Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi

Cara Membuat Laporan Magang yang Benar dan Lengkap

Cara Membuat Laporan Magang Yang Benar dan Lengkap

Mahasiswa yang mungkin sedang melakukan program magang di kantor atau instansi mana saja, pasti ingin tau cara membuat laporan magang. Karena, apabila peserta magang memang utusan dari kampus atau universitas secara resmi, pasti akan keluar dari instansi secara resmi pula. Ada beberapa instansi yang memang mensyaratkan mahasiswanya untuk membuat laporan magang yang bagus. Maka, untuk kamu yang akan segera menyusun laporang magang, jangan sia-siakan waktu yang tersisa.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menyusun Laporan Magang

Untuk cara membuat laporan magang, ada banyak kalangan yang mengatakan bahwa laporan ini sama dengan makalah. Memang benar, secara format dan penulisan memang hampir sama namun ada beberapa poin yang memang sangat berbeda. Laporan PKL ini nantinya disusun berdasarkan format kampus atau instansi terkait. Ada beberapa instansi yang mengharuskan kamu membuat laporan magang sesuai dengan format dari mereka namun ada yang tidak.

Itu poin utama yang penting untuk diperhatikan, baru setelah kamu harus menyesuaikan dengan kaidah ilmiah. Seperti font, huruf, ukuran halama, hingga maksimal halaman yang harus dibuat per babnya. Laporan magang ini juga harus dimasukkan beberapa kaidah ilmiah di dalamnya seperti sumber referensi untuk bab II. Untuk paparan lebih jelas, nantinya akan dipaparkan pada bahasan selanjutnya di artikel ini.

Struktur yang Harus Tesedia dalam Laporan Magang (PKL)

Jangan sampai bingung membedakan mana laporan magang dengan makalah, berikut ini beberapa hal yang harus disampaikan pada cara membuat laporan magang.

  1. Sama seperti format penulisan karya ilmiah lain, laporan magang juga terdiri dari cover memuat informasi penulis dan instansi yang menerima laporan.
  2. Lembar pengesahan. Untuk format ini pastinya berbeda dengan makalah karena kamu harus mendapatkan tanda tangan pihak terkait.
  3. Kata pengantar. Dalam kata pengantar ini isinya sama dengan makalah dimana kamu mengucapkan kata terima kasih dan juga poin lainnya.
  4. Daftar Isi. Berisi poin-poin yang akan kamu bahas di dalam laporan magang nantinya, sertakan titik-titik dan menjelaskan halaman berapa.
  5. Bab I. Pada bab I ini ada beberapa poin yang harus kamu sampaikan seperti maksud dan tujuan penulisan, metode pengumpulan data, dan poin lain. Kamu bisa ikut format contoh penulisan laporan magang mahasiswa sebelumnya.
  6. Bab II. Pada bab ini lebih dibahas berupa teori, sejara dari instansi tempat kamu magang, dan struktur organisasi. Jelaskan secara rinci, minta informasi yang lengkap pada instansi tempat kamu magang.
  7. Bab III. Sampailah pada pembahasan yang berupa hasil kegiatan, hingga kegiatan apa saja yang kamu lakukan saat magang.
  8. Jika ada kegiatan yang memang sangat berkesan dan bagus sekali untuk peningkatan soft dan hard skill kamu, jangan lupa dimasukkan.
  9. Bab IV. Penutup yang harus kamu jelaskan kesimpulan dan saran dari semua kegiatan yang sudah dituliskan di bab sebelumnya.
  10. Baru kemudian sampai pada bahasan daftar pustaka dan lampiran. Pada lampiran ini lebih baik berisi penjelasan rinci mengenai kegiatan magang yang dilakukan setiap jamnya.

Dengan memperhatikan poin yang harus dijelaskan pada langkah membuat laporan magang di atas, akan menjamin laporan kamu bagus. Jangan lupakan juga struktur dan tata cara penulisan agar dianggap ilmiah.

Tips Membuat Laporan Magang yang Benar

Jawaban atas pertanyaan ini sebagian besarnya sudah terjawab pada bahasan sebelumnya. Namun, disini akan coba dijelaskan lebih rinci poin apa saja yang akan memberikan pengaruh pada laporan magang kamu. Hal yang paling penting dan mendasar, kamu harus menanyakan pada instansi apakah mereka memberikan format laporan magang? Jika memang iya, maka buat sesuai dengan format yang ditentukan.

Jika tidak, kamu langsung melapor ke universitas apakah mereka menyediakan format khusus atau tidak. Karena, biasanya kampus mengharuskan kamu membuat laporan magang sesuai dengan format yang memang disediakan. Dalam membuat laporan magang, jangan lupa untuk membuat daftar isi yang rapi dan juga ikuti format penulisan yang benar. Selain itu, perpaduan bahasa baku dan juga tambahkan sumber dari berbagai macam referensi membuat laporan magang kamu lebih bagus.

Itulah beberapa cara mudah membuat laporan magang yang bisa kamu aplikasikan, tidak harus terpaku pada saran di artikel ini. Jika ada pihak lain yang memberikan saran, jangan merasa segan untuk menerima jika dirasa cocok dengan tujuan cara membuat laporan magang yang kamu buat.

Rekomendasi Dari Oh Project – Pedoman Laporan Magang

TIPS TERKAIT

Tips Mengembangkan Minat Anak dan Bakatnya

Angga

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu Dan Menyesal Di kemudian Hari

Angga

Tips sebelum Memberikan Les Tambahan untuk Anak

Angga