Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Gadget Teknologi

Beginilah Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Anda

4g telkomsel

Registrasi ulang kartu prabayar merupakan program baru pemerintah yang mewajibkan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk mendaftarkan ulang kartu perdana yang digunakan sampai pada batas waktu yang telah ditetapkan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menghimbau masyarakat untuk meregistrasi ulang kartu perdananya sejak 31 Oktober 2017 sampai 28 Februari 2018. Jika melewati batas akhir ketentuan, akan dilakukan pemblokiran secara bertahap, mulai dari SMS, panggilan keluar, panggilan masuk, paket data internet, hingga seluruh layanan selular. Untuk menghindari sanksi tersebut, semu kartu perdana wajib diregistrasi ulang, baik dari operator manapun, termasuk Kartu Perdana Telkomsel. Cara registrasi ulang Kartu Telkomsel sangatlah mudah dan hanya melewati beberapa langkah saja. Bagi anda Pengguna Kartu Telkomsel yang belum meregistrasikan ulang kartu prabayar, perlulah anda mengetahui cara registrasi ulang Kartu Telkomsel melalui beberapa langkah berikut ini :

1. Pastikan Jaringan Anda Dalam Keadaan Bagus

Sebelum melakukan registrasi ulang, perlu anda memastikan bahwa jaringan selular dari kartu perdana anda dalam keadaan lancar. Hal ini bermanfaat agar proses pengiriman pesan registrasi ulang lewat SMS tidak mengalami pending atau hambatan lainnya.

2. Siapkan Kartu Keluarga Anda

Berdasarkan Peraturan Menkominfo No. 12 Tahun 2016, diwajibkan bagi seluruh pelanggan untuk meregistrasi ulang kartu prabayar dengan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) beserta Nomor Kartu Keluarga (Nomor KK). Masing-masing NIK dan KK terdiri dari 16 digit angka. Data NIK juga tercatat pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Maka dari itu, perlu anda membuka kembali Kartu Keluarga anda untuk melihat No. KK dan NIK yang akan diketik dalam format registrasi ulang Kartu Telkomsel.

3. Masukkan NIK Dan No. KK Dalam Format Registrasi Ulang

Dalam melakukan registrasi ulang, perlu anda mengetik format registrasi ulang lewat SMS ke 4444. Format registrasi ulang untuk Kartu Telkomsel terdiri dari 2 jenis, yakni format registrasi ulang untuk kartu lama dan untuk kartu baru.

  • Untuk kartu lama, formatnya adalah ULANG(spasi)NIK#Nomor KK# Kirim ke 4444. Contoh : ULANG 1234567890123456#3201060411300279#
  • Untuk kartu baru, formatnya adalah REG(spasi)NIK#Nomor KK# Kirim ke 4444. Contoh : REG 1234567890123456#3201060411300279#

Cara registrasi ulang Kartu Telkomsel mengikuti format diatas. Tinggal anda melihat apakah kartu perdana anda adalah kartu perdana lama atau yang baru. Selanjutnya masukkan NIK dan No. KK anda dalam kolom SMS secara teliti.

4. Cek Kembali Format Registrasi Ulang, Kemudian Kirim

Sebelum mengirim format yang telah diedit tersebut, perlu anda memastikan kembali apakah digit angka dari NIK dan No. KK yang telah dimasukkan sudah benar atau belum. Jika format NIK atau No. KK anda salah, dapat dipastikan akan ada pemberitahuan dari pihak operator bahwa transaksi anda belum berhasil. Setelah anda yakin bahwa format tersebut benar, segera kirim ke 4444. Selanjutnya tinggal menunggu balasan SMS dari pihak operator.

5. Menunggu Konfirmasi Dari Pihak Operator

Dalam menunggu konfirmasi dari pihak operator seluler, anda perlu bersabar. Balasan SMS yang masuk akan muncul beberapa menit setelah anda mengirimkan format registrasi ulang. Jika muncul balasan “Maaf, format anda salah”, atau “Maaf, data NO_KK yang anda masukkan salah”, berarti anda perlu mengedit kembali format yang telah anda kirim. Hal ini mungkin terjadi karena sedikit kesalahan pengetikkan. Tapi tidak apa-apa, anda hanya perlu mengirimkan ulang format yang telah anda edit kembali.

Sedangkan balasan SMS ketika berhasil registrasi adalah “Terimakasih nomor Anda  telah BERHASIL diregistrasi ulang”. Dengan ini, No. NIK dan KK anda telah terdaftar di sistem operator seluler. Selanjutnya anda dapat menikmati layanan dengan bebas seperti biasa.

6. Cek Layanan Selular Setelah Berhasil Registrasi Ulang

Setelah sukses meregistrasikan Kartu Telkomsel anda, berarti kartu perdana anda telah aman dan terhindar dari sanksi Peraturan Menkominfo. Selanjutnya cek kembali apakah layanan selular dapat difungsikan dengan baik seperti semula.

Selain mewajibkan suatu peraturan, Pihak Kominfo juga memberikan hadiah layanan selular yang cukup besar. Pihak Telkomsel memberi bonus bagi pelanggan yang telah berhasil registrasi ulang dengan kuota data internet sebesar 10 GB, 75 SMS ke semua operator, dan 150 menit untuk telepon. Masa berlaku bonus ini adalah 3 hari lamanya.

7. Konsultasikan Kepada Pihak Counter HP Terdekat Jika Masih Mengalami Kendala

Bila sudah muncul pesan bahwa anda telah berhasil registrasi ulang, namun layanan selular belum muncul, anda dapat mengkonsultasikannya pada Counter HP terdekat. Jangan khawatir, kendala dalam registrasi ulang dapat teratasi dengan baik karena tentu Pihak Counter HP sangat berpengalaman dalam hal itu.

Kira-kira seperti itu cara registrasi ulang kartu telkomsel yang bisa anda coba. Sangat mudah sekali dalam mengaplikasikannya, anda tinggal mengikuti langkah-langkah maka registrasi kartu perdana anda siap dan bisa untuk digunakan.

TIPS TERKAIT

Tips Bermain Free Fire Agar Bisa Menang

Admin

7 Cara Foto Bokeh Dengan HP Yang Perlu Dicoba

Admin

Ingin Akun Instagrammu Banyak Follower? Ini Dia 7 Tips Banyak Follower Instagram Yang Jitu

Admin