Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Properti

Ingin Tahu Berapa Harga Tanah Kosong? Ini Dia Cara Menghitung Harga Tanah Kosong

cara menghitung harga tanah kosong

Menjual ataupun membeli tanah kosong menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang sudah merencanakan bisnis. Ketika kamu sudah mempunyai gambaran bisnis yang akan kamu kembangkan maka harus disesuaikan dengan tanah tersebut. Maka dari itu kamu harus mengetahui secara detail tanah kosong yang akan kamu miliki untuk mendirikan bisnis. Jangan sampai kamu rugi ketika membeli tanah kosong tersebut, lho. Periksa kelengkapan dokumen seperti surat perjanjian jual beli, PBB, sertifikat dan lain sebagainya. Selain itu juga kamu harus memahami perhitungan tanah kosong dengan baik. Yuk, simak beberapa cara menghitung harga tanah kosong sebagai berikut:

1. Luas Tanah

Langkah yang paling awal untuk mengetahui harga tanah kosong yaitu dengan menghitung luas tanah terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan mudah menghitung harga jual agak tidak terlalu mahal maupun tidak terlalu murah. Luas tanah yang kamu beli pastinya akan sesuai dengan ukuran pada saat orang menjual kepadamu. Penyusutan tanah sering kali tidak ditemukan. Maka dari itu banyak orang yang senang berinvestasi di tanah. Karena keuntungannya memang sangat besar, lho. untuk menghitung luas tanah yaitu contohnya yaitu kamu mempunyai tanah tipe 36/60. Maka luas tanahnya yaitu= 6 meter x 10 meter= 60 meter.

2. Luas Bangunan

Cara menghitung harga tanah kosong selanjutnya yaitu kamu harus menghitung luas bangunan terlebih dahulu, ya. Misalnya kamu mempunyai tanah tipe 36/60. Maka luas bangunannya yaitu 6 meter x 6 meter= 36 meter persegi. Luas bangunan sangat penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu. Dengan begitu kamu sudah dapat menaksir harga jual yang tepat untuk tanah kosong tersebut. Perkiraan harga jual tentunya melebihi harga beli pada saat kamu membeli tanah tersebut. Karena harga tanah tentunya semakin meningkat setiap tahunnya.

3. Menghitung NJOP

NJOP yaitu taksiran nilai harga yang kemudian dihitung berdasarkan luas dan zona dari tanah kosong tersebut. Contohnya, Ibu sulis ingin membeli tanah kosong yang berukuran 50 meter persegi denngan harga Rp 100 juta. Pemerintah menaksir NJOP tanah sebesar Rp 1juta. Sedangkan NJOP bangunan sebesar Rp 1juta. Maka perhitungannya yaitu NJOP tanah= 50 x Rp 1juta= Rp 50juta. NJOP bangunan= 50x Rp 1juta= Rp 50juta. NJOTKP= 10% dari NJOP bangunan=Rp 5juta. NJOP untuk PBB= NJOP tanah dan bangunan – NJOTKP= Rp100juta – Rp 5juta= Rp 95juta.

4.  Menghitung Pajak Bumi Dan Bangunan

Pajak bumi dan bangunan perlu kita ketahui karena tanah kosong yang nantinya akan menjadi milik kita berada di wilayah indonesia. Bagi kamu yang masih bingung untuk menghitung PBB maka tidak perlu khawatir. Kita dapat mengetahui cara PBB dengan contoh bapak herman ingin membeli tanah kosong di wilayah Tangerang. Ukurannya 50 meter persegi dengan harga Rp 100.000.000,00. Maka untuk menghitung PBB dengan cara NJKP(nilai jual kena pajak)= 20% x Rp 95 juta = Rp 19 juta. Lalu PBB= 50% x NJKP (Rp 19 juta) = Rp 95.000,00.

5. Menghitung BPHTB

Bea perolehan hak atas tanah dan bangunan merupakan pajak yang nantinya akan dikenakan bagi pembeli maupun penjual. Untuk menghitung BPHTB yaitu dengan cara 5% x NJOP-NJOP wilayah terkait. Kamu sangat perlu menghitung BPHTB agar bisa mempertimbangkan untuk pengeluaranmu kedepannya jika membeli tanah tersebut.

6. Menghitung Harga Tanah

Bagi kamu yang akan membeli maupun menjual tanah kosong juga harus mengetahui harga tanah didaerah sekitar, ya. Harga tanah secara umum dapat dihitung dengan cara mengkalikan luas tanah dengan harga tanah yang ditetapkan di daerah yang akan kamu beli tanahnya. Contohnya jika luas tanah 60 meter persegi dan harga tanah Rp 1.000.000 per meter persegi. Maka total harga tanah adalah sebesar Rp 60.000.000,00.

7. Menghitung Harga Bangunan

Cara menghitung harga tanah kosong yang berikutnya yaitu dengan memantau harga bangunan yang akan kita beli maupun jual. Biasanya masing-masing daerah akan menetapkan tarif harga yang berbeda-beda. Letak tanah juga mempengaruhi harga jual. Jika tanah kosong tersebut berada di dekat keramaian dan strategis dengan jalan raya makan NJOPnya akan tinggi. Jika NJOP tinggi maka nilai harga jual tanah kosong tersebut juga tinggi. Untuk menghitung harga bangunan contohnya luas bangunan adalah 36 meter persegi dan harga bangunan adalah Rp 2.000.000. Maka total harga bangunan adalah sebesar Rp 72.000.000.

Rekomendasi dari Legal Akses – Tips Hukum: Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Tanah dan Bangunan

TIPS TERKAIT

9 Syarat KPR Rumah Subsidi Penting Untuk Diketahui

Angga

Tips Sukses menjadi Broker Properti Modal Dengkul

Angga

Tips Memilih Apartemen Sebelum Menyesal, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Angga