Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Komputer Software Teknologi

Cara Membuat Daftar Pustaka yang Benar Untuk Penulisan Ilmiah

Cara Membuat Daftar Pustaka Yang Benar Untuk Penulisan Ilmiah

Memahami cara membuat daftar pustaka yang benar memang seringkali menjadi kendala para mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Karena, setiap sumber yang berbeda pastinya akan berpengaruh pada perbedaan cara penulisannya. Oleh karena itu, daripada nantinya kamu harus kerja dua kali, ada baiknya mencari tau cara penulisan yang benar dari sekarang. Ada banyak sekali sumber yang bisa kamu jadikan referensi terbaik untuk tata cara penulisan daftar pustaka.

Alasan Menulis Daftar Pustaka Sesuai Format Penulisan

Banyak mahasiswa menganggap remeh tata cara penulisan daftar pustaka pada penelitian yang mereka lakukan. Karena letaknya di belakang tulisan ilmiah, maka akan mengira tidak ada yang mengkoreksi jika ada kesalahan format. Padahal, hampir kebanyakan peneliti di luar sana sangat memperhatikan daftar pustaka, karena saat ada orang yang membaca penelitian kamu daftar pustaka terlebih dahulu yang akan dilihat. Selain itu, penulisan daftar pustaka yang tepat pastinya akan membuktikan keseriusan kamu dalam memilih referensi untuk penelitian yang dilakukan.

Tujuan Penulisan Daftar Pustaka

Tujuan utama dari adanya cara membuat daftar pustaka ialah demi membantu para pembaca dalam mencari detail topik yang berkaitan dengan penelitian mereka. Selain itu, demi menambah informasi pembaca juga biasanya tidak segan melihat penelitian lain yang kamu cantumkan pada daftar pustaka. Menurut beberapa sumber, tujuan lainnya sebagai bentuk apresiasi dari penulis terhadap karya orang lain yang sudah membantu penelitiannya. Perlu diingat bahwa penulisan karya ilmiah tidak sama dengan makalah, oleh karena itu tidak asal-asalan dalam menulis dan juga merujuk.

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka yang Harus Diketahui

Dalam menulis dan melakukan sesuatu, jangan terburu-buru dan selalu pastikan kamu merujuk terhadap suatu hal. Seperti misalnya memahami cara membuat daftar pustaka agar sesuai dengan formatnya. Beberapa poin yang perlu kamu perhatikan seperti:

  1. Nama penulis, harus ketahui nama lengkap beserta gelar
  2. Tahun terbit tulisan yang kamu jadikan rujukan
  3. Judul buku atau penelitian
  4. Tempat terbit
  5. Nama penerbit atau lembaga penerbit

Setelah memperhatikan beberapa poin yang sudah disebutkan, baru kemudian fokus pada bagaimana proses menulisnya. Aturan lain seperti jika satu orang penulis untuk jurnal dan buku bagaimana format penulisannya. Pada pembahasan cara membuat daftar pustaka di bawah ini akan dijelaskan secara rinci.

Caranya Membuat Daftar Pustaka yang Benar Untuk Penulisan Ilmiah

Berikut ini beberapa aturan dan contoh untuk cara membuat daftar pustaka yang pastinya akan sangat membantu.
  1. Untuk penulis yang namanya dua kata atau lebih, tulis namanya dengan cara dibalik dengan menambahkan koma. Misalnya, namanya Fitri Adha Afya maka buat di daftar pustaka Afya, Fitri Adha.
  2. Jika bersumber pada penelitian yang ditulis dua orang, maka nama yang dibalik hanya untuk pengarang pertama saja. Misalnya, Prabowo Sandi dan Jokowi Ma’ruf maka format daftar pustakanya ialah Sandi, Prabowo dan Jokowi Ma’ruf.
  3. Untuk penulis tiga orang atau lebih, nama pengarang yang dicantumkan hanya yang pertama saja dan lainnya hanya ditambahkan dkk. Contoh penelitian yang dilakukan oleh Muhammad Fahri, maka penulisan daftar pustakanya ialah Fahri, Muhammad dkk.
  4. Sebagai catatan, pada cara membuat daftar pusaka yang benar kamu tidak dibenarkan untuk menulis gelar atas nama si peneliti. Cukup nama aslinya saja yang ditulis dengan cara dibalik yang berupa nama belakangnya terlebih dahulu.
  5. Untuk contoh daftar pustaka sumber buku, berikut ini akan dituliskan secara jelas pastikan kamu ikut format yang tepat. Sabri, Muhammad. 2020. Matematika Ekonomi. Jakarta: Gramedia. Jangan lupa bahwa judul buku harus ditulis dalam format Italic.
  6. Sumber makalah, koran, dan majalah akan beda lagi format penulisannya. Sebagai berikut: Nama pengarang. Tahun. Judul Tulisan. Volume: halaman. Contoh yang lebih jelas: Bumi, Sekala. 2019. The Best Method to Understanding English: based on Indonesian Students. 29(2): 165-168. Untuk sumber yang ditulis oleh penulis lebih dari dua, langsung ikuti format yang sudah dijelaskan di atas saja.
  7. Penulisan daftar pustaka yang sumbernya diambil di internet sebagai berikut. Rosma, Iriana. 2019. Cara Menulis Artikel Opini Dengan Teknik Yang T DomaiNesia (Internet). Diunduh 2018 Desember 5. atau bisa langsung memasukkan alamat websitenya.
  8. Penulisan daftar pustaka sumber dari skripsi, contohnya: Afya, Fitri Adha. 2018. Pengaruh CAR, BOPO, dan FDR Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi Darussalam: Universitas Syiah Kuala.

Beberapa penulisan daftar pustaka yang sudah dijelaskan di atas merupakan yang sering dan umum digunakan. Jika ada beberapa sumber yang nantinya membuat kamu bingung, tidak masalah coba buat berdasarkan pemahaman kamu atas beberapa poin yang sudah dijelaskan di atas. Untuk koreksi yang benar atas cara membuat daftar pustaka bisa tanyakan kepada pembimbing kamu.

Rekomendasi dari Delsika Pramata Sari – Delsika: #1 Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka di Ms Word secara Otomatis

TIPS TERKAIT

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Gadget Panas

Angga

Cara Membuat Website Gratis Dengan Mudah

Angga

Ini Dia Cara Canggih untuk Menjumlahkan Excel

Angga