Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Kuliner

Inilah Rahasia Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Inilah Rahasia Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Salah satu hal yang tidak banyak diketahui oleh para wanita adalah cara memasak daun pepaya. Sebagian menjadi pesimis untuk memasak sayur yang satu ini karena salah satu sifat alaminya yang pahit. Tapi hal itu tidak akan menjadi masalah lagi jika kamu membaca artikel ini, karena akan diulas tentang trik-trik ampuh untuk membuat masakan daun pepaya tetap lezat tanpa rasa pahit sedikitpun.

Merendam Daun Pepaya Dengan Air Garam

Ini nih salah satu cara yang sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa pahit dari daun pepaya, yakni dengan merendamnya dalam air garam. Caranya sangat mudah kok! Kamu hanya perlu merendam daun pepaya dengan air yang sudah dicampur garam. Biasanya durasi untuk merendamnya selama 1 jam. Setelah itu kamu tiriskan daun pepaya dengan meremasnya dan membuang airnya.

Ini adalah cara memasak daun pepaya yang cukup banyak digunakan. Garam bisa menjadi penawar rasa pahit karena ketika direndam, kandungan garam dalam air menyerap kandungan dari daun pepaya yang berasa pahit itu.

Direbus Bersama Daun Jambu Biji

Trik ini juga lumayan banyak digunakan para ibu untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Kamu bisa membuktikannya sendiri dengan mencobanya, tentu kamu perlu siapkan daun jambu bijinya dulu. Caranya masukkan daun jambu biji dan daun pepaya ke dalam air lalu direbus. Durasinya bisa semakin lama jika air dan daunnya semakin banyak, prinsipnya jika sudah mendidih bisa diangkat dan ditiriskan.

Merendamnya Dengan Air Gula

Cara memasak daun pepaya yang juga bisa kamu terapkan adalah merendamnya dengan air gula, khususnya gula pasir. Itu bisa terjadi karena rasa manis gula membantu menetralisir rasa pahit daun pepaya. Tentunya ketika dimasak, kamu juga perlu memperhatikan takaran gulanya supaya tidak terlalu manis. Caranya hampir sama dengan teknik rendaman garam, kamu bisa merendam daun pepaya dalam air yang sudah dicampur gula pasir.

Meskipun sudah mendidih, jangan langsung diangkat karena agar rasa pahitnya benar-benar hilang, butuh direndam sampai sekitar 1 jam. Setelah itu baru ditiriskan dengan diperas hingga tidak lagi banyak mengandung air.

Menggunakan Rebusan Asam Jawa

Kamu juga bisa mencoba cara memasak daun pepaya ini karena memang terbukti ampuh dan banyak digunakan para ibu. Bedanya dengan cara-cara sebelumnya, untuk trik ini daun pepaya yang sudah dicuci kemudian diiris-iris. Lalu diletakkan ke dalam wadah untuk kemudian ditaburi dengan asam jawa. Prosesnya tidak sampai berjam-jam, 15-20 menit kemudian irisan daun pepaya sudah bisa kamu pisahkan dengan asam jawa.

Meremas Daun Pepaya

Dibandingkan cara-cara lainnya, ini yang paling simpel untuk kamu coba. Tanpa bahan tambahan, kamu hanya perlu meremas-remas daun pepaya sampai getahnya hilang. Karena memang yang menjadi penyebab rasa pahitnya adalah getah itu. Setelah hilang getahnya, kamu bisa mencucinya dengan air sampai bersih dan daun pepaya sudah bisa langsung dimasak. Cara ini cocok sekali untuk kamu yang sudah terburu-buru dan tidak bisa menunggu untuk daun direndam dulu.

Tapi catatan untuk cara memasak ini hanya mengurangi rasa pahitnya, tidak sampai menghilangkannya. Jadi lebih cocok untuk kamu yang masih bisa mentolerir rasa pahitnya atau justru malah lebih suka jika tetap sedikit pahit. Karena memang ada sebagian orang yang justru merasa kurang suka kalau daun pepayanya tidak terasa pahit sama sekali.

Merebusnya Berkali-kali

Sebaliknya cara memasak daun pepaya ini justru yang lebih repot dibandingkan lainnya. karena Kamu perlu merebus daun pepaya hingga berkali-kali dan airnya harus selalu diganti dengan yang baru. Selain juga menghabiskan lebih banyak gas untuk memasak, sehingga kurang cocok untuk kamu yang berharap lebih hemat. Setelah beberapa kali direbus, rasa pahit daun pepaya akan menghilang karena getahnya ikut terbuang.

Satu hal lain yang menjadi konsekuensi cara ini adalah warna daun pepaya yang tambah memudar. Kalau kamu ingin warnaya tetap hijau, bisa ditambah dengan baking powder untuk setiap rebusannya. Sehingga cara memasak ini bisa jadi alternatif jika memang kamu mempunyai waktu luang dan mempunyai bahan-bahannya.

Rekomendasi dari Sajian Sedap – TIPS MEMASAK: DAUN PEPAYA TIDAK PAHIT

TIPS TERKAIT

Cara Memasak Nasi Goreng yang Lezat Untuk Vegetarian

Angga

Cara Buat Nasi Peda Lombok Hijau

Angga

Ini 6 tips membuat makanan berbalut tepung agar lebih krispi, coba yuk

Angga