemak Tubuhmu!

Admin