Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Properti

Ingin Berinvestasi Properti? Ini Dia 7 Cara Menghitung Nilai Properti

Ingin Berinvestasi Properti? Ini Dia 7 Cara Menghitung Nilai Properti

Bagi kamu yang ingin berinvestasi maka kamu dapat berinvestasi properti. Dalam bidang properti sangat menjanjikan penghasilan yang diperolehnya, lho. Namun, kamu juga harus paham terkait nilai properti yang akan kamu jadikan investasi. Tingkat kapitalisasi menjadi indikator yang paling sering digunakan dalam penjualan dan pembelian properti. Kamu juga dapat menggunakan tingkat kapitalisasi ini untuk menetapkan harga pembelian properti. Sedangkan pihak penilai dapat menggunakannya untuk menentukan nilai pasar. Ada berbagai jenis properti seperti lahan kosong, rumah sewa, ruko, toko, apartemen, ruang perkantoran dan condotel. Maka dari itu kamu harus paham mengenai cara menghitung nilai properti, diantaranya :

1. Properti Lahan Kosong

Bagi kamu yang ingin berinvestasi di bagian properti lahan kosong/ tanah kosong juga sangat bagus, lho. lahan kosong ini mempunyai kelebihan akan kenaikan capital gain yang tinggi dan memiliki nilai tambah. Kenaikan capital gain untuk lahan kosong bisa mencapai 100 hingga 200% jika berada didaerah yang akses dan infrastrukturnya yang terus berkembang. Selain itu juga perawatan lahan kosong minim biaya dan bisa dijadikan bisnis, lho. Untuk itu kamu tidak perlu ragu untuk bisnis di properti lahan kosong. Tingkat kapitalisasi lahan kosong berkisar 0,5% – 2%. Kamu bisa dengan mudah cara menghitung nilai properti dengan mengkalikan tingkat kapitalisasinya.

2. Rumah Sewa

Properti rumah sewa sangat menguntungkan, lho. Rumah sewa mempunyai tingkat permintaan yang tinggi terutama di kawasan yang tengah berkembang. Selain itu juga capital gain dapat diperoleh hingga jangka panjang sekitar lebih dari 5 tahun, lho. Tingkat kapitalisasi rumah sewa yaitu 3% -5% yang juga lebih tinggi dari lahan kosong. Bagi kamu yang ingin menghitung harga sewa rumah contohnya, sebuah rumah dengan seharga Rp 7 miliar dengan tingkat kapitalisasi 3% – 5%. Maka harga sewanya yaitu 3% x Rp 7 miliar= Rp 210juta/tahun. Bila keadaan ekonomi stabil maka harga sewa rumah juga bisa naik menjadi 10% – 15% dari harga semula.

3. Ruko Dan Rukan

Keuntungan kamu berinvestasi ruko yaitu harga yang selalu meningkat dan lokasi dengan trafik pengunjung. Jual beli ruko ini sangat menguntungkan, lho. Harga yang meningkat dapat memberikan keuntungan 20-39% dari harga beli awal. Tentunya lebih besar dari ruko yang disewakan. Cara menghitung nilai properti ruko yaitu contohnya sebuah ruko seharga 1,5 miliar dengan tingkat kapitalisasi 6% – 9%. Maka harga sewanya yaitu 7% x Rp 1,5 miliar= 105 juta/tahun.6% -9%.

4. Kios Dan Toko

Kios maupun toko merupakan demand yang sangat tinggi apalagi di kawasan perdagangan. Selain itu, capital gain diperoleh dalam jangka panjang. Semakin ramai kawasan kios ataupun toko kamu makan nilai capital gain semakin tinggi pula. Tingkat kapitalisasi kios dan toko yaitu 5% – 10%.

5. Apartemen Dan Kondominium

Apartemen mempunyai jangka waktu sewa menengah misalnya bagi mereka yang menyewa untuk aktifitas sehari-hari seperti kerja. Menyewa apartemen menjadi solusi agar lokasi dekat dengan tempat kerja sehingga masa sewa bersifat menengah sekitar dua sampai 3 tahun. Untuk menghitung nilai sewa apartemen yaitu dengan mengkalikan tingkat kapitalisasinya 7% – 12%. Sebuah apartemen seharga Rp 700 juta dengan tingkat kapitalisasi 7% – 12% . Maka harga sewanya yaitu 12%  x Rp 700 juta= 84 juta/tahun.

6. Unit Ruang Perkantoran

Jenis properti ini memang masih jarang yang melakukannya. Namun, sebenarnya jika kamu melakukan investasi ini sangat menguntungkan sekali, lho. Yield yang diterapkan biasanya sekitar 7% – 10% per tahun. Cara menghitung nilai properti ruang perkantoran ini yaitu dengan mengkalikan harga dengan yield. Dengan begitu akan diperoleh nilai sewa dari ruang perkantoran kamu. segala bentuk investasi yang ingin kamu lakukan harus mempertimbangkan dengan baik, ya. Agar kamu tidak mengalami kerugian dari hasil kamu melakukan investasi. Pilihlah investasi properti yang sudah kamu benar-benar memahaminya.

7. Condotel Atau Villatel

Condotel hampir sama dengan apartemen. Namun, condotel ini terdapat manajemen yang membuat unit condotel dapat disewakan seperti halnya sistem hotel. Untuk tingkat kapitalisasinya sama dengan apartemen yaitu 7%- 12%. Jika kamu ingin tahu cara menghitung nilai properti dari condotel ini dengan mengkalikan harganya, ya. maka akan diperoleh nilai sewa dari properti condotel. Biasanya orang yang melakukan bisnis condotel ini terletak didaerah wisata seperti bali yang sangat banyak pengunjung lokal maupun luar negeri.

TIPS TERKAIT

7 Cara Membeli Rumah Dengan KPR Untuk Pasangan Baru

Admin

Ingin Tahu Berapa Harga Tanah Kosong? Ini Dia Cara Menghitung Harga Tanah Kosong

Admin

9 Syarat KPR Rumah Subsidi Penting Untuk Diketahui

Admin