Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Gadget Teknologi

Cara Menghentikan Penyadapan pada Ponsel Anda

Cara Menghentikan Penyadapan pada Ponsel Anda

Apakah yang harus dilakukan untuk menghindari penyadapan di kemudian hari? Untuk itu, kami coba lakukan beberapa riset dari berbagai sumber. Kesimpulannya, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan untuk menghindari atau menghentikan penyadapan yang sudah terjadi, yaitu:

Mematikan ponsel secara berkala

Anda bisa memilih waktu untuk mematikan ponsel Anda. Misalnya ketika sedang berkendara, meeting, atau pada waktu tidur Anda. Hal ini berguna untuk mencegah sistem penyadapan merekam kegiatan ponsel secara terus-menerus. Selain itu, biasanya sistem penyadapan akan terganggu kinerjanya apabila objek yang disadap dalam keadaan mati.

Meng-install apliaksi

Jangan sembarang meng-install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal

Kadang kita suka iseng untuk mencoba aplikasi baru. Tetapi, pastikanlah agar Anda tetap mengunduhnya dari sumber yang terpercaya, seperti Google Play Store.

Hindari mengangkat telepon tak dikenal

Hindari mengangkat telepon dari sumber yang tidak diketahui, seperti Unknown atau Private Number tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila ada orang penting yang ingin menelepon Anda dengan Private Number, biasanya asisten orang tersebut akan menghubungi Anda terlebih dahulu untuk menginformasikan bakal ada Private Number yang akan menelepon anda.

Mematikan bluetooth

Mematikan fungsi bluetooth, atau hanya menyalakan fungsi bluetooth dan melakukan koneksi dengan device yang terpercaya. Koneksi bluetooth merupakan koneksi yang rentan di-hack, apalagi sistem bluetooth lama yang belum memiliki fungsi pair.

Menghubungi provider

Apabila Anda merasa ponsel Anda disadap, Anda bisa meminta bantuan provider Anda untuk mengetahui apakah posnel Anda memang benar-benar disadap. Saat ini, provider sudah memiliki program untuk mendeteksi apakah sebuah ponsel disadap atau tidak. Bagi pelanggan pasca bayar, Anda juga bisa meminta provider untuk menghapus histori SMS dan pembicaraan Anda.

Gunakan aplikasi anti sadap

Bagi Anda pemakai Android, ada banyak pilihan aplikasi anti sadap. Ketik “anti hacking app” pada fitur search di Google Play Store. Sebelum memilih aplikasi, ada baiknya bagi Anda untuk membaca review atas masing-masing aplikasi terlebih dahulu. Jangan hanya melihat rating, tapi perhatikan jumlah pemakainya pula. Karena, aplikasi baru yang memiliki satu review dengan 4 bintang juga akan mendapat rating tinggi.

Root ulang

Apabila penyadapan di ponsel Anda sudah termasuk tingkat akut, satu-satunya cara adalah melakukan rooting ulang atau wipe pada ponsel. Dengan demikian, ponsel Anda akan kembali seperti awal ketika Anda beli. Artinya, aplikasi lain di samping aplikasi standar ponsel akan hilang juga. Repotnya, Anda harus menghafal/mencatat password, juga men-download dan meng-install ulang semua aplikasi lain, yang sebelumnya ada di ponsel.

Solusi menghindari penyadapan bukanlah dengan mengganti nomor, mengganti handphone, mengganti IMEI, atau memakai telepon jadul/feature phone. Satu-satunya cara untuk saat ini adalah dengan teknologi enkripsi dan kriptografi. Dengan melakukan beberapa poin di atas, Anda paling tidak telah meminimalkan kemungkinan disadapnya ponsel Anda oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sumber : jurnalapps.co.id

TIPS TERKAIT

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas Pada Sistem Android Jaman Sekarang

Admin

Inilah Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu Dan Dibodohi Oleh Penjual

Admin

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu Dan Menyesal Di kemudian Hari

Admin