Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Gadget Teknologi

7 Cara Foto Bokeh Dengan HP Yang Perlu Dicoba

7 Cara Foto Bokeh Dengan HP Yang Perlu Dicoba

Tahukah Anda apa itu foto bokeh atau pernahkah mencoba foto bokeh? Jadi foto bokeh ini merupakan suatu foto di mana pada bagian background-nya terlihat blur. Sekarang ini banyak yang menyukai foto bokeh. Oleh karena itu jangan heran jika Anda akan menemukan banyak foto bokeh yang bertebaran di media sosial Anda. Jika dulu hanya bisa dibuat menggunakan kamera profesional, sekarang ini Anda bisa tahu cara foto bokeh dengan HP.
Banyaknya smartphone yang menawarkan teknologi dual camera membuat foto bokeh mudah untuk dibuat sekarang ini. Akan tetapi apabila smartphone yang Anda miliki hanya memiliki sebuah kamera, simaklah cara foto bokeh dengan HP berikut ini :

1. Foto Objek Dari Jarak Yang Dekat

Suatu foto bokeh umumnya memiliki fokus pada satu objek yang memenuhi frame. Oleh karena itu jika Anda ingin membuatnya, mendekatlah pada objek foto yang akan dipotret. Perlu diingat bahwa yang diatur adalah jarak kamera dan bukan zoom. Setidaknya jarak kamera dan objek foto adalah kurang lebih 1,5 sampai dengan 2,5 meter. Setelah jaraknya cukup dekat, pastikan kembali apakah objek utama foto sudah berada di bagian paling depan frame atau pada posisi foreground.

2. Mengatur Jarak Objek Foto Dengan Background

Cara foto bokeh dengan HP yang selanjutnya adalah dengan mengatur jarak objek yang akan dipotret dengan background. Pastikan untuk menghindari background yang terlalu dekat. Misalnya saja tembok, dan lain sebagainya. Dengan jarak background yang semakin jauh, maka foto bokeh yang bisa Anda hasilkan akan semakin blur.

3. Menghindari Banyak Objek Foto Dan Background Yang Ramai

Agar foto yang dihasilkan bisa maksimal, cara foto bokeh dengan HP yang selanjutnya adalah Anda perlu menghindari objek yang terlalu banyak dalam satu frame foto. Apabila akan foto bersama dengan teman-teman, lakukanlah foto dengan grup yang berjumlah kecil saja. Disarankan untuk mengambil foto tersebut bersama dengan 2 sampai dengan 3 orang saja untuk mendapatkan hasil foto bokeh yang terbaik.

4. Lakukan Tap Pada Objek Dan Gunakan Fokus Manual

Cara foto bokeh dengan HP berikutnya yaitu Anda perlu melakukan tap pada objek dan juga gunakanlah fokus manual. Untuk menghasilkan foto bokeh terbaik, aturlah fokus terhadap objek foto sebelum mulai melakukan pemotretan. Caranya yaitu dengan tap pada objek yang berada di foreground ataupun pada wajah yang henda difoto. Apabila hendak memfoto di tempat yang cukup terang, pastikan untuk mengatur terlebih dahulu jumlah exposure. Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur fokus manual yang ada di beberapa kamera. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk bisa mengatur tingkat blur serta jarak fokus kamera pada objek.

5. Memperhatikan Komposisi Rule of Third

Cara foto bokeh dengan HP berikutnya ini merupakan satu unsur yang penting untuk mendapatkan foto bokeh terbaik yaitu mengatur komposisi. Letakkanlah objek foto pada posisi yang tepat, sehingga hasil foto yang Anda hasilkan bisa semakin dramatis dengan latar belakang blur.

Anda bisa mengikuti para fotografer yang menggunakan komposisi rule of third. Caranya bisa Anda lakukan dengan mengaktifkan grid pada layar yang digunakan sebagai acuan. Letakkanlah objek foto di garis vertikal, baik sebelah kanan ataupun kiri. Kemudian sisakanlah background di sisi sebaliknya.

6. Dengan Menggunakan Aplikasi Foto Bokeh

Dengan semakin majunya teknologi pada smartphone, sekarang ini bahkan Anda bisa mendapatkan foto bokeh dengan cara yang mudah. Untuk menghasilkan foto bokeh ini, Anda bisa juga menggunakan beberapa aplikasi khusus yang telah tersedia. Anda bisa coba untuk mendownload aplikasi tersebut di mana sudah ada di Google Play Store. Aplikasi yang bisa Anda gunakan antara lain ada PicsArt, AfterFocus atau Lens Blur.

7. Manfaatkan Fitur Lens Blur Pada Google Camera

Selain itu, bisa juga Anda manfaatkan fitur Lens Blur yang terdapat di aplikasi Google Camera. Mode ini bisa Anda gunakan dengan syarat jarak Anda dan objek adalah 1,5 meter. Kemudian ambillah foto dengan cara menggerakkan smartphone Anda ke arah atas dengan perlahan. Fitur ini bisa Anda manfaatkan meskipun smartphone Anda tidak dual kamera.

TIPS TERKAIT

Beginilah Cara Registrasi Ulang Kartu Telkomsel Anda

Admin

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu Dan Menyesal Di kemudian Hari

Admin

Langkah-Langkah yang Harus Dilakukan untuk Mengatasi Gadget Panas

Admin