Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Edukasi Health Lifestyle Olah Raga

Bumil Mager? Inilah Tips Gerakan Senam Ringan Cocok untuk Bumil

Bumil Mager Inilah Tips Gerakan Senam Ringan Cocok untuk Bumil

Ketika menjalani masa kehamilan, bumil harus melakukan gerakan senam ringan agar tubuhnya semakin sehat. Meskipun sayangnya beberapa di antaranya sering merasa takut untuk berolahraga. Karena mereka takut bila bayi yang dikandungnya bisa terluka karena olahraga. Padahal, justru bila dilakukan dengan baik dan benar, olahraga disaat hamil ini akan membuat kesehatan sang ibu dan calon buah hati bisa menjadi lebih sehat.

Tips Memilih Gerakan Senam Ringan Aman untuk Bumil

Supaya kalian bisa lebih percaya diri untuk berolahraga ketika masa kehamilan, sebaiknya konsultasikan hal ini kepada dokter kandungan kalian. Jika dokter kalian memberikan izin untuk melakukannya, karena kesehatan kalian cukup kuat, maka cobalah untuk melakukan gerakan senam ringan. Sehingga, kalian bisa melakukannya dimana saja. Baik itu di rumah ataupun ketika sedang di kantor. Di bawah ini adalah contoh olahraga ringan yang baik untuk bumil:

Olahraga Langkah di Tempat

Untuk melakukan olahraga ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Karena kalian bisa melakukannya selama 15 menit hingga 20 menit. Gerakan ini baik sekali untuk membuat bahu belakang dan bagian punggung tengah bumil agar menjadi lebih kuat. Cara melakukannya juga sangat mudah! kalian bisa melakukannya dengan cara menggunakan dumbel yang beratnya sekitar 1 kg sampai dengan 1,5 kg.

Selanjutnya, hadapkan telapak tangan kalian ke dalam. Setelah itu, kontraksikan antara otot perut, kemudian dada yang terangkat, dan juga bahu yang relaks. Bila sudah, lanjutkan gerakan senam ringan ini dengan melangkahkan kaki dan juga tumit kaki belakang kalian. Setelah itu, seimbangkan tubuh kalian, dan tekuklah kedua lutut kalian hingga lutut kaki depan memiliki sudut 45 derajat. Namun, lutut kaki belakang jangan sampai menyentuh lantai.

Olahraga Membungkuk

Sama seperti melakukan olahraga melangkah di tempat. Karena, dengan melakukan gerakan senam ringan membungkuk ini akan membuat otot punggug tengah beserta bahu belakang kalian menjadi lebih kuat. Cara untuk melakukannya sangat mudah! Cukup duduk saja di pinggir kursi, dan tekut kedua lutut kalian sambil memegang dumber dengan santai. Kemudian, bungkukkan tubuh ke depan hingga dada mendekati lutut.

Namun sebelum itu, usahakan agar kepala dan juga leher kalian bisa segaris dengan bagian tulang punggung. Kemudian, angkatlah kedua lengan kalian ke atas hingga setinggi bahu. Bila sudah, turunkan kembali menjadi ke posisi awal dan terus ulangi lagi secukupnya. Gerakan senam ringan ini cukup membuat tubuh kalian menjadi lebih sehat sepanjang hari.

Olahraga Mengangkat Kepala

Ternyata, gerakan senam ini baik sekali untuk membuat otot perut semakin kuat. Kalian bisa melakukannya dengan cara tidur telentang. Setelah itu, tekuk saja kedua lutut kalian dan letakkan kedua tangan kalian tepat di belakang kepala. Bila sudah, maka gerakan senam ringan selanjutnya adalah dengan membuat otot perut menjadi kontraksi, sementara otot pantat relaks dan pinggang harus menempel di lantai.

Bila sudah, angkat bahu, kepala. Dan leher, dan putar bahu kanan menuju ke lutut kiri. Namun, biarkan pinggul tetap berada di lantai. Kalian bisa melakukannya lagi ke arah yang sebaliknya. Lakukan saja secukupnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Karena, beberapa ibu yang sedang hamil umumnya tidak melakukannya dengan benar, sehingga bisa berakibat fatal untuk kesehatannya sendiri.

Berolahraga Jalan Kaki

Olahraga ini adalah gerakan terbaik untuk ibu hamil. Selain mudah, jalan kaki adalah olahraga yang paling praktis untuk dilakukan. Kalian bisa membuat aliran darah kalian menjadi lebih lancar berkat olahraga jalan kaki ini. Selain itu, suplai oksigen menuju ke janin juga bisa lebih lancar berkat olahraga jalan kaki ini. Dengan begitu, nyeri di punggung dan kaki bengkak karena kehamilan juga bisa lebih diminimalisir.

Rekomendasi dari detikcom – Yoga Lembut yang Sangat Cocok untuk Ibu Hamil


Begitu juga dengan masalah stres dan resiko diabetes juga bisa lebih diminimalisir berkat olahraga jalan kaki ini. Namun sebelum itu, sebaiknya kalian harus melakukan tekniknya dengan benar. Setidaknya, lakukan olahraga ini dengan cara perlahan selama 5 menit dulu. Sehingga, otot kalian menjadi tidak cedera. Otomatis dengan begitu, tubuh bisa menjadi lebih hangat sebelum melakukan peregangan gerakan senam ringan ini.

TIPS TERKAIT

Segera Move On Dengan Tips Melupakan Mantan Ini

Admin

Tips Menjaga Pola Hidup Sehat Mulai Dari Usia Muda

Admin

Ingin Punya Anak Perempuan? Inilah Tips Mendapatkan Anak Perempuan

Admin