Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Komputer Software Teknologi

Inilah Cara Menggunakan Power Point untuk Pemula

Inilah Cara Menggunakan Power Point untuk Pemula

Kamu pasti telah melihat banyak presentasi dengan berbagai fitur animasi pada Power Point, namun kamu merupakan pemula yang masih belum mengerti cara menggunakan power point. Meskipun sebagai pemula kamu tentu mengetahui presentasi mana yang terlihat profesional dan yang tidak.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bagaimana presentasi yang baik bahkan terlihat profesional, pertama-tama kamu perlu tahu bagaimana cara menggunakannya. Pada artikel ini, akan dibahas dasar cara menggunakan power point yang perlu kamu ketahui sebagai pemula.

Membuat Berkas Power Point Baru dan Menambahkan Halaman Baru

Cara menggunakan power point, pertama-tama kamu perlu membuka Power Point. Setelah itu, halaman template Power Point pun akan ditampilkan. Pilih template yang kamu inginkan karena template-template tersebut mencakup aspek-aspek seperti skema warna yang dapat dimodifikasi, fon dan tampilan umum.

Jika kamu tidak ingin menggunakan template, klik opsi “Blank” di pojok kiri atas. Selanjutnya, klik Create. Tombol ini berada di pojok kanan bawah jendela. Sementara itu untuk membuat halaman baru, kamu perlu klik tab Insert. Setelah itu, pilih ikon “New Slide”. Selanjutnya, pilih jenis halaman pada menu drop-down. Lalu klik salah satu opsi berikut untuk ditambahkan ke presentasi.

Pilihan tersebut mencakup “Title Slide” (halaman judul), “Title Only” (halaman dengan judul saja), “Title and Content” (halaman judul dan konten), “Section Header” (halaman judul segmen), “Content with Caption” (halaman dengan konten dan keterangannya), “Two Content” (halaman dengan dua konten), “Comparison” (halaman dengan perbandingan konten), “Blank” (halaman kosong) dan “Picture with Caption” (halaman dengan gambar dan keterangannya).

Menambahkan Konten dan Transisi

Untuk menambahkan konten dalam cara menggunakan power point, kamu perlu memilih halaman lalu klik halaman yang ingin disunting. Setelah itu, maka halaman tersebut akan ditampilkan pada jendela presentasi utama yang kamu buat. Carilah kotak teks. Jika kamu memilih halaman yang memiliki kotak teks, maka kamu dapat menambahkan teks ke halaman tersebut. Kemudian, tambahkan teks ke halaman. Klik kotak teks, kemudian ketikkan teks sesuai kebutuhan.

Jika perlu, pilih teks yang ingin kamu ubah dengan klik tab “Home” dan tinjau opsi format teks pada segmen “Font”. Kamu dapat mengubah font teks yang terpilih dengan mengeklik nama font yang digunakan saat ini dan mengeklik fon yang diinginkan. Selain itu, kamu juga dapat mengubah ukuran, warna, menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks atau melakukan perubahan lain pada tahap ini.

Untuk menambahkan foto ke halaman, kamu perlu klik tab “Insert”, kemudian klik “Pictures” pada bilah peralatan dan pilih foto yang diinginkan. Sesuaikan kembali konten halaman. Seperti halnya pada halaman judul, kamu dapat memindahkan konten pada halaman dengan mengeklik dan menyeretnya. Foto tersebut dapat diperbesar atau diperkecil dengan mengeklik dan menyeret salah satu sudutnya ke arah dalam atau luar.

Untuk menambahkan transisi, kamu perlu memilih halaman. Pada kolom kiri jendela Power Point, kamu perlu klik halaman yang ingin disisipi transisi. Klik tab Transitions. Tinjau pilihan transisi yang tersedia lalu pilih transisi yang menurut kamu dapat menjadikan tampilan presentasi kamu lebih menarik.

Menguji dan Menyimpan Presentasi

Untuk meninjau presentasi Power Point yang baru dibuat, setelah kamu selesai menambahkan sisa konten presentasi, kamu perlu memeriksa setiap halaman untuk memastikan tidak ada konten yang belum ditambahkan. Klik tab Slide Show. Lalu, klik From Beginning.

Tinjau tiap-tiap slide yang ada. Kamu dapat membuat perubahan yang diperlukan sebelum beralih ke langkah berikutnya. Setelah kamu selesai menelusuri presentasi kamu, tambahkan detail-detail yang kamu lupakan, hapus konten yang tidak diperlukan dan lakukan perubahan lainnya.

Simpan presentasi Power Point sehingga Presentasi akan disimpan sebagai berkas yang dapat dibuka di komputer Windows yang memiliki program Power Point. Untuk Windows, kamu perlu klik menu “File”, pilih “Save”, klik dua kali “This PC”, pilih lokasi penyimpanan berkas, masukkan nama presentasi dan klik “Save”.

Demikian artikel mengenai penggunaan Power Point untuk pemula. Agar kamu dapat membuat presentasi yang tampak profesional tentu saja diperlukan latihan dan uji coba. Selamat berlatih dan beruji coba. Semoga cara menggunakan power point menginspirasi kamu.

Rekomendasi dari Pakar Tutorial – Tutorial Cara Membuat Presentasi PowerPoint untuk Pemula

TIPS TERKAIT

Nafas Pendek Bukan Halangan untuk Mencoba Tips Olahraga Ini

Angga

Tips Mengembangkan Minat Anak dan Bakatnya

Angga

Cara Membuat Powerpoint yang Menarik untuk Presentasi Bisnis

Angga