Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Bisnis Properti

7 Cara Bisnis Properti Kecil-Kecilan Untuk Pemula

7 Cara Bisnis Properti Kecil-Kecilan Untuk Pemula

Bisnis properti disebut-sebut sebagai bisnis yang paling menguntungkan dibandingkan bisnis yang lain. Hal itu disebabkan karena nilai properti selalu mengalami kenaikan di setiap waktunya. Tak heran  antusias masyarakat terhadap bidang properti pun semakin tinggi. Semakin berkembangnya bisnis properti menjadikan bisnis properti bukan lagi sesuatu yang rumit untuk dilakukan. Bisnis properti tidak selalu diawali dengan modal yang besar. Bahkan anda bisa memulai nya dengan modal yang kecil atau tanpa modal sama sekali. Khususnya buat anda yang baru mau memulai terjun ke bisnis menjanjikan profitable yang satu ini. Nah, berikut ini adalah 5 cara bisnis properti kecil-kecilan untuk pemula yang bisa anda jadikan referensi untuk memulai bisnis anda.

1. Menjadi Makelar

Salah satu cara bisnis properti kecil-kecilan untuk pemula yang tidak membutuhkan modal besar  adalah dengan menjadi seorang makelar.  Setiap hari banyak orang yang ingin menjual propertinya baik itu rumah, tanah, apartemen maupun kos-kosan. Penjual biasanya mempromosikan properti yang ingin dijual dengan beriklan lewat koran, marketplace online, atau memasang plang. Jadi misalnya anda melihat ada rumah, tanah, atau kos yang punya plang ‘dijual’, maka anda harus segera menghubungi kontak pemiliknya. Jika klien anda tertarik untuk membeli properti tersebut maka anda bisa kecipratan komisi.  Rata-rata komisi yang diberikan biasanya sebesar 2,5%. Bahkan bisa naik hingga 5% tergantung nilai properti yang berhasil anda jual.

2. Menjalin Kerjasama Dengan Pemilik Tanah

Selain menjadi makelar anda juga bisa mengajak kerjasama pemilik tanah yang ingin meningkatkan nilai jual propertinya. Anda bisa bekerjasama dengan pemilik tanah dan berunding untuk membangun usaha baik itu kontrakan, kos-kosan maupun ruko. Ini adalah salah satu cara bisnis properti kecil-kecilan yang menguntungkan. Terlebih jika anda memiliki keahlian di bidang konstruksi maupun desain arsitektur. Anda bisa membuat desain maupun konsep yang tepat untuk pengembangan properti tersebut misalnya untuk tempat bisnis atau hiburan. Saat sudah dibangun, anda tinggal mencari investor yang mau menginvestasikan uangnya untuk pembangunan tersebut.

3. Menjadi Agen Properti

Menjadi agen properti bisa dikatakan sebagai cara bisnis properti kecil-kecilan yang sudah banyak dilakukan oleh para pemula. Dengan menjadi agen selain mendapatkan penghasilan anda juga bisa sekalian belajar berbisnis properti dari pebisnis yang sudah sukses. Anda harus mengumpulkan data sebanyak-banyaknya tentang berbagai jenis properti yang  paling banyak diminati masyarakat. Untuk cara yang satu ini, pengetahuan tentang keadaan yang sebenarnya dari properti itu harus benar-benar anda kuasai. Memberikan keterangan yang berlebihan dan dibuat-buat akan merugikan anda kelak.

4. Membuka Bisnis Homestay Atau Kos-Kosan

Bisnis homestay atau kos-kosan adalah salah satu cara bisnis properti kecil-kecilan yang paling populer. Khususnya jika anda memiliki rumah yang luas dengan jumlah kamar yang cukup banyak. Banyak orang diluar sana yang membutuhkan kos-kosan khususnya mahasiswa dan karyawan. Bisnis kos-kosan merupakan bisnis yang cukup menggiurkan karena modal yang dikeluarkan relatif sedikit. Apalagi jika rumah anda dekat dengan kampus atau sentra industri dan pabrik. Tentunya ini bisa menjadi bisnis yang prospeknya cerah di masa depan. Anda akan mendapatkan penghasilan rutin tiap bulan dari uang sewa yang dibayarkan.

5. Bisnis Penyewaan Apartemen

Kebutuhan akan tempat tinggal akan terus meningkat terutama di kota-kota besar. Banyak sekali pendatang yang membutuhkan tempat tinggal. Masyarakat kelas atas atau artis ibu kota cenderung akan memilih untuk tinggal di apartemen dibandingkan kos-kosan. Jika anda tinggal di ibu kota tentunya  ini bisa menjadi peluang yang bagus. Bisnis penyewaan apartemen bisa menjadi salah satu cara bisnis properti kecil-kecilan yang tepat untuk anda. Sebagai awalan, anda bisa membeli sebuah apartemen. Kemudian anda bisa menyewakannya atau merenovasinya untuk kemudian dijual kembali. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah anda bisa membeli apartemen secara presale. Pastikan anda membeli apartemen di lingkungan yang strategis agar mudah di jangkau.

6. Menjadi Investor Properti

Jika uang anda tidak cukup untuk membeli atau membangun bangunan anda bisa memulai bisnis properti dengan menjadi penanam modal.  Saat anda sudah mendapatkan keuntungan dari modal investasi anda bisa membuat bisnis properti sendiri. Tentunya anda harus selektif dan hati-hati dalam memilih usaha properti tempat anda berinvestasi agar tidak menyesal di kemudian hari.

7. Bisnis Tanah Proyek Pemerintah

Ini adalah cara bisnis properti kecil-kecilan yang membutuhkan keterampilan tinggi. Caranya adalah anda harus update informasi terkait proyek pemerintahan.  Kemudian anda membeli tanah di lokasi yang kira-kira termasuk lahan proyek tersebut. Harga tanah di dekat proyek itu dapat dipastikan akan melonjak tinggi sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Rekomendasi dari SuccessBefore30 – Dari Mana Bisnis Besar Itu Di Mulai

TIPS TERKAIT

Simaklah, Tips Investasi Properti untuk Generasi Milenial

Angga

Ingin Berinvestasi Properti? Ini Dia 7 Cara Menghitung Nilai Properti

Angga

Bagaimanakah Tips Mengelola Gaji Bagi Karyawan Dengan Cermat?

Angga