Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Komputer Software Teknologi

Cara Membuat Powerpoint yang Menarik untuk Presentasi Bisnis

Cara Membuat Powerpoint yang Menarik untuk Presentasi Bisnis

Cara membuat powerpoint yang menarik untuk presentasi bisnis memang gampang-gampang susah. Kamu harus memikirkan betul mana yang penting untuk ditampilkan dan mana yang tidak terlalu penting untuk ditampilkan. Karena pada dasarnya apa yang dicantumkan dalam slide powerpoint haruslah indah, sederhana dan mudah dipahami.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar presentasi bisnis kamu terlihat lebih menarik. Salah satunya dengan menggunakan teknik KWICK, yaitu teknik untuk mengubah slide dari yang awalanya overload teks menjadi slide visual yang menarik dan lebih efektif. Simak ulasan berikut ini.

Membuat Powerpoint dengan Teknik KWICK

Cara membuat powerpoint yang menarik dengan berbagai teknik bisa dilakukan, termasuk teknik KWICK. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus perhatikan mengenai teknik yang satu ini:

  1. K-Key Point

Pertama, kamu harus menentukan informasi utama yang akan dicantumkan di dalam slide. Sebaiknya dalam satu slide hanya mewakili satu informasi utama.

  1. W-Word

Setelah menentukan informasi utama yang akan disampaikan, maka berikutnya buatlah suatu judul untuk setiap slide powerpoint. Nama judul tersebut haruslah yang mewakili informasi utama kamu. Jadi, bukan sembarangan judul.

  1. I-In Context

Tahap ketiga yang perlu dilakukan adalah memilih tampilan visual yang cocok dengan konteks yang akan disampaikan. Contohnya, jika kamu akan membahas tentang perbandingan harga maka kamu bisa menggunakan tabel. Jika kamu akan membahas fluktuasi laba, kamu bisa juga mencantumkan grafik.

Selain itu, dalam slide powerpoint bisa juga didukung dengan menggunakan gambar tertentu, misalnya saja jika kamu bergerak dibidang bisnis tekstil bisa menggunakan gambar kain. Apabila bisnis kamu bergerak dibidang kecantikan, bisa menampilkan foto produk-produk kecantikan maupun foto para model.

  1. C-Crystal Clear

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa slide buatan kamu sudah cukup jelas dan mudah dimengerti. Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan memberi tanda khusus atau penekanan pada kata kunci informasi utama, misalnya saja dengan memberi warna yang berbeda, bold mupun callout agar audiens bisa diarahkan pada informasi utama tersebut.

  1. K-Keep Focus

Setelah semua tahapan membuat slide powerpoint di atas sudah dilakukan, hal terpenting lain yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa audiens tetap fokus mendengarkan dan menyimak informasi yang kamu sampaikan. Karena jika tidak, kerja keras kamu akan terasa sia-sia. Maka dari itu, informasi yang kamu berikan pun harus logis. Hindari untuk menumpuk terlalu banyak informasi dalam powerpoint karena akan rawan menimbulkan kebingungan bagi yang melihatnya.

Cara Membuat Powerpoint Lebih Menarik

Cara membuat powerpoint yang menarik untuk bisnis anda dapat dilakukan dengan beberapa langkah dengan memilih tema, menggunakan icon dibanding bullet point dan berkreasi dengan timeline, seperti ini penjelasannya:

  1. Pilih tema

Setiap powerpoint telah memiliki tema bawaan (template) atau kamu juga bisa mencari dari beberapa sumber lainnya. Sebaiknya pilihlah tema yang simpel namun tetap elegan. Pengaturan tema yang perlu diperhatikan meliputi desain, jenis huruf dan warna.

  1. Menggunakan icon dibanding bullet point

Dalam beberapa slide kamu, mungkin ada informsi yang memuat poin-poin informasi. Akan lebih menarik jika kamu menggunakan icon saja dibanding hanya sekedar menggunakan bullet point.

  1. Berkreasi dengan timeline

Informasi yang berkaitan dengan list seperti timeline perusahaan bisnis biasanya juga perlu disampaikan. Hal-hal seperti itu bisa dikreasikan dengan menggunakan menu smartArt yang ada pada powerpoint.

Hal-hal yang Harus Dihindari ketika Presentasi

Setelah mengetahui cara membuat powerpoint yang menarik, disamping itu ada beberapa hal yang harus kamu hindari ketika hendak membuat presentasi yang menarik dari powerpoint, antara lain:

  1. Hindari penggunaan tema built-in powerpoint

Tema built-in powerpoint sudah terlalu sering digunakan, jadi tidak akan memberikan kesan yang istimewa pada powerpointmu.

  1. Hindari membuat slide tampak berantakan

Penataan konten dalam slide yang terlalu mengacak dan sering bergonta-ganti posisis dapat menggganggu fokus para audiens.

  1. Hindari penggunaa animasi secara berlebihan

Penggunaan animasi yang berlebihan juga dapat mengganggu konsentrasi audiens, sehingga perhatiannya mudah teralih ketika kamu melakukan presentasi.

  1. Hindari untuk membaca langsung dari slide powerpoint

Slide powerpoint digunakan hanya sebagai pendukung dari informasi yang kamu sampaikan secara lisan. Maka jika terpaku pada powerpoint, penjelasan kamu akan terasa membosankan.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar presentasi bisnismu semakin sukses. Selain itu ada banyak hal bisa dikreasikan  untuk  membuat powerpoint agar terlihat menarik. Itulah informasi mengenai cara membuat powerpoint yang menarik, semoga bermanfaat.

Rekomendasi dari Pakar Tutorial – Cara Membuat Slide Isi Presentasi PowerPoint yang Cantik Menawan

TIPS TERKAIT

Tips Memilih Kamera CCTV yang Sesuai dan Berkualitas

Angga

Cara Membuat Animasi Bergerak Power Point untuk Menarik Audiens

Angga

5 Tips Sederhana Agar Bisa Fokus Pada Bisnis Yang Anda Jalankan

Angga