Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi

Cara Membuat Kliping yang Bagus untuk Semua Mata Pelajaran

Cara Membuat Kliping Yang Bagus Untuk Semua Mata Pelajaran

Tugas sekolah tidak jauh-jauh dari yang namanya membuat kliping, untuk semua mata pelajaran dan pasti banyak yang ingin mengetahui cara membuat kliping yang bagus. Namun membuat kliping yang bagus mungkin tidak dihiraukan kebanyakan siswa. Mungkin kamu salah satunya yang merasa bingung bagaimana cara membuat tugas ini agar terlihat bagus. Informasi dan poin yang ingin disampaikan juga seharusnya tersampaikan.

Pengertian Tentang Kliping

Sebelum membahas bagaimana cara membuat kliping yang bagus dan memang sesuai, ada baiknya kita bahasa apa itu kliping? Kliping merupakan sebuah kegiatan memotong atau menggunting bagian tertentu dari media cetak. Namun, bagian tertentu yang kamu potong itu bukanlah dari buku, koran, karton, dan dokumen sejenisnya. Kliping menjadi sumber informasi yang tersampaikan dan dibuat menjadi kumpulan hasil guntingan dari sumber lain tersebut.

Bisa disimpulkan bahwa kliping ini merupakan suatu dokumen yang berisi informasi dari sumber lain yang digunting. Tidak hanya sekedar gunting dan tempel, kliping seharusnya dapat dibuat dan disusun dengan cara yang kreatif. Semakin bagus kamu mampu membuat kliping tersebut pasti lebih bagus daripada yang hanya menggunting dan mengerjakan dengan asal-asal. Kliping juga dapat menjadi salah satu media pengembangan ilmu pengetahuan yang lebih luas dibanding buku yang ada.

Unsur-unsur yang Terdapat pada Kliping

Tidak hanya bahasan mengenai cara membuat kliping yang bagus, ternyata kamu juga perlu tau apa saja unsur yang terdapat dalam kliping. Kliping pada umumnya memang dibuat berdasarkan satu tema tertentu agar penyajiannya tidak terlalu banyak. Tema yang sudah dikumpulkan tadi disajikan secara lebih spesifik hingga informasi yang dikumpulkan dari berbagai media tadi saling berhubungan dan terkait.

Bisa disimpulkan bahwa sebuah kliping itu biasanya akan mewakili suatu tema untuk proses menyampaikan informasi. Namun, ada pernyataan yang diungkapkan mengenai kliping bahwa meskipun bisa dijadikan sumber ilmu pengetahuan, namun kliping beda dengan buku.

Artinya, karena siapa saja bisa membuat kliping maka bisa saja informasinya itu tidak maksimal. Maka, untuk referensi ilmu pengetahuan ilmiah yang lebih mendalam kamu disarankan membaca buku. Kliping bisa dijadikan sebagai ilmu tambahan untuk menambah informasi baru yang mungkin belum kamu ketahui.

Langkah Membuat Kliping yang Baik dan Benar

Untuk cara membuat kliping dengan hasil yang bagus dan cara yang benar memang masih menjadi PR untuk kita. Namun, pada artikel ini akan coba dipaparkan bagaimana teknik membuat kliping yang bagus hingga mendapat nilai yang bagus dari guru.

  1. Tentukan tema. Untuk persoalan ini rasanya tidak terlalu sulit, karena pasti akan diberikan oleh pihak guru atau sekolah. Jika kamu disuruh untuk pilih sub tema yang lebih spesifik, kamu bisa sesuaikan saja dengan keinginan.
  2. Mulai dari informasi. Sekarang hanya dengan ketik kata kunci di Google, kamu bisa dengan mudah menemukan informasi yang terkait.
  3. Pilih beberapa informasi yang menurut kamu sesuai, lalu kumpulkan dengan cara di print out.
  4. Potong bahan yang sudah dikumpulkan untuk kemudian dipotong. Pastikan jangan informasi yang sudah terlalu lama, maksimal 1 tahun yang lalu.
  5. Cara membuat kliping selanjutnya menempelkan potongan informasi tersebut pada kertas HVS, jangan menggunakan terlalu banyak lem karena hasilnya bisa jelek.
  6. Pada tempelan yang sudah ditempelkan pada kertas tadi, coba untuk berikan hiasan seperti warna yang glitter. Dengan adanya hiasan lain sesuai kreatif kamu pastinya hasil dari kliping akan lebih menarik dan bagus.
  7. Tambahkan komentas kepada kliping seperti rangkuman dari gambar yang kamu tempelkan untuk menjadi informasi.
  8. Terakhir, langkah membuat kliping yang bagus jangan lupa untuk memberikan informasi mengenai identitas kamu dan teman-teman.

Dari beberapa cara yang bisa kamu aplikasi di atas, bisa saja ada tambahan lain yang tidak dijelaskan di artikel ini. Yang pasti, usaha yang bagus dan maksimal akan terlihat pada hasil dari kliping hasil karya kamu nantinya. Tidak harus ikut alur uraian di atas, bisa juga dikreasikan sebisa mungkin. Poin gambar, informasi, tulisan, rangkuman, dan hiasa itulah yang menjadi nilai plus pada kliping kamu nanti. Maksimal dalam berkreativitas ya, semangat untuk cara membuat kliping yang bagus!

Rekomendasi dari TOKUFACTS INDONESIA CHANNEL – MEMBUAT KLIPING SIMPLE DAN KREATIF

TIPS TERKAIT

Tips Belajar Bahasa Jepang Dengan Cepat

Angga

10 Tips Menghadapi Ujian Nasional Yang Ampuh

Angga

Cara Membuat Laporan Magang yang Benar dan Lengkap

Angga