Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Gadget Teknologi

7 Cara Mengatasi Android Bootloop Dengan Mudah

7 Cara Mengatasi Android Bootloop Dengan Mudah

Fitur layanan Android sangatlah lengkap dan kompleks. Dengan berbagai fitur yang beragam, kita dapat menikmati dengan puas layanan yang disediakan oleh smartphone ini. Pastinya kita mengharapkan bahwa fasilitas-fasilitas yang dihadirkan oleh smartphone tersebut dapat berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya. Namun apa yang terjadi ketika anda merestart Handphone, tiba-tiba hanya muncul sebuah logo merek Handphone yang digunakan pada layar kaca anda? Bahkan tampilan menu tidak muncul-muncul setelah lama anda nanti-nantikan. Kondisi inilah yang dinamakan Bootloop. Tentu kondisi Bootloop ini membuat anda kesal. Apalagi ketika anda mau membalas chat penting dari seseorang, namun tampilan menu belum muncul-muncul juga. Tapi tenang, dalam kondisi seperti ini, anda dapat menemukan cara mengatasi Android Bootloop dengan mudah. Cara-cara yang mudah berikut ini dapat membantu anda jika suatu saat Android anda terserang Bootloop lagi. Berikut dijelaskan mengenai 5 cara mengatasi Android Bootloop dengan mudah :

1. Restart Handphone Dan Cabut Baterai

Cara ini dapat dilakukan ketika android anda terserang Light Bootloop. Kondisi ini dapat terjadi ketika sebelumnya anda mengutak-atik sistem utama dengan tanpa menggunakan Recovery Mode. Kondisi Bootloop ini hanya sementara dengan efek seperti blank screen, berwarna hitam saja, atau wallpaper utama tanpa tampilan menu. Untuk mengatasinya, anda hanya perlu merestart kembali HP anda. Jika tampilan menu belum nampak seperti semula, silahkan matikan lagi dan cabut baterainya, setelah itu nyalakan kembali. Ini adalah cara mengatasi Android Bootloop yang pertama dengan kondisi tersebut.

2. Backup Data Recovery

Bila sebelumnya, anda mengutak-atik fitur-fitur vital android dan masuk ke sistem recovery, kemudian HP mengalami Bootloop setelah direstart ulang, anda dapat memakai cara ini. Kondisi seperti ini dinamakan Medium Bootloop. Selain disebabkan otak-atik fitur yang rentan, bootloop medium juga disebabkan karena anda menginstall script atau aplikasi yang tidak jelas sumber dan authornya.

Backup Data Recovery adalah sarana untuk membackup data, berupa file recovery image dan recovery CWM. Langkah ini dapat dilakukan jika sebelumnya anda pernah mem-backup data ROM dalam HP anda. Jika belum pernah membackupnya, anda dapat mendownload data recovery tertentu yang khusus bagi tipe smartphone tersebut.

3. Flashing ROM

Cara mengatasi Android Bootloop lainnya secara cepat adalah dengan Flashing ROM. Namun kerugian yang anda dapatkan cukuplah besar. Karena seluruh data atau file-file pribadi, seperti foto, video, musik, atau aplikasi-aplikasi lain yang disimpan di memori telepon akan hilang semua. Flashing ROM adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan ketika sistem Android anda rusak berat. Salah satu contoh kerusakan yang berat adalah HP anda mengalami Hard Bootloop.

Hard Bootloop dapat disebabkan karena kita mengganti Stock ROM asal dengan Stock ROM lain yang berbeda, tidak sengaja menghapus file vital Android, atau terserang virus kuat yang mampu merusak file sistem terpenting. Dengan melakukan Flashing ROM, berarti anda menginstal ulang seluruh komponen software (perangkat lunak) Android seperti keadaan semula ketika HP masih baru dan belum keluar dari segelnya. Otomatis HP dapat kembali berjalan dengan lancar seperti baru saja dibeli.

4. Factory Reset

Factory Reset merupakan cara menangani Bootloop dengan mengganti sistem perangkat lunak Android kembali ke pengaturan pabrik. Hal ini biasa dilakukan jika Android mengalami Hardloop juga. Lalu, bagaimana caranya sedangkan ponsel dalam keadaan gagal booting? Solusinya adalah masuk pada recovery mode. Setiap jenis ponsel memiliki cara masuk secara manual dengan ketentuan tombol yang berbeda-beda.

5. Custom ROM

Hampir sama dengan flashing ROM dan factory reset. Perbedaannya adalah anda menginstal sebuah ROM yang telah dikustom (dimodifikasi) terlebih dahulu. Cara dan tampilan Custom ROM lebih lanjut dapat anda lihat di Youtube atau Penelusuran Web.

6. Wipe Cache

Cara ini merupakan cara pendukung untuk menjaga agar Android tidak Bootloop untuk kedua kalinya. Dengan melakukan Wipe Cache, file-file cache dari aplikasi yang telah dijalankan akan dibersihkan seluruhnya. Jangan khawatir, wiping cache tidak mengubah atau bahkan menghapus file penting anda sedikitpun. Yang dihapus hanyalah file-file cache yang dapat menghambat pengoperasian sistem/aplikasi android. Setelah bootloop berhasil diatasi, kemudian dilakukan wipe cache secara berkala untuk mencegah ponsel terkena bootloop lagi karena sistem operasi yang berjalan dengan lambat.

7. Konsultasikan Pada Pihak Service Center HP

Jika cara-cara diatas kurang memuaskan bagi anda, dapat mengunjungi Tempat Service Center HP secara langsung. Temuilah pihak service center dan konsultasikan keluhan anda mengenai bootloop yang sedang terjadi pada HP anda. Pihak service center tentu memiliki solusi yang bagus untuk mengatasi bootloop yang sedang terjadi pada HP anda.

TIPS TERKAIT

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Gadget Panas

Admin

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu Dan Menyesal Di kemudian Hari

Admin

7 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Yang Populer

Admin