Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Lifestyle Love

Ini Dia Tips Menenangkan Pasangan saat Marah

Ini Dia Tips Menenangkan Pasangan saat Marah

Tips menenangkan pasangan saat marah akan membantu hubungan Anda selalu tenang dan terhindar dari kemungkinan bertengkar. Ketika pasangan sedang marah, kita tidak bisa mengatasinya dengan amarah pula karena justru dapat berakibat fatal pada hubungan kita.

Takut saat Pasangan Marah?

Dalam menjalin sebuah hubungan, pasti selalu ada manis maupun pahitnya. Pahitnya pasti pada saat kalian tidak sephaman dan bersinggungan dengan pasangan kalian, hingga membuat pasangan marah. Marahnya pasangan memang hal yang wajar, akan tetapi alangkah baiknya apabila kalian paham bagaimana menghadapi situasi pada saat pasangan marah. Jangan sampai pertengkaran kalian dan pasangan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Menenangkan Pasangan saat Marah

Pasangan yang sedang marah memang membuat kita menjadi bingung, bagaimana cara untuk menenangkan dan membuatnya memaafkan kita. Nah, berikut ini tips menenangkan pasangan saat marah, di antaranya yaitu:

1. Menurunkan emosi

Pasangan yang sedang marah sebaiknya jangan direspon dengan kemarahan pula. Dia pasti akan menjadi makin defensif dan emosi. Ketika dia marah, kalian jangan menjadi emosi dan harus tetap tenang. Dengan begitu, kemarahan pasangan pun akan lebih cepat surut. Apabila intensitas emosi sudah menurun, kalian pasti dapat lebih kooperatif menyelasaikan masalah.

2. Tegas tapi tetap menghargai

Ketika pasangan kalian sedang marah, maka kalian memang harus bisa menenangkan pasangan saat marah dengan tegas menyatakan pikiran dan perasaanmu, akan tetapi ingat, kalian harus tetap dengan menghargai perasaan pasangan. Tunjukkan dengan cara yang baik apabila kalian memang jujur dan terbuka padanya supaya dia juga bersikap demikian padamu.

3. Komunikasi yang membangun

Kemarahan dalam hubungan seringkali muncul dikarenakan perasaan yang tidak didengar dan tidak dianggap serius. Oleh karena itu, biasakanlah untuk mendengarkan dengan sungguh-sungguh hingga dia merasa dipahami sebagai cara menenangkan pasangan saat marah.

Ketika kalian ingin mendengarkan pasangan dengan serius, kalian dapat ikut melihat permasalahan dari perspektifnya. Jangan bersikap judgemental atau malah menghindar, sebaliknya bangun komunikasi lebih baik dengan pasangan kalian dengan memahami pikiran dan perasaannya.

4. Latihlah kesabaran

Satu hal yang harus kalian pahami dalam menenangkan pasangan saat marah, yaitu sebenarnya di dalam diri pasangan juga terdapat perasaan sedih dan takut yang tidak bisa dia tunjukkan. Saat kalian bersikap tenang dan sabar, maka dia pasti akan lebih mudah untuk terbuka dengan padamu dengan cara yang lebih baik.

Jangan biasakan untuk bersikap reaktif dan cepat menyalahkan pasangan. Hal ini melatih kita untuk belajar menahan diri supaya tidak asal bicara ketika pasangan sedang marah-marahnya.

5. Berpikir jauh ke depan

Kalau lagi berdebat atau berantem, janganlah selalu ingin menang sendiri. Tidak semua hal layak untuk diperdebatkan dan dipermasalahkan dalam hubungan kalian. Kalaupun kalian merasa “memenangkan” perdebatan, maka kalian harus berpikir lebih jauh dan dalam mengenai perdebatan itu menguatkan atau malah melemahkan kualitas hubungan kalian. Hal ini akan selalu ada perbedaan opini, preferensi, serta ekspektasi dalam sebuah hubungan, akan tetapi jangan sampai setiap perbedaan malah menjadi bahan perdebatan.

6. Introspeksi diri

Di balik kemarahan pasangan kalian, pasti ada alasan dan sikap kalian yang memancingnya. Kalian harus lebih peka dan sadar terhadap perilaku-perilaku yang akan memancing kemarahan pada pasangan. Introspeksi diri merupakan cara yang konstruktif untuk membuat hubungan dengan pasangan supaya menjadi lebih baik.

7. Membahas masalah setelah tenang

Emosi sering kali mengalahkan kemampuan untuk berpikir dengan logika. Pasalnya, ketika pasangan marah, kalian pun jangan semakin memancingnya dengan perdebatan. Diskusi yang rasional hanya dapat dilakukan saat kalian dan pasangan sudah sama-sama tenang sehingga kalian dapat saling mendengarkan dan saling mengerti. Selalu ingat bahwa, jangan balas kemarahan dengan kemarahan pula. Bahaslah setiap permasalahan pada saat emosi sudah reda dan atmosfer di antara kalian sudah cair atau membaik.

8. Jangan mengontrol

“Kalian dapat menganangkap lebih banyak lalat dengan madu ketimbang cuka”. Hal ini berlaku pula dengan pasanganmu. Janganlah kalian fokus untuk mengatur dan mengubah dia. Namun, berusahalah untuk mempengaruhi dia dengan sikap positifmu. Perlakukanlah pasangan dengan sikap yang baik dan manis supaya hubungan kalian semakin baik dan dekat. Dengan begitu, maka akan lebih mudah bagi kalian dan dia untuk saling memahami pikiran serta perasaan masing-masing deh.

Rekomendasi Mengatasi Kekasih yang Ngambekan dari Mario Teguh – Love & Relationship

Sebagai sepasang kekasih, kita harus saling mengisi. Jadi apabila salah satunya sedang marah, satunya lagi harus menenangkan pasangan saat marah. Maka hubungan pun akan terasa menyenangkan.

TIPS TERKAIT

Ibu Hamil Jangan Takut Puasa! Ini Tips Puasa Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Admin

7 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Yang Wajib Kamu Tahu

Admin

Lima Tips Bagi Ibu Muda yang Sedang Hamil Untuk Jaman Now

Angga