Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Olah Raga

Cuaca Panas? Inilah Tips agar Terhindar Heat Stroke saat Berolahraga

23. Cuaca Panas Inilah Tips Memilih Olahraga agar Terhindar Heat Stroke

Saat berolahraga dalam cuaca yang sedang panas, hal ini bisa menyebabkan terjadinya heat stroke yang jauh lebih cepat dari pada ketika berolahraga dalam suhu yang normal. Masalah ini terjadi saat kondisi suhu tubuh meningkat dengan sangat tinggi. Sehingga, tubuh tidak dapat mengontrol kondisi tersebut. Bahkan, akibatnya bisa mengancam jiwa. Maka dari itulah, dilarang berolahraga secara sembarangan ketika cuaca sedang panas. Karena bisa berbahaya!

Tips Bebas dari Heat Stroke

Heat stroke adalah kondisi yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Hal ini bisa terjadi karena dipicu oleh cuaca yang sedang panas, namun orang tersebut berolahraga secara sembarangan tanpa memperhatikan mana yang aman dan mana yang seharusnya tidak dilakukan, meskipun itu adalah sebuah olahraga. Maka dari itulah, kalian harus lebih pintar sebelum berolahraga ketika cuaca sedang panas. Misalnya saja, dengan memperhatikan ini dulu!

Pahami Batasan Suhu Panas Tubuh

Sebelum kalian mengalami masalah panas suhu yang berlebihan, umumnya tubuh kalian akan mengalami yang namanya heat exhaustion lebih dulu. Ini adalah pertanda bahwa tubuh kalian harus segera didinginkan lebih dulu. Bila hal ini sudah terjadi, sebaiknya jangan berolahraga dulu. Karena bila kalian tetap memaksakan diri, akibatnya bisa berbahaya sekali untuk tubuh kalian. Saat tubuh sedang panas, tekanan darah akan meningkat.

Begitu juga dengna detak jantung yang menjadi lebih cepat. Sehingga, kalian bisa merasa lelah yang sangat luar biasa, hingga kemudian kalian akan pingsan karena masalah ini. Mengingat setiap orang itu tidak dapat merasakan suhu inti dalam tubuhnya yang sudah meningkat tinggi, sehingga kalian harus lebih jeli dalam mengenali gejala awalnya. Misalnya saja dengan melihat dari kulit yang basah dan detak jantung yang kencang.

Tanda-tanda seseorang sedang mengalami gejala akan terjadi heat stroke yang dimulai dari gejala heat exhaustion adalah, kram otot, tubuh yang melemah, denyut nadi yang terasa kencang tapi lemah, merasa mual bahkan bisa muntah, kulit terasa dingin dan berkeringat. Merasa pusing, bahkan terkadang disertai seperti akan mau pingsan, warna urine gelap, dan juga mengalami sakit kepala.

Harus Minum Air yang Cukup sebelum Berolahraga

Olahraga ketika cuaca sedang panas bisa membuat beban olahraga menjadi lebih berat. karena saat itu terjadi, tubuh menjadi cepat panas, tidak hanya dikarenakan oleh beban latihan, namun juga dikarenakan cuaca. Kondisi ini umumnya bisa menguras cadangan mineral dan air dalam tubuh yang harusnya segera diisi lagi. Bila tidak, maka seseorang bisa mengalami masalah heat stroke ini.

Maka dari itulah, sebelum kalian berolahraga hingga kalian sedang berolahraga, kalian harus selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh secara berkala. Bila perlu, minum air putih setiap 20 menit sekali ketika berolahraga. Bila kalian berolahraga selama melebihi dari 2 jam, maka kalian harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh yang mengantung elektrolit natrium, magnesium, dan juga kalium.

Siang Bolong Dilarang Olahraga

Ketika cuaca sedang sangat panas, jangan berolahraga. Sehingga, panas tubuh menjadi stabil ketika berolahraga. Karena panas itu bisa membuat performa kalian bisa lebih lambat. Semakin panas caucanya, hal ini membuat manfaat olahraga yang kalian lakukan menjadi tidak bisa optimal. Bila perlu, cobalah untuk berolahraga sebelum jam 7 pagi atau pada sore hari agar kalian terhindar dari masalah heat stroke.

Gunakan Baju Olahraga yang Pas

Olahraga ketika sedang cuaca panas itu butuh kaos yang berasal dari bahan yang ringan dan longgar. Sehingga, keringat menjadi mudah menguap. Selain itu, gunakan juga pakaian yang berwarna cerah supaya kain ini tidak menyerap panas dengan mudah. gunakan saja pakaian yang berasal dari bahan dry max, cool max, polypropylene dengan pori-pori kecil, dan smart wool.

untuk subtitel : klik stelan -> klik subtitle/cc -> klik terjemahan otomatis -> klik indonesia


Kalian bisa memilih salah satu bahan tersebut agar pakaian tersebut tidak mengunci panas di kulit yang bisa berakibat terjadinya heat stroke. Jangan pernah menutup tubuh menggunakan pakaian yang berlebihan. Saat kalian berolahraga di suhu panas, maka dengan menutup tubuh menggunakan pakaian berlapis ini bisa berakibat masalah peningkatan suhu tubuh semakin meningkat dan menjadi heat stroke.

TIPS TERKAIT

Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Angga

10 Tips Membagi Waktu Kuliah Dan Kerja Bagi Mahasiswa

Angga

5 Tips Sederhana Agar Bisa Fokus Pada Bisnis Yang Anda Jalankan

Angga