Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips Buatmu
Hardware Teknologi

Beginilah Cara Memasang CCTV Sendiri Di Rumah Degan Mudah

Memasang CCTV Sendiri Di Rumah

Memasang CCTV sendiri di rumah tanpa bantuan teknisi sebenarnya dapat dilakukan. Memasang kamera CCTV sesungguhnya tidak memerlukan keahlian khusus. Cara memasang CCTV sendiri di rumah dapat dengan mudah anda pelajari. Anda hanya perlu satu kunci utama yaitu budayakan untuk membaca. Cara paling mudah adalah membaca panduan manual kemasan DVR CCTV pada perangkat yang anda beli.

Cara lain apabila anda masih kebingungan adalah dengan searching di internet atau istilah bekennya adalah googling. Di internet sudah tersedia banyak informasi yang dapat anda temukan. Asalkan anda harus pintar-pintar memilih bahan panduan yang anda baca, agar tidak menyesatkan anda dalam memasang CCTV. Dengan memasang CCTV sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya yang anda keluarkan.

Perlengkapan Memasang Kamera CCTV

Sebelum memasang CCTV sendiri di rumah, tentunya sebagai langkah awal anda harus menyiapkan perlengkapan yang anda butuhkan. Anda harus menyiapkan DVR, kamera CCTV, kabel, bor, palu, tang potong dan jepit, solasi hitam, obeng, tali tis, dan kabel rol. Panjang kabel harus diukur sesuai dengan letak kamera dengan DVR. Sebelum membeli kabel lebih baik anda mengitung jarak titik kamera dengan titik penempatan DVR.

Anda juga perlu menyiapkan perlengkapan tambahan untuk memasang CCTV. perlengkapan tambahan ini diperlukan untuk merapikan kabel-kabel atau menyambung kabel apabila dibutuhkan, bergantung pada kondisi rumah anda. Perlengkapan tambahan yang perlu disiapkan seperti terminal kuning 4 lubang sejumlah 1 pcs, kabel eterna (panjangnya sesuai kebutuhan), klem kabel ukuran 12, steker , serta siku besi.

Proses Memasang Perangkat CCTV

Setelah perlengkapan yang dibutuhkan sudah lengkap, tiba saatnya untuk merangcang perangkat CCTV. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang harddisk pada perangkat DVR agar hasil rekaman dapat tersimpan di hardisk. Anda perlu meminta DVR anda disetting terlebih dahulu pada saat membelinya. Biasanya setiap toko akan memberikan jasa setting DVR secara gratis, sehingga anda hanya tinggal memasang harddisknya saja.

Anda harus memperhatikan penempatan DVR. DVR harus ditempatkan pada ruangan yang terdapat sirkulasi udaranya, jangan menempatkan DVR pada tempat yang tertutup seperti lemari atau laci. Tahap selanjutnya adalah menghubungkan kamera CCTV, dengan DVR, serta dengan monitor yang akan digunakan. Anda harus memastikan gambar dari kamera CCTV dapat ditampilkan di layar monitor sebelum instalasi kabel. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada kamera CCTV pada saat instalasi kabel.

Kamera, DVR, serta monitor sudah terpasang. Saatnya untuk mengatur instalasi kabel, agar kabel terlihat rapi. Anda dapat merapikan kabel yang menghubungkan antar perangkat dengan perlatan yang telah disedikan seperti solasi hitam, tali tis, ataupun siku besi. Rapikan kabel sebaik mungkin agar tidak mengganggu mobilitas di rumah anda. Jangan memotong kabel terlebih dahulu, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kabel sudah pas dengan kebutuhan.

Intalasi kabel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut. Lubangi tembok dengan menggunakan bor untuk tempat kawat feed kamera. Kawat kamera diatur melalui lubang dinding sampai dengan monitor dengan menggunakan klip dinding untuk merapikan kabel pada dinding dan lantai. Hubungkan kamera CCTV dengan sumber tegangan listrik DC (tegangan arus searah). Anda dapat menggunakan sakelar untuk perantara agar mudah untuk menyalakan dan mematikan.

Problem yang Ditemui saat pemasangan CCTV

Memasang CCTV sendiri di rumah memang tebilang mudah. Namun terkadang akan ditemui beberapa problem atau kendala saat pemasangannya. Hal yang sering dialami saat memasang kamera CCTV adalah gambar tidak dapat ditampilkan pada monitor/TV yang akan digunakan. Untuk menghindarinya, pastikan kabel yang digunakan dalam keadaan baik. Apabila ditemukan masalah seperti ini, mungkin saat pemasangan terdapat kabel yang putus ditengah-tengah. Anda harus jeli dan teliti memeriksa kabelnya.

Rekomendasi dari Ridwan Hanif Rahmadi – Pasang CCTV di Rumah

Cukup mudah untuk memasang CCTV sendiri di rumah bukan? Anda dapat melakukan pemasangan perangkat CCTV sendiri tanpa perlu memanggil teknisi. Itulah sedikit tips yang dapat dibagikan di artikel ini. Ikutilah dan praktekanlah langkah-langkah di atas yang telah dijelaskan. Semoga sedikit tips ini dapat bermanfaat bagi anda untuk dapat memasang CCTV sendiri di rumah.

TIPS TERKAIT

Tips Memilih Laptop bagi Para Gamers

Angga

Cara Mengatasi Hp Cepat Panas Pada Sistem Android Jaman Sekarang

Angga

Cara Mengubah PDF Ke Word Secara Offline

Angga