Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Komputer Software Teknologi

Cara Membuat Animasi Bergerak Power Point untuk Menarik Audiens

Cara Membuat Animasi Bergerak Power Point untuk Menarik Audiens

Banyak orang yang telah melihat fitur animation atau animasi pada Power Point, namun pada kenyataanya masih banyak pengguna Power Point yang masih belum mengerti cara membuat animasi bergerak power point. Kamu pasti sering menemui penggunaan animasi yang kurang tepat dalam sebuah presentasi, sehingga presentasi tersebut menjadi terlihat kurang profesional dan tidak menarik.

Animasi yang digunakan secara tepat dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijabarkan mengenai cara membuat animasi pada Power Point serta tips menggunakan animasi pada Power Point sehingga presentasi kamu menarik perhatian audiens.

Jenis Animasi Pada Power Point

Pada cara membuat animasi bergerak power point terdapat 4 jenis animasi yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yang pertama adalah Entrance Effect. Entrance effect berfungsi untuk memunculkan objek yang pada awalnya tidak ada menjadi ada. Sebagai contoh adalah jenis Fade. Kedua, Emphasis Effect yang berguna untuk menekankan suatu objek sehingga lebih menonjol dari yang lainnya. Misalnya jenis Fill Color (mengubah warna shape).

Ketiga adalah Exit Effect yang berguna untuk menghilangkan suatu objek yang ada pada slide presentasi. Sebagai contoh adalah jenis Fade. Yang terakhir adalah Motion Path yang berguna untuk memindahkan objek dari suatu titik ke titik yang lain. Sebagai contoh adalah jenis Lines. Selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah sebelum menambahkan animasi pada slide, pastikan slide yang kamu buat sudah mengikuti kaidah slide yang baik dan menarik.

Langkah-langkah Membuat Animasi pada Power Point

Cara membuat animasi bergerak power point yang pertama adalah memilih objek yang ingin diberi animasi. Objek tersebut dapat berupa teks, gambar ataupun shape yang kamu buat. Kamu dapat memilih satu per satu gambar tersebut atau dapat memilih secara sekaligus dengan cara menekan tombol Ctrl lalu klik gambar lainnya.

Kemudian, pilih animasi yang tepat. Tentukan animasi yang kamu inginkan. Kamu dapat memilih satu atau lebih dari keempat jenis animasi pada Power Point. Sebagai contoh, kamu memilih Entrance Effect jenis Fade sehingga gambar akan muncul perlahan-lahan dari tidak ada menjadi ada.

Untuk membuat animasi tersebut pertama-tama klik tab Animations lalu klik tanda panah kebawah. Lalu, pilih More Entrance Effects lalu pilih Fade dan OK. Animasi Entrance Effect jenis Fade pun berhasil kamu tambahkan. Untuk cara membuat animasi dengan jenis animasi lainnya kurang lebih memiliki cara yang sama. Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan objek yang berbeda dan animasi yang berbeda.

Sementara itu, cara membuat animasi bergerak power point dengan Motion Path ada sedikit hal yang berbeda. Cara menambahkan animasi Motion Paths, pertama-tama adalah pilh objek yang ingin diberi animasi. Selanjutnya, klik tab animations dan klik panah kebawah. Lalu, scroll sedikit kebawah dan pilih Lines.

Sebagai keterangan, titik hijau adalah titik awal objek dan titik merah adalah titik akhir objek. Berikutnya, kamu perlu lakukan drag pada titik merah ke tempat yang kamu inginkan. Kamu pun sudah berhasil ditambahkan animasi Motion Paths.

Tips Menggunakan Animasi pada Power Point

Dalam menggunakan fitur animasi pada Power Point, pastikan kamu menggunakan animasi yang sederhana. Hindari menggunakan animasi yang berlebihan. Animasi yang sederhana contohnya adalah Entrance Effect : Fade, Appear, wipe, peek in; Emphasis Effect : Pulse, fill color; dan Exit Effect : Fade, dissapear, wipe, peek out. Hindari menggunakan animasi bila tidak diperlukan karena akan mengakibatkan presentasi terlihat kurang serius.

Selanjutnya pastikan durasi animasi yang kamu gunakan tidak terlalu lama atau terlalu cepat karena dapat mengganggu perhatian audiens maka gunakan durasi yang tepat. Selain itu, gunakan urutan yang tepat. Hal ini dikarenakan jika urutan animasi tidak tepat dapat membingungkan audiens ketika melihat presentasi. Sebelum presentasi yang diberi animasi ditampilkan di depan audiens, lakukan uji coba sehingga dapat diketahui kekurangan dari slide yang dibuat.

Demikian artikel mengenai cara menambahkan animasi pada Power Point beserta tips-tips penggunaan animasi pada Power Point. Agar kamu dapat terampil dalam memberikan animasi Power Point tentu saja diperlukan latihan dan uji coba. Selamat berlatih dan mencoba. Semoga cara membuat animasi bergerak power point yang telah disampaikan diatas bisa bermanfaat.

Rekomendasi alfiriani wulandari – Tutorial Cara Membuat Animasi Gambar Bergerak (Animation Pane) Power Point By Alfiriani Wulandari

TIPS TERKAIT

Inilah Cara Membuat Chart di Excel yang Harus Kamu Ketahui

Angga

Tak Perlu Beli Follower, Inilah Rahasia Jadi Selebgram Sukses!

Angga

Beginilah Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Anda

Angga